Beranda > Karier Sukses > Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!

Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!watermark

TUNAIKU.COM –  Salah satu hal yang saya rindukan saat kuliah adalah libur semesternya. Bagaimana nggak, setelah berkutat dengan tugas dan kuliah satu semester, saya bisa libur sampai dua bulan! Ditambah lagi, itu terjadi dua kali selama satu bulan. Wow!

 

Sayangnya, lamanya waktu libur ini kadang bikin mahasiswa jadi terlena. Nggak heran kalau banyak yang akhirnya pulang ke kampung halaman dan bermalas-malasan. Padahal, kita bisa memanfaatkan waktu libur dengan melakukan berbagai kegiatan produktif. Selain bisa meningkatkan kualitas diri, bisa menambah pengalaman dan isi kantong juga, lho.

 

Penasaran dengan kegiatan-kegiatan produktif yang bisa meningkatkan kualitas diri dan kantong? Yuk, lakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini!

 

Artikel Terkait: Kamu yang Punya Hobi Menulis Bisa Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah

  1. Ini Tips Sukses Penulis Indonesia yang Karyanya Dikenal Hingga ke Luar Negeri
  2. 7 Cara Jadi Travel Blogger Terkenal dan Menghasilkan
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

1. Magang di perusahaan

Libur kuliah bukan berarti libur juga memikirkan materi kuliah. Justru ini adalah waktu yang tepat untuk mempraktikkan ilmu selama ini. Cara yang tepat adalah dengan mengikuti program magang di perusahaan. Nah, program seperti ini bisa jadi pengisi CV untuk pengalaman kerjamu, lho. Kamu juga bisa menambah kenalan dan relasi. Tentu ini jadi poin plus saat kamu mencari pekerjaan nanti.

 

2. Traveling

Banyak mahasiswa yang traveling sepuasnya begitu libur semester tiba. Hal ini sah-sah saja kamu lakukan. Namun, kamu nggak perlu kok keluar uang banyak. Justru kamu bisa menambah pemasukan dari sini. Caranya adalah dengan mencari tiket promo, mengandalkan prinsip backpacker, lalu pulangnya pengalaman traveling tadi kamu jadikan tulisan.  

 

3. Belajar dan mulai membuat tulisan

Nggak semua orang bisa membuat tulisan yang enak dibaca. Padahal, buat mereka yang punya minat dan hobi menulis ini punya banyak kesempatan berkarir, entah itu sebagai pekerjaan tetap ataupun sampingan. Untuk itu, kamu perlu waktu dan kesempatan untuk mendalami ilmu kepenulisan. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan waktu selama liburan semester ini untuk belajar dan berlatih menulis.

 

4. Menulis novel

Buat yang punya hobi menulis dan kebetulan ada ide-ide kreatif, bisa dijadikan tulisan novel. Namun, untuk menulis novel tentu membutuhkan waktu yang lebih banyak daripada artikel. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan satu bulan atau dua bulan liburmu untuk menghasilkan setidaknya 1 novel.

 

5. Berkreasi DIY

Mungkin kamu memang nggak punya minat di bidang kepenulisan. Namun, mungkin minatmu ada pada tangan-tanganmu yang kreatif. Nah, kamu bisa membuat kreasi handmade atau yang saat ini lebih dikenal dengan DIY. Ada banyak kreasi yang bisa kamu hasilkan lalu pasarkan.

 

Artikel Terkait: Ide-ide DIY yang Bisa Kamu Coba

  1. 6 Ide Souvenir Pernikahan DIY yang Bisa Dimakan dan Unik
  2. 7 DIY Dekorasi Vintage untuk Pernikahan, Hemat dan Punya Sentuhan Personal
  3. DIY Kaos Polos Dengan Cara Sederhana Berikut Supaya Lebih Kekinian

 

6. Merintis usaha kecil-kecilan

Sebenarnya waktu libur semester adalah waktu yang tepat buatmu mulai merintis usaha. Nggak usah usaha yang besar, kamu bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan. Bisa jualan online, bikin les privat, jualan di pasar tiban, dan lain sebagainya.

 

7. Mengembangkan minat desain grafis

Apakah kamu kuliah di jurusan Desain Komunikasi dan Visual (DKV)? Jika ya, sangat rugi bila waktu libur semester nggak kamu gunakan untuk mempraktikkan ilmu. Inilah saatnya buatmu mulai membuat hasil karyamu sendiri. Kamu bisa tawarkan kepada teman yang punya usaha, relasi, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa gunakan untuk mengikuti kompetisi desain grafis. Untuk itu, rajin-rajinlah mencari informasi.

 

Itu dia kegiatan-kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selama libur semester. Kegiatan itulah yang bisa membuat kualitas dirimu meningkat, begitu juga isi dompet. Tentu kamu bsia memilih kegiatan sesuai yang menjadi minat bakatmu, ya. Semangat, semoga sukses!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett