Beranda > Karier Sukses > Kuliah Psikologi Menawarkan Jurusan Menarik Ini, Pilih yang Mana?

Kuliah Psikologi Menawarkan Jurusan Menarik Ini, Pilih yang Mana?

TUNAIKU
Kuliah Psikologi Menawarkan Jurusan Menarik Ini, Pilih yang Mana?watermark

TUNAIKU.COMJurusan psikologi apa yang kamu inginkan? Jangan-jangan sama dengan saya beberapa tahun lalu. Semoga nggak, ya. Dulu saya kira psikologi itu hanya satu jurusan. Ternyata memiliki konsentrasi yang berbeda-beda berdasarkan basis dari keahlian tertentu. Untuk lebih lengkapnya, yuk, cari tahu beberapa konsentrasi jurusan seperti di bawah ini.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Universitas untuk Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

  1. 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia
  2. 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia
  3. 8 Jurusan Teknik Terbaik yang Menjanjikan dan Paling Dibutuhkan di Indonesia

 

1. Psikologi Sosial

Boleh jadi bagian dari psikologi ini hampir sama muatannya dengan psikologi umum. Soalnya, sama-sama mempelajari tentang latar belakang pendidikan psikologi. Di dalamnya, kamu akan mempelajari tentang hubungan timbal-balik antara individu dengan individu lain maupun kelompok. Kalau di SMA, mirip dengan mata pelajaran Sosiologi.

 

2. Psikologi Umum dan Eksperimental

Walaupun dari istilah dan basis konsentrasinya sama dengan bagian sebelumnya, Psikologi Umum dan Eksperimental lebih menjurus ke arah penelitian. Semuanya akan diolah dalam bentuk data-data yang signifikan. Kemudian dalam menarik kesimpulannya, tentu diperlukan metodologi yang valid dan teruji. Biar hasilnya lebih akurat dan sesuai dengan keinginan.

 

Namun, nggak serumit rumus-rumus yang ada di matematika, kok. Cabang psikologi ini paling sering dijadikan sebagai pusatnya keilmuan psikologi. Terutama dalam hal pembuatan serta penyusunan metodologi penelitian. Meskipun secara sepintas hanya membahas tentang psikologi, pada dasarnya analisis semacam ini diterapkan pula di jurusan lainnya.

 

3. Psikologi Klinis

Bagian dari psikologi ini secara khusus mempelajari tentang mental manusia. Mulai dari kelas paling ringan hingga yang paling ekstrem atau serius. Keterampilan yang akan kamu dapatkan sangat berharga untuk masa depan. Soalnya dengan berada pada konsentrasi psikologi ini, kamu akan dibimbing untuk membedah kondisi mental secara mendalam.

 

Dengan begitu, seseorang yang terkena gangguan mental pun bisa ditangani karena kamu sudah memiliki akarnya. Kebetulan saya kuliah juga di jurusan psikologi ini. Soalnya semakin berkembangnya waktu, diprediksi angka depresi sosial akan meningkat. Psikolog untuk gangguan seperti bipolar, kepribadian ganda, dan lain-lain pasti amat dibutuhkan.

 

4. Psikologi Perkembangan

Secara sederhana, cabang psikologi ini mempelajari tentang perkembangan manusia dari kecil hingga manula. Spesifikasinya bukan secara fisik, melainkan mental. Jadi, ketika ada kasus yang menyangkut masalah remaja, kamu bisa masuk garis depan dalam menanganinya. Nggak heran kalau lulusan seorang yang ahli di cabang ini sering jadi tokoh masyarakat.

 

5. Psikologi Industri dan Organisasi

Secara umum, jurusan ini membahas tentang dunia HRD maupun MSDM. Soalnya setiap organisasi, industri, maupun perusahaan wajib membutuhkan para lulusan yang ahli di bidang ini. Terutama dalam hal merekrut karyawan baru sebelum di-training atau bahkan langsung diterima jadi karyawan tetap.

 

Untuk menetapkannya sebagai karyawan, tentu membutuhkan metodologi khusus agar bisa dipertanggungjawabkan. Minimal karyawan yang diterima mampu beradaptasi dengan atmosfer yang ada dalam lingkungan kerja. Biar nggak mengganggu kinerja karyawan lainnya. Begitulah hal-hal yang menjadi konsentrasi belajar di spesialisasi psikologi ini.

 

Artikel Terkait: Fakta Tentang Jurusan Pariwisata dan Peluang Karier untuk Tiap Lulusannya

  1. 10 Fakta dan Mitos Kuliah Jurusan Pariwisata yang Perlu Diketahui
  2. 5 Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia, Gabung dan Capai Impianmu
  3. Ini 5 Pekerjaan Seru Bagi Lulusan Jurusan Pariwisata

 

6. Psikologi Pendidikan

Sudah berabad-abad, pendidikan selalu jadi pijakan utama dalam membangun peradaban. Soalnya mendidik anak dari dalam keluarga saja tentu belum cukup. Harus secara serius dipersiapkan agar mampu memberikan kontribusi nyata perihal motivasi intrinsik dalam proses belajar.

 

Di setiap tingkatan, mulai dari PAUD hingga SMA, tentu memiliki tantangan yang berbeda-beda. Ketika kuliah, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Memang amat diperlukan kesabaran agar bisa berhasil, tapi cukup menyenangkan kok bisa berbaur dengan anak-anak hingga remaja ketika sudah bekerja nantinya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU3

Mobile Site CTA


Apa pun konsentrasi jurusan psikologi yang kamu inginkan, tetaplah fokus. Itu pesan saya. Mungkin juga pesan dari bapak, ibu, dan guru-guru di sekolah sebelum kamu betul-betul menjalaninya dalam atribut mahasiswa. Waktu ini sedemikian singkat kalau jam kuliah hanya dipakai untuk bersenda gurau serta memilih hal-hal di luar proses belajarmu.

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett