Beranda > Karier Sukses > 8 Jurusan Teknik Terbaik yang Menjanjikan dan Paling Dibutuhkan di Indonesia

8 Jurusan Teknik Terbaik yang Menjanjikan dan Paling Dibutuhkan di Indonesia

Artikel ini ditulis oleh:
8 Jurusan Teknik Terbaik yang Menjanjikan dan Paling Dibutuhkan di Indonesiawatermark

TUNAIKU.COM – Hanya orang-orang IPA yang boleh masuk jurusan teknik. Itu kan stereotip zaman dulu. Sekarang beda dong. Sudah ada teknik industri. Cuma memang enggak seleluasa jurusan IPA. Kenapa jurusan kuliah di bidang teknik sangat diminati oleh orang-orang IPA? Jelas karena prospek kerja di masa depannya bagus. Inilah 8 jurusan di bidang teknik buat kamu.

Artikel terkait: tips hidup hemat saat kuliah di luar negeri

  1. 10 Langkah Hidup Hemat Tapi Nggak Menderita Saat Kuliah di Luar Negeri
  2. Tips Hidup Hemat Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri
  3. Rusia Bisa Jadi Solusi Kuliah di Luar Negeri yang Terjangkau. Kamu Tertarik?

1. Jurusan Farmasi

Suka laboratorium, meneliti obat-obatan, dan berkecimpung di dunia kesehatan? Maka jurusan farmasi kiranya cocok buat kamu. Seorang lulusan farmasi bisa saja bekerja di perusahaan maupun rumah sakit. Ketika sudah lulus, akan memiliki profesi sebagai perawat, ahli farmasi, staf kesehatan, dan suster. Universitas Indonesia bagus jadi tempat kuliahnya.  

2. Jurusan Batra

Istilah ini mungkin terdengar asing. Atau perasaan saya saja, ya? Kalau tadi berhubungan dengan obat-obatan kimia, maka yang ini berhubungan dengan obat-obatan tradisional. Seorang ahli pembuat obat tradisional juga berangkat dari jurusan ini. Kamu tertarik kuliah di jurusan Batra? Coba Unair untuk pijakan dalam mendalami pengobatan tradisional. 

3. Jurusan Agrobisnis dan Pertanian

Seorang dengan jurusan ini akan memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan. Khususnya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia secara luas. Jelas, tempat kuliah untuk jurusan ini paling banyak mengarah ke IPB atau Institut Pertanian Bogor yang sudah terkenal sejak dulu. Lulusan jurusan ini akan menempati bekerja sebagai ahli pertanian. 

4. Jurusan Desain Interior dan Arsitektur

Kedua jurusan ini saling berhubungan satu sama lain. Seorang jurusan arsitektur akan mendalami dari segi bangunan serta desain secara umum. Sedangkan yang interior khusus membahas sisi dalam sebuah ruangan. Seorang yang lulus kuliah jurusan teknik ini akan bekerja sebagai arsitek, desainer grafis, maupun desain interior. Coba kuliah di ITS. 

cta2

Mobile Site CTA

5. Jurusan Nuklir

Hanya sedikit yang membuka secara luas untuk jurusan ini. Setahu saya yang paling terkenal dan blak-blakan itu UGM. Tenaga nuklir merupakan tenaga yang sangat dahsyat. Amat mampu menciptakan listrik dan berbagai penggerak kehidupan. Oleh karena itu, seorang ahli nuklir selalu memiliki nilai tawar yang baik di bidang pekerjaannya. 

6. Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Kenyataannya, lulusan dari jurusan ini sudah merajai dunia. Penemuan yang luar biasa adalah internet. Sekarang hampir segala bentuk transaksi bisa digantikan lewat daring. Berbagai pekerjaan juga mampu diakses lewat platform yang sama. Seorang yang lulus dari jurusan ini akan jadi IT, maintenance, dan lain-lain. Perguruan tingginya yang terbaik adalah ITB. 

7. Jurusan Teknik Manufaktur dan Teknik Industri

Indonesia mulai mengarah ke negara industrial. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya UMKM yang mulai didirikan secara bebas oleh warga Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi juga makin banyak. Mereka selalu butuh ahli-ahli di bidang permesinan maupun perencanaan bisnis. Selain ITB, Unnes kiranya tepat sebagai tempat untuk belajar ini.

 

Artikel terkait: beasiswa untuk kuliah di luar negeri

  1. Selain Kuliah, Coba 3 Beasiswa Short Course di Luar Negeri Ini
  2. Rekomendasi Beasiswa Pertukaran Pelajar untuk Mahasiswa
  3. Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesia

8. Jurusan Teknik Sipil

Punya cita-cita jadi kontraktor yang bertugas untuk menata lingkungan? Jurusan ini paling cocok buat kamu. Siapa tahu kamu jadi penerus Bapak Presiden Joko Widodo yang kuliah di jurusan ini juga. Seorang tenaga sipil akan lebih banyak bekerja di lapangan daripada di balik layar. Perguruan tinggi yang cocok buat kamu barangkali di UNY.

Cocok atau enggak jurusan kuliah ini, tergantung dari hatimu dan passion yang sudah tersimpan sejak lama. Kesemua jurusan teknik di atas sampai sekarang masih sangat dibutuhkan perannya. Bukan hanya untuk masyarakat tertentu, tetapi juga untuk negara Indonesia secara keseluruhan. Apakah sudah siap menjadi kontributor untuk kemajuan negeri ini?

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett