Beranda > Karier Sukses > 7 Cara Jadi Travel Blogger Terkenal dan Menghasilkan

7 Cara Jadi Travel Blogger Terkenal dan Menghasilkan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Cara Jadi Travel Blogger Terkenal dan Menghasilkanwatermark

TUNAIKU.COM – Kalau ditanya pengalaman backpacker-an yang paling berkesan, sejauh ini pengalaman saya masih tertuju pada perjalanan di tahun 2017. Waktu itu saya backpacker ke negara tetangga, alias Malaysia dan Singapura.

Traveling di tahun 2017 itu jadi pengalaman pertama buat saya. Banyak sekali perbedaan dan tantangan bila dibandingkan dengan traveling di dalam negeri. Untuk itu saya perlu sharing pengalaman dari traveler lainnya. Di situlah saya blog walking dari travel blogger satu ke travel blogger lainnya.  

Dari sana saya menemukan tulisan dari salah satu teman saya bernama Haryadi Yansah atau lebih akrab dipanggil dengan Yayan. Tulisannya bisa dikunjungi di alamat omnduut.com.

Dulu pertama kali berkenalan dengannya karena suatu kompetisi di dunia tulis-menulis, karirnya di dunia blog belum se-oke sekarang. Eh tahu-tahu follower dan viewers-nya sudah banyak saja. Blognya pun sering jadi sumber acuan oleh traveler-traveler di luar sana.

Artikel terkait: Ngaku traveler? Baca ini!

  1. 4 Tipe Traveler Milenial, Kamu Termasuk yang Mana?
  2. 10 Traveler Indonesia yang Wajib Diikuti di Instagram
  3. 4 Kesalahan Solo Traveler Paling Umum dan Cara untuk Menghindarinya

 

Belum lama ini, teman tersebut berhasil memenangkan suatu kompetisi kepenulisan yang hadiahnya tiket perjalanan ke Eropa gratis. Selain tiket PP yang digratiskan, Yayan juga mendapatkan visa gratis. Wah, bikin mupeng, ya! Dari sini saya jadi benar-benar sadar kalau minat di bidang kepenulisan itu sangat berprospek. Apalagi kalau mau jadi travel blogger seperti Yayan ini.

Untungnya Yayan nggak pelit ilmu. Di sini dia mau berbagi apa sih tips biar bisa jadi travel blogger?

1. Suka traveling

Pada dasarnya Yayan memang suka traveling. Dengan pengalaman dari traveling ini dia memiliki bahan yang bisa dijadikan tulisan. Jadi kalau kamu pengin jadi travel blogger, ya kudu suka traveling. Sebaliknya kalau mau jadi food blogger, ya kudu suka mencicipi makanan.

2. Bikin blog dan mulai menulis

Keinginan dan harapan akan terwujud nggak hanya karena adanya niat. Keinginan baru akan terwujud jika kamu mulai membuat blog dan memposting tulisan di sana. Nggak heran saat saya tanya, tips pertama dari Yayan agar bisa jadi travel blogger adalah bikin blog dan mulai menulis. Menurut Yayan, menulis catatan perjalanan itu nggak harus wah. Kamu bisa memulainya dari menulis objek wisata yang ada di sekitar.

3. Konsisten dalam menulis

Menurut Yayan, inilah yang berat. Bahkan sampai sekarang dia harus mengalahkan rasa malas agar terus semangat menulis.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Tulisan yang menarik perhatian

Agar dibaca orang, tentu tulisan harus bisa menarik perhatian. Hal yang bisa menarik perhatian ini tentu berbeda setiap orang. Sama halnya dengan penulis, masing-masing memiliki ciri kepenulisannya sendiri. Yang terpenting adalah tulislah dengan jujur dan dari hati.

5. Tulis yang nggak umum

Tulisan yang nggak umum, alias unik, tentu akan digemari oleh pembaca. Bisa jadi objek yang kamu tulis itu terlalu umum. Tapi kalau kamu bsia menulisnya dalam kaca mata berbeda, tulisan bisa jadi unik dan menarik dibaca, lho.

6. Share ke semua media sosialmu

Biar viewers-nya banyak kamu harus mau membagikan tulisanmu ke semua media sosial yang ada. Kamu bisa share link artikelmu di facebook, twitter, instagram, bahkan di grup-grup yang di dalamnya banyak penulis dan traveler-nya.

Artikel terkait: Hal-hal seputar media sosial

  1. Ini Dia Alasan Mengapa Media Sosial Bisa Picu Keretakan Rumah Tangga
  2. Rekrutmen Jaman Now, 5 Tips Agar Pencarian Informasi Kandidat Melalui Media Sosial Aman
  3. Ternyata, Begini Media Sosial Memberi Pengaruh Terhadap Kariermu!

7. Harus mau blog walking

Kalau mau blogmu dilirik ya kamu harus mau blog walking. Blog walking merupakan kunjungan ke blog orang. Kamu bisa membaca tulisan di sana, memberikan tanggapan komentar, bahkan kalau perlu kamu membantu meng-share link artikelnya. 

Setelah membaca tips dari Yayan, apakah kamu ingin mengikuti jejaknya sukses sebagai travel blogger?Ayo, isi kolom komentar dan berikan pendapatmu…

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett