SWARA –  Hobi memiliki asosiasi dengan hal-hal yang kamu sukai secara pribadi, baik itu berupa kegiatan ataupun benda. Hampir setiap orang memiliki hobi, tapi nggak sedikit pula yang menganggap hobi hanya membuang waktu dan uang semata. Karena itu, nggak sedikit pula orang yang kerap melupakan atau meninggalkan hobi ketika sudah memasuki dunia kerja karena dianggap aktivitas nonproduktif.

 

Namun, tahukah kamu kalau hobi ternyata ngaruh terhadap karier? Pengalaman saya sendiri, saat saya bekerja penuh di sebuah perusahaan media, memiliki hobi karaoke mendekatkan saya dengan rekan kerja. Saya dan rekan kerja menjadwalkan karaoke satu kali sebulan untuk melepas penat dan sekadar bersuka cita.

 

Alhasil, hobi bersama rekan kerja itu pun bikin lingkungan kerja lebih nyaman dan sehat. Saat di kantor, kita jadi punya cerita untuk dibagi dan ditertawakan bareng-bareng ketika ada kejadian lucu di tempat karaoke. Saya pun menjadi lebih dekat dengan rekan kerja, dan dan kerja sama pun lebih menyenangkan. Bahkan, beberapa rekan kerja itu menjadi sahabat terdekat saya hari ini.

 

Masih belum percaya juga? Nih, saya kasih lima alasan mengapa hobi penting untuk perkembangan karier kamu.

 

1. Mengurangi stres

Ada kalanya kerjaan sedang menumpuk ataupun sedang dilanda konflik. Nggak ayal, stres dan perasaan tertekan pun mengikuti. Salah satu hal yang bisa mengatasi hal ini adalah dengan melakukan hobi. Perasaan senang yang timbul dari kegiatan yang kamu suka bisa mengurangi stres. Contoh hobi untuk mengurangi stres adalah bermain musik, memasak, ataupun yoga. Selain bahagia, kamu jadi bisa lebih santai dan sehat.

 

2. Kreativitas bertambah

Dalam dunia pekerjaan, kreativitas menjadi salah satu modal penting buat mengembangkan diri dan karier. Dengan menjadi pribadi kreatif, kamu akan tampak lebih menonjol dan punya nilai lebih. Nah, hobi bermain musik bisa jadi pendorongnya nih. Banyak studi mengungkap bahwa bermain musik itu bisa menambah daya ingat dan meningkatkan kreativitas. Menjadi kreatif bersama rekan kerja bisa bikin kerja lebih efektif dan memancing ide baru.

 

3. Menambah pengetahuan

Hobi nggak selamanya membuat berkeringat. Ada juga hobi yang membutuhkan ketenangan dan bikin kamu tambah pintar! Hobi membaca sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan. Hal ini bisa kamu lakukan bersama rekan kerja, misalnya membuat klub membaca. Selain itu, hobi menulis juga bagus untuk mengasah kecerdasan otak ataupun traveling untuk menambah pengalaman kamu.

 

4. Menjaga kesehatan

Hobi nggak cuma nambah pengalaman dan pengetahuan tapi juga bisa bikin fisik sehat bugar. Fisik yang sehat punya resiko lebih kecil untuk kena penyakit sehingga kamu bisa kerja lebih produktif dan jarang absen ke kantor. Bersepeda ataupun sepak bola bisa kamu lakukan bersama teman-teman kantor. Kalau nggak suka olahraga yang terlalu berat, kamu bisa nyoba jogging tuh.

 

5. Membangun kerja sama tim

Banyak hobi yang membutuhkan kelompok atau tim. Jenis olahraga seperti futsal, bulu tangkis, ataupun voli memerlukan lebih dari satu pemain. Melalui hobi beregu ini kamu bisa belajar tentang kerja sama tim yang baik dengan rekan kerja.

 

Nah itulah alasan serta pilihan hobi yang bisa kamu lakukan bareng rekan kerja. Buang jauh-jauh pandangan bahwa hobi hanya membuang waktu. Sebenarnya, bila ditekuni dengan baik, hobi bisa memberikan banyak manfaat buat kamu dan rekan kerja. Kalau kamu pintar mengatur waktu, kamu dapat melakukan hobi. Karier kamu pun akan semakin berkembang.