Beranda > Karier Sukses > Ini 5 Pekerjaan Seru Bagi Lulusan Jurusan Pariwisata

Ini 5 Pekerjaan Seru Bagi Lulusan Jurusan Pariwisata

Artikel ini ditulis oleh:
Ini 5 Pekerjaan Seru Bagi Lulusan Jurusan Pariwisatawatermark

TUNAIKU.COM – Sejak kecil saya sudah suka dengan hal-hal yang berbau pariwisata. Terutama ketika dulu sering diajak kakek ke perbukitan asri di Kota Malang. Hmm. Akhirnya, setelah jadi lulusan jurusan Pariwisata, saya pun dapat pekerjaan sesuai dengan passion. Setahu saya, ada 5 pekerjaan seru dan potensial yang menantimu kalau ambil jurusan Pariwisata.

 

Artikel terkait : Jurusan Pariwisata Semakin Diminati, Ini Rekomendasinya!

  1. 10 Fakta dan Mitos Kuliah Jurusan Pariwisata yang Perlu Diketahui
  2. Rekomendasi 7 Universitas dengan Jurusan Pariwisata dan Perhotelan
  3. Rekomendasi Sekolah Pariwisata dan Perhotelan Beserta Rincian Biayanya 

 

1. Event coordinator

Sebagai seorang event coordinator, kamu wajib menguasai pengetahuan tentang konvensi dan pameran. Konsepnya sama kok. Banyak hotel masa kini yang membutuhkan jasa seorang event coordinator. Soalnya seringkali ada saja yang bikin acara. Baik dari perorangan maupun dari perusahaan. 

 

Seorang event coordinator wajib memastikan kalau acara yang sudah terangkum bisa berjalan dengan lancar. Jadi, kamu harus aktif dalam setiap acara yang tengah dibuat. Misalnya dengan mengecek kebutuhan caterer, pengisi musik, pengisi acara, dan lainnya. Gaji rata-rata seorang event coordinator bisa sampai 40 juta per bulannya. 

 

2. Konsultan pesta pernikahan

Secara garis besar, tugas seorang wedding consultant itu mengorganisir setiap kali pesta penikahan digelar. Tentu harus melewati persetujuan antara keluarga mempelai dengan pihakmu. Tugas seperti mengatur jalannya acara, makanan yang disajikan, dan sebagainya. Apa hubungannya pekerjaan wedding consultant dengan jurusan Pariwisata. 

 

Jelas ada hubungannya. Mayoritas yang namanya jurusan Pariwisata pasti masuk dalam dunia perhotelan. Dalam wisata konvensional saja membutuhkan hotel sebagai tempat menginap. Apalagi wisata batin seperti pernikahan? Gaji seorang wedding consultant bisa lebih dari 10 juta per acaranya, lho! Bayangkan kalau dalam setahun kamu mengurus 50 acara. 

 

3. Biro perjalanan wisata

Seorang biro perjalanan wisata memiliki tugas untuk selalu menyediakan paket wisata untuk para traveler. Setiap lulusan jurusan Pariwisata berpeluang menempati pekerjaan sebagai biro perjalanan wisata. Dalam pekerjaan ini, kemampuan komunikasi sangat penting kamu kuasai. Kemudian kemampuan untuk memastikan perjalanan bisa berjalan lancar. 

 

Soalnya fatal kalau sampai tidak tahu jalur penerbangan, destinasi wisata, hotel, anggaran makan, dan lain-lain. Kalau kamu punya kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris akan lebih bagus. Tidak semua traveler berasal dari dalam negeri. Biasanya par traveler dari luar negeri-lah yang bisa membuat seorang yang kerja di biro jadi berkantong tebal. 

 

4. Bekerja dalam institusi pemerintahan

Potensi bekerja dalam institusi pemerintahan memang tergolong kecil. Tapi masih cukup terbuka lebar. Mengingat sekarang sudah banyak bermunculan berbagai objek wisata baru maupun yang tengah dimaksimalkan. Nantinya kamu akan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji tetap setiap bulannya. 

Tugas yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti prosedur dari pemerintahan pusat hingga daerah. Termasuk titah dari walikota setempat. Sebagai bagian dari dinas pariwisata, kamu juga berhak mengusulkan ide untuk kemajuan sektor pariwisata. Gaji untuk seorang PNS di bidang pariwisata sama saja dengan lainnya, yakni sekitar 4 juta Rupiah per bulannya. 

 

Artikel terkait : Bingung memilih kampus dan jurusan, coba cek rekomendasi kampus dan jurusan terbaik di berbagai bidang!

  1. 10 Kampus Terbaik Jurusan Seni Musik, Labuhan Hati Pencinta Musik
  2. Ini dia Enam Kampus Terbaik di Indonesia untuk Jurusan Jurnalistik
  3. Rekomendasi 7 Universitas dengan Jurusan Perfilman yang Bisa Kamu Ikuti

5. Manajemen bisnis perjalanan wisata

Seorang yang berprofesi di sektor ini wajib memiliki kualifikasi pendidikan S1. Minimal itu. Soalnya akan tergabung dalam perusahaan tertentu dalam kariernya. Misalnya bergabung dengan perusahaan asuransi perjalanan dan lainnya. Tugasnya mengurus tiket perjalanan, panduan perjalanan, dan lain-lain. Gaji per bulannya sekitar 10 juta Rupiah. 

Apa pun minat kerja yang kamu inginkan harus ditekuni sejak sekarang. Fokuskan pada satu hal saja selama kamu belum jadi lulusan jurusan Pariwisata. Menurut saya begitu. Soalnya otak manusia sejatinya memang hanya bisa fokus pada satu hal saja. Kalau dipecah-pecah, nanti hasilnya tidak maksimal. Semuanya berada di tanganmu sendiri.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett