Beranda > Karier Sukses > Ini Tips Sukses Penulis Indonesia yang Karyanya Dikenal Hingga ke Luar Negeri

Ini Tips Sukses Penulis Indonesia yang Karyanya Dikenal Hingga ke Luar Negeri

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ini Tips Sukses Penulis Indonesia yang Karyanya Dikenal Hingga ke Luar Negeriwatermark

TUNAIKU.COM – Kamu tentu percaya bahwa semua orang bisa mencapai sukses di bidangnya masing-masing. Kesuksesan itu mampu diraih bagi siapa saja yang benar-benar konsisten terhadap apa yang disukainya dan tekun sampai ia menguasai bidangnya. Kamu memiliki ketertarikan dan punya hobi di bidang tulis-menulis? Enggak ada salahnya lho, kamu membangun karier di bidang ini.

 

Kalau kamu konsisten menulis dan terus mengembangkan tulisan maka kamu akan melahirkan karya tulisan yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Beberapa penulis Indonesia memiliki berbagai karya yang digemari oleh banyak orang sampai ke luar negeri, lho. Supaya kamu lebih termotivasi, simak tips sukses dari beberapa penulis Indonesia yang berprestasi ini!.

 

Artikel terkait: Kiat sukses bagi seorang introvert!

  1. Ini Tipsnya agar Sukses Public Speaking Bagi Para Introvert
  2. Kata Siapa Introvert Tidak Bisa Jadi Pemimpin? Ini Contoh Nyatanya!
  3. Tips Kepemimpinan untuk Introvert yang Baru Jadi Manager

 

1. Pramoedya Ananta Toer

Salah satu kunci penting menjadi penulis yang sukses adalah ‘berani beda’. Hal ini yang terlihat dari sosok penulis asal kota Blora, Pramoedya Ananta Toer. Ia memang memiliki pandangan atau ideologi yang berbeda dari orang lain pada umumnya. Namun, berbagai pemikiran itu lah yang menjadi daya tarik Pram. Semua pemikiran dan cara pandangnya, mampu ia ekspresikan dengan begitu khasnya melalui bahasa sastra yang apik yang ia tulis dalam bentuk roman.

 

Selama hidupnya, Pram telah menulis 50 buku dan telah diterjemahkan ke dalam 41 bahasa. Ia juga kemudian mendapatkan banyak penghargaan di antaranya  Freedom to Write Award dari PEN American Center, AS, 1988, penghargaan dari The Fund for Free Expression, New York, AS, 1989, dan masih banyak lagi.

 

2. Suwarsih Djojopuspito

Suwarsih adalah satu perempuan Indonesia yang kala itu merasakan pahitnya masa penjajahan di Indonesia. Pengalaman hidupnya yang berharga ini menginspirasinya untuk menulis sebuah buku, yang kemudian ia beri judul Manusia Bebas. Salah satu karyanya yang terkenal ini telah ia tulis ke dalam tiga bahasa yakni, Sunda, Belanda, dan Indonesia.

 

Semasa hidupnya, Suwarsih telah melahirkan 9 buku yang enggak hanya terbit di Indonesia, tetapi juga di Belanda. Keberanian dan kegigihannya bersuara di bawah kekuasaan penjajah merupakan hal yang patut dicontoh bagi para penulis yang ingin sukses.

 

3. Ahmad Tohari

Pernah menonton film berjudul Sang Penari? Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul Ronggeng Dukuh Paruk yang ditulis oleh Ahmad Tohari. Selain salah satu karyanya itu, pria asal Banyumas ini juga telah menuliskan beberapa karya lain yang terkenal di antaranya Kubah, Bekisar Merah, dan Orang-orang Proyek. Beberapa karyanya ini telah diterbitkan dalam Bahasa Jepang, Tionghoa, Belanda, dan Jerman. Ia pun menerima penghargaan Sastra ASEAN, SEA Write Award, dan Sastra Rancage. Berwawasan terbuka dan bergaul dengan semua kalangan adalah kepribadian Ahmad Tohari yang perlu kita teladani.

 

4. Andrea Hirata

Novel Laskar Pelangi telah melambungkan namanya di dunia sastra. Karyanya yang populer itu telah tersebar ke 20 negara asing, lho. Beberapa karya lain yang enggak kalah bagus, yaitu Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Kaprov. Sejauh ini, Andrea telah mengantongi penghargaan sebagai pemenang di Festival Buku New York 2013 kategori fiksi dan menerima Kehormatan Doctor of Letters  (Hon DLitt) dari University of Warwick, Inggris 2015.

 

4

 

 

 

Mobile Site CTA

Bagi Andrea, mengapresiasi sebuah karya adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi penulis yang sukses. Jangan meremehkan apa yang telah diciptakan oleh orang lain atau pun dirimu sendiri. Hargai setiap hasil tulisanmu, karena menulis bukan sesuatu hal yang mudah.

 

Artikel terkait: Pertimbangkan beberapa hal penting, sebelum mengambil keputusan kariermu selanjutnya!

  1. Sertifikasi Akuntan untuk Menunjang Karier, Mana yang Kamu Perlu?
  2. Rekomendasi Hobi Jadi Pekerjaan dan Punya Sertifikat Resmi, Coba Pertimbangkan!
  3. Sertifikasi Profesi atau Kuliah Lagi? Pertimbangkan 4 Hal Berikut Ini

 

5. Eka Kurniawan

Penulis asal Tasikmalaya ini memiliki beberapa buah karya yang sudah populer, di antaranya ada novel berjudul Cantik Itu Luka, telah dialihbahasakan ke bahasa Jepang oleh Ribeka Ota dengan judul Bi wa Kizu, juga dalam bahasa inggris oleh Annie Tucker dengan judul Beauty is A Wound. Beberapa karya lain yang juga menarik perhatian, yaitu, novel Coat-coret di Toilet, Lelaki Harimau, Seperti Dendam Rindu Harus di Bayar Tuntas, dan Perempuan Patah Hati yang Menemukan Cinta Melalui Mimpi.

 

Menjadi seorang penulis sukses, jangan melulu menyajikan cerita dengan gaya yang itu-itu saja. Kamu bisa membandingkan karya-karya Eka sebelumnya dengan yang baru-baru ini terbit. Ia menghadirkan ide cerita yang berbeda dan mengeksplorasi gaya menulis, supaya tulisannya bisa tetap memikat hati pembaca.

 

Sangat menginspirasi bukan? Ingin sukses enggak cuma butuh ketekunan dan semangat saja. Namun, kamu juga harus belajar dari orang yang sudah berpengalaman seperti di atas. Siapa nih penulis favoritmu?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett