SWARA – Untuk sebagian orang, dinas luar kota nggak selalu menyenangkan. Apalagi kalau pergi sendirian. Sudah pergi untuk bekerja, sendirian pula! Pikiran seperti itu kerap bikin karyawan menolak tawaran dan memberikannya ke rekan kerja. 

 

Padahal, dinas luar kota bisa jadi perjalanan yang seru, lho. Walau pergi karena urusan pekerjaan, sebenarnya kamu punya kesempatan untuk menjelajahi kota lain di Indonesia. Tentu saja ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu lakukan untuk bikin trip menyenangkan. 

 

1. Atur jadwal trip yang dekat ke akhir pekan

Supaya nggak bete duluan, pikirkan hal-hal yang bisa kamu lakukan di kota tujuan. Lebih seru lagi, kalau kamu dapat jadwal ke kota atau provinsi yang menarik, seperti Yogyakarta atau Papua Barat. Nah, supaya punya waktu untuk mengenal kota, atur jadwal kamu sedemikian rupa. Misalnya, saat dapat jadwal dinas pada pertengahan minggu, kamu bisa menyambung durasi tinggal hingga akhir pekan. Kalau Senin, kamu bisa berangkat Sabtu. 

 

Artikel Terkait: Tips Produktif Kerja

  1. Begini Cara Cerdas Naikkan Status dari Magang Jadi Karyawan
  2. Lima Alasan Hobi Bisa Jadi Penunjang Karier
  3. 4 Cara Cerdas Perbaiki Hubungan dengan Rekan Kerja! Nggak Baik Lho Musuhan Terlalu Lama

 

2. Lakukan rutinitas di kota baru

Saat dinas luar kota, jangan melupakan rutinitasmu. Justru, melakukan sebuah kebiasaan di tempat baru bisa jadi pengalaman tersendiri, lho. Sebagai contoh, kalau misalnya kamu bermeditasi di ruang tamu atau di kamar, kamu bisa melakukannya di kamar hotel atau bahkan meditasi di pinggir pantai (kalau dinasnya ke wilayah pesisir seperti Bali atau Lombok). 

 

3. Menginap di hotel bernuansa etnik

Saat dinas di luar kota, akomodasi dan transportasi biasanya diurus oleh kantor. Nah, kalau kamu mau menambah durasi, pesanlah hotel bernuansa etnik nan eksotis jauh-jauh hari. Lokasi hotel di pinggir pantai bisa jadi pilihan untuk bersantai sejenak mengusir kepenatan. 

 

4. Bersantai di kafe lokal atau restoran hotel

Kadang kala, kamu lupa untuk bersantai saat di domisili karena kesibukan kerja dan keluarga. Ketika dinas luar kota, kamu bisa mencuri waktu untuk sekadar bersantai dan minum kopi di kafe lokal atau restoran hotel. Ini adalah waktu yang tepat untuk memfokuskan perhatian kepada diri kamu sendiri. Bisa saja kamu mendapat ide baru sekaligus refleksi diri. 

 

5. Melakukan perawatan diri

Dinas luar kota sendirian artinya kamu punya banyak waktu untuk dirimu sendiri. Supaya nggak bosan, pikirkan bagaimana caranya agar tetap aktif atau memanjakan diri kamu. Bila di hotel ada fasilitas gym dan kolam renang, kamu bisa mencobanya. Kamu juga bisa berendam di bathub atau spa. 

 

Artikel Terkait: Menjaga Kesehatan Mental di Kantor

  1. Cek, Sudah Bermental Kuatkah Kamu? Kenali Tanda-tandanya!
  2. Atasanmu Suka Bully? Ini Cara Cerdas Menghadapinya
  3. 4 Tips Cerdas Hadapi Bos yang Toxic

 

6. Menambah wawasan dengan wisata ke museum

Jalan-jalan ke museum bisa menjadi sensasi tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan waktu kosong dengan pergi ke museum. Di museum, kamu bisa belajar sejarah dan mengenal budaya setempat. 

 

7. Mendapat teman baru 

Dinas luar kota sendirian bisa jadi kesempatanmu untuk menjalin pertemanan baru. Anggap saja memperluas jaringan atau relasi. Bisa saja suatu saat kamu akan kembali ke kota itu, dan kamu sudah punya teman untuk mengajak kamu berkeliling. Seru, kan? 

 

Pergi sendirian nggak selamanya menyedihkan. Ingat, ada beberapa hal yang dapat kamu kendalikan melalui cara kamu menyikapi situasi atau kondisi tertentu. Yang sepi bisa jadi rame. Yang pergi sendirian, bisa bawa kisah pertemanan baru.