Beranda > Karier Sukses > 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30anwatermark

TUNAIKU.COM – Perkenalkan, namanya Nola Ocs, peraih gelar Sarjana Sejarah saat berusia 95 tahun dan gelar Master di usia 98 tahun.

 

Dari Nola, kamu bisa belajar bahwa pendidikan nggak mengenal usia. Berapapun usiamu, belajar nggak boleh berhenti. Saya pun jadi termotivasi membaca kisah-kisah mereka yang tetap termotivasi untuk kuliah lagi, meski sudah menginjak usia senja.

 

Karena sedikit termotivasi dan sedikit kepo, saya putuskan untuk menggali lebih dalam kenapa mereka bisa dan mampu kembali ke bangku kuliah sampai akhirnya meraih gelar. Dari kisah Nola, sebenarnya perjalanannya kembali ke bangku kuliah nggak mulus-mulus amat. Sebelumnya ia sempat ke bangku kuliah di umur 60 tahun, setelah suaminya wafat. Namun ternyata, perjalanan back to school-nya nggak mulus dan sempat on-off alias berhenti-berhenti. Barulah pada tahun 2007 ia kembali kuliah dan berhasil lulus di usia 95 tahun.

 

Untuk kembali ke bangku kuliah di usia yang sudah nggak lagi muda memang nggak sepenuhnya mudah. ada konsekuensi-konsekuensi yang harus kamu hadapi. Mulai dari waktu, generation gap, hingga biaya. Nah, agar perjalananmu kembali ke bangku kuliah aman, kamu perlu perencanaan yang matang. Bagaimana caranya? Intip tips-tips berikut ya.

 

Artikel terkait: Kembali kuliah saat usia nggak lagi muda

  1. Perhatikan 7 Pertimbangan ini Sebelum Lanjut Kuliah S2
  2. Bersiap untuk Kuliah Sambil Bekerja
  3. 5 Tips Sukses Kembali Kuliah Setelah Cuti Cukup Lama

 

1. Alasan kuat ingin meningkatkan kemampuan

Seorang perawat bernama Colleen Cunningham memutuskan untuk kembali kuliah saat ia menginjak usia 46 tahun, saat diwawancarai oleh BBC di usia 59 tahun, Colleen mengaku kalau sebelumnya ia sudah bekerja selama dua dekade bekerja dan memiliki reputasi bagus di bidang kesehatan. Alasannya kembali kuliah dilakukan demi memperluas ilmu dan kemampuan. Keputusannya saat itu ia akui membuatnya dirinya senang karena memang benar-benar bermanfaat.

 

Jadi, dari Colleen kita bisa belajar kalau motivasi bisa jadi motor penggerak terbesar. Ketahui alasanmu kembali kuliah, apakah karena promosi jabatan, kenaikan gaji, atau kepuasan pribadi? Sesuaikan tujuan tersebut dengan studi atau instansi pendidikan yang akan kamu ambil.

 

2. Menghitung dana dan mempersiapkannya

Memasuki usia 30 berarti kamu sudah harus bertanggung jawab pada diri sendiri, bahkan bisa jadi pada keluargamu kalau kamu sudah menikah. Jadi, biaya di sini harus kamu perhatikan betul-betul. Hitung dana yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian dan tagihan-tagihanmu, lalu siapkan pos terpisah untuk membiayai kuliahmu. Bila kamu hitung-hitung belum memungkinkan, ada baiknya kamu tunda lalu sisihkan penghasilanmu mulai sekarang sampai waktu yang kamu tentukan hingga bisa membiayai kuliah.

 

3. Manajemen waktu

Selain kuliah kamu mungkin juga berstatus sebagai pekerja. Dari sini kamu sudah dapat gambaran kalau kamu nggak hanya terikat pada satu kewajiban. Oleh sebab itu cobalah kamu bagi waktu antara pekerjaan dan semua aktivitas kuliah. Jangan sampai saling mengganggu satu sama lainnya. Saran saya sih, mungkin kuliah sore atau weekend bisa jadi solusi terbaik. Atau kuliah online sekalian.

 

4. Dalami informasi dan lakukan riset kecil

Dari apa yang saya dapati dari kisah Nola dkk, sebelum kembali ke kampus mereka selalu melakukan riset atas rencananya tersebut. Nah, kamu bisa terapkan juga langkah ini. lakukan riset sebelum memutuskan universitas mana dan jurusan apa yang kamu tuju. Sesuaikan dengan alasan dan rencana awalmu serta passion.

 

5. Buat perencanaan matang

Membuat perencanaan akan membantumu untuk tetap fokus. Selain itu, niscaya juga akan memberikan efisiensi dalam hal biaya. Mengingat kuliah dan pendidikan adalah investasi, jika kamu berhasil menjalani dan menyelesaikannya, sudah dapat dipastikan nilai jualmu akan lebih tinggi. Jadi perencanaan matang akan membantumu untuk mencapai target itu, dan menjagamu agar tidak keluar jalur dan justru membuatmu “kedodoran” untuk membiayai kuliah.

 

Artikel terkait : Pilihan kuliah bagi pekerja

  1. 7 Daftar Universitas Kelas Karyawan Terbaik di Kota Jakarta
  2. Lanjut Kuliah di Bandung, Ini Kelas Karyawan yang Jadi Pilihan
  3. Buat Nambah Ilmu, Kamu Bisa Ikutan Berbagai Kuliah Online Gratis Ini, Lho!

 

Nah, itulah lima tips dari saya buat kamu yang memikirkan untuk kembali kuliah saat usia sudah menginjak 30 tahun, alias nggak muda lagi. Selamat mencoba ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett