Beranda > Karier Sukses > Top 9 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kota Bandung

Top 9 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kota Bandung

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Top 9 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kota Bandungwatermark

TUNAIKU.COM – Setelah Yogyakarta, Bandung bisa dibilang sebagai kota terfavorit untuk bersekolah. Kotanya sejuk, orang-orangnya ramah, dan pilihan universitas/perguruan tingginya bejibun! Beberapa universitas terbaik di Indonesia ada di kota Kembang ini.

Sebagai referensi, berikut Swaraku berikan top 10 universitas terbaik & terfavorit di kota Bandung!

 

Artikel terkait: Kampus – kampus pilihan di Indonesia

  1. Ini Dia Kampus S1 dengan Jurusan Psikologi Terbaik se-Indonesia
  2. Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Biotek Terbaik di Indonesia
  3. Universitas dengan Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang resmi didirikan 2 Maret 1959, ITB sudah mencetak ribuan alumnus berkualitas. Beberapa nama yang pasti kamu kenal misalnya, Ir. Soekarno, B.J. Habibie, dan Ridwan Kamil. Selain mencetak lulusan sains dan teknologi keren, ITB baru-baru tercatat sebagai peringkat pertama produktivitas publikasi internasional bereputasi di Indonesia! Ini berarti, iklim perkuliah di ITB sangat mendukung bagi mereka yang gemar berkutat di dunia akademis. Dan tentunya, masih banyak lagi prestasi berkelas internasional yang tercatat.

 

Untukmu yang berminat ke ITB, harus siap-siap bersaing se-Indonesia. Apalagi untuk jurusan favorit dengan peminat terbanyak seperti Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), serta Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Dari 4.000an peminat, jurusan ini masing-masingnya hanya membuka kapasitas untuk kurang dari 150 orang saja.

 

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas terbaik di Bandung berikutnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia alias UPI. Sebagai kampus pendidikan, tentu saja UPI menjadi kampus favorit untuk mereka yang bercita-cita menjadi guru. Dilihat dari peminatannya, jurusan favorit di UPI adalah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Di prodi ini, mahasiswa dibekali dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, serta kompetensi sosial. Lengkap, ya?

 

Oh iya, karena menganut sistem mulitkampus, UPI ternyata memiliki enam kampus yang tersebar di dua provinsi, yaitu di Jawa Barat dan Banten. Dilihat dari klasterisasi per 2018, UPI mengantongi nilai total 2,70 yang menempatkannya di urutan ke-13 perguruan tinggi Klaster 1 di Indonesia.

 

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Selanjutnya, ada UNPAD yang menduduki peringkat 9 di klasterisasi Perguruan Tinggi 2018. UNPAD memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur Bandung dan Kampus Jatinagor, Kabupaten Sumedang. Akhir Maret lalu, baru saja dimulai pembangunan kampus baru di daerah Pangandaran. Di UNPAD, terdapat setidaknya 16 Fakultas dengan total 50 jurusan. Dengan akreditasi rata-rata A & B.

 

4. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan alias UNPAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius. Dari rilisan Kemenristek Dikti 2018, UNPAR berada di peringkat ke-35 dari 100 Perguruan Tinggi Swasa Terbaik di Indonesia. Terdapat 7 fakultas dan 15 program studi di kampus ini, dengan salah satu jurusan terfavoritnya adalahTeknik Arsitektur. Beberapa public figure yang menjadi alumni kampus ini adalah Dewi Lestari, Tulus, dan nggak tanggung-tanggung, pengacara ulung Hotman Paris!

 

5. Universitas Pasundan

Universitas Pasundan alias Unpas, merupakan perguruan tinggi terbaik peringkat ke 49 se-Indonesia versi Kemenristek Dikti. Sejak awal didirikan pada tahun 1960 hingga saat ini, Unpas mempunyai tujuh fakultas yang kesemuanya sudah terakreditasi A dan B. Kualitas yang ditawarkan Unpas memang semakin baik dari tahun ke tahun. Terbukti di tahun akademik 2018, jumlah mahasiswa baru yang diterima bahkan lebih dari target, yang semulanya 3.500 menjadi 4.080 orang. Dengan peminat terbanyak di fakultas Ilmu Seni dan Sastra Jurusan Film dan Fotografi.

 

6. Universitas Kristen Maranatha

Apakah kamu punya minat khusus terhadap kebudayaan Tiongkok? Kalau iya, maka Universitas Kristen Maranatha adalah salah satu pilihan terbaik. Pasalnya, kampus ini menyediakan pusat kebudayaan Tiongkok yang didukung langsung oleh Pemerintahan Tiongkok.Untuk bisa menjadi mahasiswa universitas peringkat ke-87 di Indonesia ini, ada tiga jalur yang bisa kamu tempuh, yaitu reguler, undangan, dan jalur prestasi. Selain tentunya ada beragam beasiswa yang bisa kamu kejar untuk membantu meringankan biaya sekolah.

 

7. Telkom University

Ini dia nih, universitas swasta terbaik di Bandung, Telkom University. Nggak tanggung-tanggung, kampus ini mengantongi tiga titel “Perguruan Tinggi Swasta Terbaik” dari tiga lembaga riset perguruan tinggi dunia bergengsi, yakni peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia versi Webometrics, Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Terpopuler versi 4ICU, dan Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta dengan produktivitas publikasi jurnal Internasional versi SCImago. Hebat ya?

 

Dua jurusan terbaik di sini adalah Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika dengan prospek kerja sebagai Analis Manajemen Bisnis; atau kamu bisa pilih Teknik Elektro untuk menjadi ahli robotik.

 

8. Universitas Islam Bandung

Kalau kamu bercita-cita berkecimpung di dunia advertising atau pertelevisian, jurusan yang paling cocok adalah Ilmu Komunikasi. Nah, salah satu kampus yang menyandang titel Fakultas Ilmu Komunikasi terbaik adalah Universitas Islam Bandung. Titel ini diberikan langsung oleh salah satu majalah marketing terpopuler di Indonesia, Mix Marketing Communications Magazine. Dilihat dari peringkat klasterisasi 2018, Universitas Islam Bandung menempati posisi ke-71.

 

9. Institut Teknologi Nasional

Pernah mendengar mobil listrik EVHERO yang ramai diperbincangkan tahun 2017 lalu? Mobil tersebut adalah produksi anak bangsa, lho. Lebih tepatnya, oleh produksi mahsiswa Institut Teknologi Nasional Fakultas. Meskipun baru seumur jagung, ternyata Kampus ini mumpuni juga menciptakan teknologi keren ya!

 

Di kampus ini, ada tiga fakultas yang tersedia, dengan total 13 program studi. Jurusan terfavoritnya adalah Teknik Industri, Teknik Lingkungan, dan Desain Interior yang sudah terakreditasi A.

 

Dari 9 nama di atas, adakah yang termasuk universitas incaranmu? Kalau benar-benar pengin menjadi mahasiswa kampus tersebut, kamu harus rajin belajar ya. Karena persaingannya pasti akan ketat banget. Terutama di kampus nomor 1.

 

Untuk informasi lebih lengkap dan detail mengenai jurusan & prodi yang ditawarkan, beasiswa, biaya kuliah, dan lain-lain segera kunjungi website masing-masing, social media-nya, atau bertanyalah langsung ke seniormu yang berkuliah di sana. Selamat berjuang!

 

Artikel terkait: Selesai kuliah di Bandung, lanjut ke luar negeri, yuk

  1. Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sana
  2. Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya
  3. Rekomendasi Kampus Music dan Performing Arts Terbaik di Dunia, Mana Pilihanmu?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett