Beranda > Karier Sukses > 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

SWARA TUNAIKUSwara
5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesiawatermark

TUNAIKU.COM – Banyak orang sukses bilang, pendidikan adalah bekal terbaik untuk masa depan. Salah satunya adalah pendidikan di jurusan Teknik dan Teknologi. Lulusan jurusan ini berpeluang besar bisa menggenggam masa depan. Kabar baiknya ada beberapa universitas yang masuk dalam 500 besar dunia. Masak, sih? Kalau nggak percaya, coba baca ini.

 

Artikel Terkait: Tips Agar Lolos Tes Wawancara untuk Beasiswa Kuliah

  1. 9 Tips Sukses Tes Wawancara Beasiswa dalam Bahasa Inggris
  2. 7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP
  3. Hindari 5 Kesalahan Ketika Melakukan Wawancara Beasiswa

 

1. Institut Teknologi Bandung

Inilah sang jawara untuk universitas yang konsisten menerapkan pendidikan di bidang teknik dan teknologi. Berdasarkan Quacquarelly Symonds Worlds University Rangkings, ITB masuk dalam 215 terbaik untuk kategori jurusan Engineering and Technology. Luar biasa. Peringkat tersebut dihitung dari banyaknya universitas unggulan dari berbagai negara.

 

Ada beberapa jurusan yang diperebutkan di ITB. Mulai dari Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Jurusan ini memungkinkan dirimu untuk bekerja di bawah naungan BPH MIGAS. Kemudian ada Teknik Elektro dan Informatika maupun Teknik Industri. Di ITB juga banyak, kok, beasiswa khusus buat kamu yang berprestasi selama belajar di sana.

 

2. Universitas Gajah Mada

PTN ini juga masuk ke dalam 500 besar universitas terbaik di dunia untuk jurusan yang sama. Namun masih jauh berada di bawah ITB, yakni dengan peringkat antara 400-500. Presiden kita saat ini, Ir. Joko Widodo, juga berasal dari jurusan ini dan belajar di UGM. Begitu pun Gubernur Jakarta saat ini, Anies Baswedan.

 

Peminat jurusan ini di UGM setiap tahunnya cukup banyak. Ada sekitar 1.500-an. Bahkan bisa lebih mengingat perkembangan bisnis yang melibatkan ahli teknik sangat pesat. Jurusan yang paling dicari adalah Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Kimia, Teknik Fisika dan Nuklir, dan Teknik Informasi dan Elektro. Mau pilih yang mana?

 

3. Universitas Indonesia

Jurusan Teknik di UI juga memiliki peringkat yang bagus di mata dunia. Sama dengan UGM, peringkatnya berada di kisaran 400 hingga 500. Bisa berubah-ubah tergantung dengan kondisi yang ada di dunia. Jurusan ini di UI sudah ada sejak tahun 1964 yang lalu. Jumlah calon mahasiswa untuk tahun ajaran pertama saat itu adalah 400-an.

 

Di UI terdapat setidaknya ada 7 jurusan, seperti Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro dan Teknik Komputer, Teknik Metalurgi dan Material, dan Teknik Arsitektur. Ketujuh cabang Teknik itu memiliki porsi peminat yang setara. Prospek kerjanya yang cukup tinggi membuat UI selalu difavoritkan tiap tahunnya.

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Salah satu jurusan di bidang teknik yang paling banyak dicari calon mahasiswa ITS adalah Teknik Sipil dan Perencanaan. Ada pula Teknik Arsitektur. Keduanya memberikan sumbangsih yang besar untuk negara dan masyarakat pada umumnya. Jurusan ini bekerja di lapangan dan siap bertanggung jawab terhadap sebuah bangunan yang sudah dirancang.

 

Jadi, setiap harinya kamu wajib menenteng kertas ke mana-mana ataupun buku catatan. Soalnya harus mencatat berbagai bahan atau material, ide untuk bangunan, maupun lainnya. Seorang yang lulus Teknik Sipil harus tahan banting ketika menghadapi realitas kehidupan ini. Terutama ketika membawahi para pekerja ketika tengah membangun.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Universitas dengan Akreditasi A

  1. 5 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dengan Akreditasi A
  2. 5 Universitas Bandung dengan Akreditasi A
  3. 5 Universitas Swasta di Yogyakarta dengan Akreditasi A

 

5. Universitas Diponegoro

Sama seperti ITS, Teknik Sipil juga menjadi salah satu jurusan yang paling difavoritkan di Undip. BAN-PT sudah memberikan akreditasi A untuk Undip beberapa tahun lalu. Sepertinya juga bakal bertahan selama mungkin. Mengingat banyaknya lulusan dari Undip yang memberikan kontribusinya untuk bangsa dan negara.

 

Persiapkan mulai sekarang ketika ingin menapaki karier di bidang teknik. Berbagai jurusan Teknik telah mendapatkan akreditasi A di kelima universitas tersebut. Senggaknya, itu dulu yang wajib diperhatikan. Akreditasi A menandakan bahwa kualitas pendidikan, daya serap untuk pekerjaan, hingga prestasinya cukup tinggi dibanding akreditasi B dan di bawahnya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett