Beranda > Karier Sukses > Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi DIKTI

Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi DIKTI

Tunaiku
Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi DIKTIwatermark

TUNAIKU.COM – Disebut sebagai kota pelajar, Yogyakarta tentu memiliki kumpulan perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang amat direkomendasikan! Mulai dari perguruan tinggi negeri hingga swasta. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dibilang memiliki peringkat yang tinggi.

 

Selain kumpulan perguruan tinggi terbaik, atmosfer Yogyakarta juga sangat mendukung para mahasiswanya untuk belajar dan berkreasi. Jadi sebagai Kota Pelajar, bisa dikatakan Yogyakarta merupakan daerah dengan karakter yang komplet bagi setiap anak muda yang ingin menimba ilmu setinggi-tingginya.

 

Bagaimana? Ingin berkuliah di Yogyakarta? Simak dulu rekomendasi universitas di Yogyakarta yang saya akan sampaikan berikut ini.

 

Artikel Terkait: Universitas dan Jurusan Spesifik Terbaik di Indonesia

  1. Universitas dengan Jurusan Sejarah Terbaik di Indonesia
  2. Universitas dengan Jurusan Linguistik Terbaik di Indonesia
  3. Universitas di Indonesia dengan Jurusan Filsafat Terbaik

 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang nggak kenal UGM? Baik angkatan kakek, orang tuamu, bahkan adik-adikmu, nama UGM akan tetap dikenal. Salah satu universitas yang nggak hanya terbaik di Indonesia, melainkan juga salah satu terbaik di dunia ini.

 

Sebagai perguruan tinggi terbaik, UGM juga adalah perguruan tinggi tertua di Indonesia. Ia didirikan oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pada tanggal 19 Desember 1949, dengan berperan sebagai pengemban Pancasila dan universitas pembina.

 

Terletak di Jalan Bulaksumur, Yogyakarta, UGM memiliki beragam program studi yang bisa kamu pilih. Nggak hanya memiliki program studi yang sangat variatif, tenaga pengajar UGM juga sangat berkualitas. Doktor dan Profesor di UGM ini nggak hanya terkenal se-Indonesia, mereka juga terkenal hingga ke luar negeri, lho. Bicara soal fasilitas pendukung? Universitas Negeri terbaik se-Indonesia ini masih perlu diragukan fasilitas-fasilitas pendukungnya? Sepertinya nggak perlu.

 

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Berikutnya ada Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas negeri yang didapuk sebagai yang terbaik kedua dari 10 universitas terbaik di Yogyakarta versi DIKTI ini wajib ada di daftar calon universitas yang akan kamu pilih nanti.

 

Terletak di Jalan Colombo no. 1, Yogyakarta, UNY merupakan universitas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dengan fakultas-fakultas terbaik yang akan menaungi kamu.

 

Menjadi salah satu yang saya rekomendasikan karena universitas ini siap menuju World Class University dengan menghadirkan tenaga-tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, serta didukung oleh staf manajerial andal dan profesional. Selain itu, sarana dan pra-sarana pendukung yang lebih lengkap pun dihadirkan, seperti pusat komputer, sarana olahraga berstandar internasional, dan laboratorium penelitian yang sudah modern.

 

Atmosfer belajar di kampus ini pun juga sangat kondusif. Kampus yang dijuluki dengan The Green Campus ini memiliki lingkungan yang sangat rindang. Asik banget kalau dibuat berkontemplasi dengan materi-materi kuliah dan buku.

 

3. Universitas Sanata Dharma

Universitas berikutnya menduduki peringkat ketiga dari 10 Universitas terbaik di Yogyakarta versi DIKTI. Ya, Universitas Sanata Dharma. Universitas ini merupakan keluarga universitas Katholik di Indonesia yang terletak di Jalan Mrican Tromolpos no. 29, Yogyakarta.

 

Universitas ini didirikan oleh Prof. M. Yamin pada tahun 1950 dengan 7 fakultas terbaik, seperti:

 

  1. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Sastra
  4. Fakultas Sains dan Teknologi
  5. Fakultas Farmasi
  6. Fakultas Psikologi
  7. Fakultas Teologi

 

Universitas Sanata Dharma berkembang menjadi universitas yang hadir untuk memajukan sistem pendidikan guru dan ingin berpartisipasi dalam perluasan wawasan ilmu pengetahuan serta teknologi. Selain itu, Universitas Sanata Dharma juga mengemban visi sebagai penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat.

 

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Masih dari Universitas Terbaik di Yogyakarta versi DIKTI, berikutnya ada UMY yang menduduki peringkat keempat. Didirikan oleh Prof. Dr. Kahar Muzaki pada tanggal 1 Maret 1981 di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, UMY memiliki enam fakultas terbaik, seperti:

 

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Agama Islam
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kampus dan Jurusan Terbaik

  1. Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!
  2. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  3. Rekomendasi 9 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik di Asia

 

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Peringkat kelima datang dari Universitas yang berfokus pada seni, ISI Yogyakarta. Universitas ini didirikan pada 30 Mei 1984, yang kemudian diresmikan oleh Prof. Dr. Nugroho Notosusanto yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun ISI memiliki 3 fakultas seni, yakni:

 

  1. Fakultas Seni Pertunjukan
  2. Fakultas Seni Rupa
  3. Fakultas Seni Media Rekam

 

Universitas ini didirikan dengan mengemban misi yang bertujuan untuk menyelenggarakan bidang pengkajian, penciptaan, dan penyajian seni yang unggul. Berwawasan kebangsaan, untuk memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan falsafah Pancasila.

 

Nah, itulah lima universitas terbaik di Yogyakarta versi DIKTI yang dapat kamu pilih sebagai tujuan perguruan tinggi di Yogyakarta.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett