Beranda > Karier Sukses > Kamu Mau Kuliah ke Luar Negeri? Siapkan Dahulu Beberapa Hal Ini!

Kamu Mau Kuliah ke Luar Negeri? Siapkan Dahulu Beberapa Hal Ini!

dhandyDhandy
Kamu Mau Kuliah ke Luar Negeri? Siapkan Dahulu Beberapa Hal Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Ungkapan tersebut seringkali kita dengar saat seminar ataupun talkshow yang bertemakan pendidikan, terutama pameran pendidikan luar negeri. Jadi, apa sih makna dari ungkapan tersebut?

 

Menuntut ilmu bisa di mana pun dan kapan pun. Tapi, tidak dipungkiri bahwa sistem pendidikan di luar negeri masih lebih baik dibanding sistem pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, banyak mahasiswa ataupun siswa dari Indonesia yang menginginkan untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri.

 

Sebenarnya, apa sih kelebihan jika kita kuliah di luar negeri? Ada beberapa keuntungan dan kelebihan yang bisa diperoleh, antara lain mendapatkan pengalaman baru, wawasan dan jaringan yang lebih luas, pendidikan yang lebih berkualitas, dan juga prospek karir yang lebih cemerlang. Kuliah di luar negeri memiliki nilai lebih di mata perusahaan.

 

Buat kamu yang punya rencana kuliah di luar negeri, berikut ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan!

 

Lokasi atau negara tujuan

Hal utama yang harus dipikirkan ketika ingin kuliah di luar negeri adalah lokasi atau negara mana yang menjadi tujuan. Ada beberapa pertimbangan, seperti jarak, bahasa yang digunakan, dan cuaca.

 

 

Universitas dan Jurusan

Setelah menentukan negara tujuan, kamu akan memilih kampus mana yang menjadi pilihanmu. Lebih mudah untuk menentukan jurusan yang akan kamu ambil, karena setiap universitas memiliki keunggulannya masing-masing. Jurusan yang kamu ambil haruslah sesuai dengan minatmu, karena hal ini akan menentukan karirmu di masa yang akan datang.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Universitas di Beberapa Kota di Indonesia

  1. Top 9 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kota Bandung
  2. Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi DIKTI
  3. Rekomendasi Universitas Swasta Akreditasi A di Surabaya

Informasi program kuliahnya

Terdapat banyak sekali macam program kuliah di luar negeri. Setiap masing-masing program memiliki karakteristiknya masing-masing. Mulai dari tingkat kesulitan, durasi kuliah, syarat masuk, hingga biaya kuliah yang harus dibayar. Ada beberapa program yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan gelar dari dua lembaga pendidikan dalam waktu yang sama. Jika kamu sudah tahu tentang informasi program kuliah yang kamu tuju, maka kamu bisa yakin dengan pilihanmu.

 

 

Siapkan bahasa pengantarnya

Sebagian besar menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Namun, jika kamu memilih universitas yang menggunakan bahasa negaranya sebagai bahasa pengantar, maka kamu harus belajar dan memahami bahasa tersebut. Contohnya adalah Jerman dan Rusia. Biasanya ada program satu tahun untuk belajar bahasa sebelum berangkat menuju negara tujuan. Dengan kamu paham dan bisa menggunakan bahasa tersebut, maka itu menjadi keuntungan bagi kamu dalam proses kuliah dan juga proses sosialisasi dengan lingkungan sekitar

 

 

Cari tahu biaya kuliah dan biaya hidup di negara tersebut!

Ini juga penting buat kamu. Dari semua pertimbangan diatas, kamu harus tetap sesuaikan dengan kemampuanmu. Jangan sampai keputusanmu untuk kuliah di luar negeri dapat menyulitkan kamu ataupun keluargamu. Tapi, jangan khawatir! Banyak jalan menuju roma. Untuk memenuhi kebutuhan hidupmu disana, kamu bisa mencari part-time job untuk menambah uang sakumu.

 

 

Siapkan dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan

Kamu harus segera cari tahu tentang dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat masuk di universitas tersebut. Setelah kamu tahu tentang persyaratannya, kamu juga harus pahami proses atau alur pendaftarannya, agar kamu tidak keliru saat mendaftar. Salah satu dokumen yang paling untuk disiapkan untuk kuliah di luar negeri adalah visa pelajar.

 

 

Cari beasiswa

Beasiswa itu sendiri adalah pilihan dari individu masing-masing. Ada mahasiswa yang menggunakan biaya pribadi secara keseluruhan, dan ada juga yang menggunakan full-scholarship. Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri, menggunakan beasiswa sebagai solusi untuk biaya kuliah dan biaya hidup.

 

Dengan menggunakan beasiswa, kamu tidak perlu lagi khawatir akan menyulitkan kondisi ekonomi keluargamu. Banyak cara untuk mendapatkan beasiswa, bisa berasal dari pemerintah, swasta, dan juga beasiswa dari pemerintah negara tujuan.

 

 

Siapkan asuransi kesehatan

Beberapa negara akan mewajibkan kepada calon mahasiswa untuk memiliki asuransi kesehatan, seperti Australia dan Inggris. Oleh karena itu, pihak universitas biasanya memberikan rekomendasi asuransi kesehatan pada calon mahasiswa. Namun, jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dan bisa digunakan di luar negeri, maka kamu tidak perlu lagi membuat asuransi kesehatan.

 

 

Belajar budaya negara yang dituju

Tujuan dari mempelajari budaya negara yang dituju adalah supaya kamu tidak kaget atau bingung dengan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat asli negara tersebut. Hal ini juga penting agar kamu bisa berbaur dengan mereka. Namun, hal ini bukan berarti kamu harus meninggalkan budaya Indonesia. Justru kamu bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada mereka saat waktu yang tepat. Berbeda itu indah kan?

 

Artikel Terkait: Lebih Dalam Mengenal Budaya di Indonesia

  1. 5 Sanggar Tari Tradisional di Jakarta, Yuk Belajar dan Lestarikan Warisan Budaya
  2. Kenali Kekayaan Budaya Indonesia Lewat 5 Festival Unik Ini!
  3. Yuk, Berkenalan dengan Budaya Unik di Pulau Dewata

Akses Informasi yang Dapat Membantu Kamu Mencari Informasi Seputar Kuliah di Luar Negeri

Akses yang paling mudah untuk mencari informasi lengkap mengenai kuliah di luar negeri adalah dengan kita menghadiri pameran-pameran pendidikan luar negeri yang biasa dilakukan di universitas, sekolah, bahkan di pusat perbelanjaan. Kamu dapat mengulik secara lengkap tentang informasi suatu universitas.

 

Akses lain yang dapat membantu kamu dalam mencari informasi seputar kuliah di luar negeri, kamu bisa menggunakan jasa konsultan pendidikan luar negeri. Dengan menggunakan jasa konsultan, kamu dapat mengetahui informasi dari awal persiapan hingga pasca kamu sampai di negara tersebut. Konsultan tersebut akan memfasilitasi kamu dalam memperoleh fasilitas, layanan, hingga menghubungkan kamu dengan orang yang tepat untuk mengurus segala kebutuhan kuliah di negara tujuan tersebut.

 

Selamat mencoba!

 

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett