Beranda > Karier Sukses > Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an

Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30anwatermark

TUNAIKU.COM – Memasuki usia 20-an menandakan sebuah babak baru, di mana kamu nggak hanya bertanggung jawab dengan apa yang ada di depanmu, melainkan juga apa yang jauh ada di masa depan. Di fase ini, kamu sudah dihadapkan dengan tanggung jawab penguasaan beberapa keterampilan di luar hal-hal akademik. Mengapa? Di usia ini, kamu akan menjalani berbagai peralihan fase hidup yang berjalan dengan cepat.

 

Jika sekarang kamu berstatus “anak kuliahan”, empat tahun ke depan kamu berganti status menjadi “fresh grad”, nggak berhenti di situ, tanggung jawabmu juga akan bertambah seiring bergantinya tahun. Sebelum memasuki usia 30, fase hidup orang-orang dewasa muda berjalan begitu cepat, oleh karena itu agar kamu nggak keteteran dan di usia 30 nanti kamu sukses berada di “zona aman”, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terkait keterampilan-keterampilan yang wajib kamu kuasai. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

Artikel terkait: Sambut sukses usia 30

  1. 10 Cara Tambah Sukses Saat Memasuki Usia 30
  2. Di Usia 30, Apakah Kesuksesan dan Kemapanan Sudah Kamu Raih?
  3. 7 Sosok Sukses di Bawah 30 Tahun dengan Profil LinkedIn yang Paling Banyak Dilirik Orang

 

1. Kemampuan berkomunikasi

Maksudnya adalah, kemampuan untuk mengekspresikan dirimu. Keterampilan soft skill ini akan memudahkanmu untuk bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan dalam level mana saja. Misalnya, ketika harus berbicara dengan atasan, orang yang lebih senior, ada aturan tidak tertulis berkomunikasi yang baik. Berbeda saat menghadapi rekan kerja dan teman main.

 

Jika keahlian komunkasimu terasah dengan baik maka ini menjadi modal untuk membangun relasi.

2. Pandai menempatkan diri

Dalam dunia kerja berprestasi bukan lagi soal nilai akademik. Selain dituntut untuk bisa berkomunkasi dan berinteraksi dengan orang lain, kamu juga harus pandai membawa diri dengan baik. Merepresentasikan diri dan membuat orang lain mudah mengenalimu jadi nilai plus.

 

Keterampilan ini dapat memudahkanmu untuk berjumpa dengan berbagai karakter orang yang berbeda. Ada yang kaku, ramah, santai, cuek, dan masih banyak lainnya. Jika kamu bisa membawakan diri dengan baik dan menghadapi semua karakter tersebut, kamu akan dengan mudah diterima dimanapun lingkungan kerjamu berada.

 

3. Kemampuan berinteraksi sosial

“zoon politicon”, Manusia adalah mahluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri kata Aristoteles.

 

Nah, di awal usia 20-an mungkin kamu sedang berstatus “mahasiswa”. Di fase ini kamu bisa memanfaatkannya untuk melatih kemampuan bersosialisasimu. Sah-sah aja kalau kamu terlibat dengan berbagai kegiatan di luar kelas. Semakin banyak kamu berjumpa orang baru, semakin luas pula pergaulan dan relasimu, pun akan semakin mahir kamu berinteraksi dengan berbagai sifat orang. Begitu sudah masuk di dunia kerja maka kamu akan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan cepat berinteraksi.

 

4. Kemampuan berpikir secara kompleks

Problem solving” hanyalah sebagian dari potensi diri yang bisa kamu tingkatkan, sebagian lagi adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi.Kemampuan berpikir adaptif dan menghasilkan ide-ide inovatif untuk sebuah penyelesain masalah tanpa memengaruhi target-target hasil akhir yang diharapkan, merupakan sebuah nilai lebih di usia kerja mendatang.

 

5. Kompeten di berbagai lingkungan

Mungkin sekarang kamu berada dalam kultur yang sangat cair. Semua hal nampak menyenangkan dengan landasan “serius tapi santai”. Tapi ingat, di fase ini kamu dapat dengan cepat berganti status. Beberapa tahun mendatang kamu masuk pada dunia yang baru, yang diisi nggak hanya oleh orang-orang dari generasimu saja melainkan juga generasi sebelumnya.

 

Kemampuan untuk bisa beradaptasi dengan kultur baru, tetapi tetap kompeten pada kewajibanmu akan memudahkan kamu dalam menempatkan diri saat berinteraksi dengan forum sosial berbeda-beda.

 

6. Tech savvy

Mengerti teknologi, terbiasa dengan menginterpretasikan dan menghasilkan data secara digital wajib kamu kuasai. Mengingat saat ini kamu sedang ada dalam masa peralihan dari tren konvensional menjadi serba digital, bukan tidak mungkin di masa depan sudah tidak ada hal-hal yang tidak tersentuh teknologi.

 

7. Manajemen secara digital

Mampu mengelola sebuah tim kini nggak lagi harus yang berada di satu ruangan. Jika kamu perhatikan, sekarang sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tambahan tenaga secara lepas atau freelance, begitupun sebaliknya, banyak pekerja yang mulai tertarik dengan status pekerja lepas.

 

Kemampuan mengelola sebuah tim tidak secara on site wajib kamu kembangkan. Bisa saja di masa depan tren freelance akan lebih marak. Kamu harus bisa menjalin komunikasi tanpa bertatap muka secara langsung, dengan meminimalkan terjadinya miss-communication.

 

Artikel terkait: Serba-serbi sukses

  1. Animator Indonesia yang Sukses di Kancah Internasional
  2. Kebiasaan Orang Sukses, Tidak Perlu Menyesal Sudah Melakukan 10 Hal Ini
  3. 5 Tipe Orang yang Wajib Kamu Hindari karena Bisa Menjauhkanmu dari Sukses

 

Nah itulah 7 keterampilan yang wajib kamu kembangkan saat mulai menginjak usia 20-an, sehingga ketika menginjak usia 30 tahun maka kamu akan bisa sukses dan menaklukkan dunia kerja dimanapun kamu berada. Sukses dan berhasil,ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett