SWARA – Hidup nggak melulu soal senang dan hura-hura. Banyak aspek di dalam kehidupan yang pasti melalui banyak cobaan, termasuk pekerjaan. Atasan yang perfeksionis, rekan kerja yang egois, maupun manajemen yang misoginis bisa jadi satu atau bahkan semua faktor yang bikin tertekan. Nah, pada momen-momen inilah, kekuatan mental kamu sedang diuji. Kuat atau nggak mental kamu menghadapi cobaan itu pula yang menentukan kesuksesanmu di masa depan. 

 

Tentu saja, semua orang pengin bisa melalui cobaan agar bisa sukses. Namun, sudahkah kamu memiliki hal tersebut? Nggak perlu bingung, kamu bisa mengecek sendiri, kok. Ini dia tanda seseorang memiliki mental yang kuat menurut Popbela!

 

1. Produktif

Kamu nggak suka membuang waktu. Setiap hari, kamu memilih untuk produktif dan punya sesuatu yang ingin dicapai, sekecil apa pun itu. Sementara itu, hal yang kamu anggap nggak produktif, bakal kamu tinggalkan. 

 

2. Mampu beradaptasi dengan baik

Buat kamu perubahan itu wajar, termasuk di dalam pekerjaan. Kamu dapat menerima perubahan dan beradaptasi dengan baik. Fokusmu yang utama adalah, bagaimana menyesuaikan dan mengembangkan diri untuk tumbuh seiring perubahan tersebut. 

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Perusahaan Startup!

  1. 5 Kiat Sukses Membangun Startup dari Awal
  2. Melirik Investasi di Bisnis Startup? Ini Plus Minus yang Perlu Kamu Ketahui
  3. Tips Jitu Sukses Kelola Startup

 

3. Dapat bersikap logis

Mental yang kuat dapat terlihat ketika kamu bisa memisahkan antara profesionalitas dan personal. Kamu dapat bersikap logis, ketimbang mementingkan perasaan. 

 

4. Ingin selalu berkembang

Kamu menyadari pentingnya pengembangan diri. Karena itu kamu punya prioritas untuk terus belajar sebagai proses mengembangkan diri, tanpa berpikir harus pamer akan kemampuan yang kamu miliki atau sedang kamu pelajari. 

 

5. Nggak gampang menyerah

Kegagalan adalah proses dari pembelajaran. Kamu sadar percobaan pertama nggak selalu berhasil. Karena itu kamu selalu berupaya bangkit setelah gagal, tanpa berlama-lama menangisi kekalahan. 

 

6. Fokus pada solusi

Mental yang kuat terlihat ketika seseorang fokus pada solusi, bukan pada masalah. Selain itu, kamu juga nggak terbatas pada satu solusi tertentu, melainkan terbuka pada ide-ide kreatif nan alternatif untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

 

7. Nggak merasa superior

Kamu sadar ilmu bisa didapat dari mana saja, termasuk orang-orang di sekitar. Kamu nggak sungkan untuk berdiskusi dan terbuka dengan masukan dari rekan kerja. Buat kamu, semua orang setara dan sama-sama sedang belajar. 

 

8. Punya sifat reflektif

Buat kamu, membuat kesalahan adalah sesuatu yang manusiawi. Yang paling penting, kamu mengambil hikmah dari kesalahan itu dan menjadi lebih baik di masa depan. 

 

9. Optimistis

Orang yang berhasil dan bermental kuat punya karakter yang optimistis. Namun, dari sisi lain, kamu nggak lupa untuk realistis. 

 

10. Nggak ambil pusing terhadap hal di luar diri

Di dunia pekerjaan, beberapa hal berada di luar kendali. Kamu memahami dan menerima kenyataan ini, dan memilih untuk fokus pada hal yang memang bisa kamu kendalikan. Hal ini menghindarkan kamu dari stres berlebih. 

 

Lalu bagaimana caranya membangun mental yang kuat? 

1. Berani bilang nggak

Mungkin kamu orangnya ‘nggak enakan’, sehingga susah menolak permintaan dari atasan atau rekan kerja. Namun, studi membuktikan, berani mengatakan ‘nggak’ pada saat tertentu bisa menempat mental. Hal ini juga lebih sehat untuk kesehatan mentalmu. 

 

2. Melatih kepercayaan diri

Orang yang percaya diri dapat menginspirasi orang di sekelilingnya. Selain itu, dengan melatih kepercayaan diri, kamu dapat menghargai dirimu lebih baik. Promosi atau naik gaji juga menanti, soalnya kamu jadi lebih produktif dan kreatif ketika percaya diri. 

 

Artikel Terkait: Inspirasi Sukses

  1. 10 Tokoh Sukses dan Inspiratif yang Harus Kamu Ikuti di Instagram
  2. Inspiratif, Ini 4 Selebriti Muda Indonesia Jebolan Kampus Top Dunia
  3. Yuk, Berkenalan dengan Si Doel: Sosok Seniman Inspiratif Sekaligus Pemimpin Daerah

 

3. Menerima kegagalan

Tanamkan kesadaran bahwa kegagalan itu bagian dari hidup. Nggak semua hal yang kamu kerjakan di kantor dapat berhasil 100 persen. Karena itu saat menghadapi kegagalan, fokuslah pada evaluasi dan bagaimana caranya kamu memperbaiki kesalahan itu di waktu mendatang. 

 

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Hal ini nggak sehat banget. Karena itu harus kamu hentikan. Setiap orang punya keunikan dan kecerdasan berbeda-beda. Percayalah pada kemampuan diri dan terus belajar. 

 

5. Olahraga dan istirahat cukup

Olahraga dan istirahat cukup berpengaruh signifikan pada kesehatan mental. Kalau mental kamu sehat, otomatis kamu lebih kuat dalam menghadapi cobaan di tempat kerja.

 

Membangun mental yang kuat barangkali bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada kalanya kamu jatuh, dan berpikir bahwa dunia ini nggak adil. Namun, ingatlah, kamu nggak sendiri. Selalu pilih untuk bangkit, karena pada akhirnya, dirimu sendirilah yang akan menikmati kala kamu sukses nanti. Tentunya dengan mental yang sudah tertempa dan sehat walafiat.