Beranda > Karier Sukses > Jurus Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Panjang

Jurus Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Panjang

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Jurus Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Panjangwatermark

TUNAIKU.COM – Walaupun sudah lebih dari seminggu bekerja setelah libur panjang tetapi masih merasa belum move on?Nyatanya memang susah kok mengembalikan semangat usai liburan. Tubuh yang kurang bersemangat juga memengaruhi tingkat konsentrasi dalam bekerja.

Sudah mencoba berbagai cara tapi belum berhasil?Coba lagi tips yang akan saya bagikan ini agar kamu bisa kembali 100% fokus kerja dan enggak malas untuk memulai hari di kantor. 

 

Artikel terkait: Anti kendor lewat tips berikut

  1. 9 Cara Agar Selalu Produktif di Kantor, Makin Aktif dan Tambah Semangat
  2. 9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktif
  3. Tetap Produktif Meski Hanya di Rumah Saat Weekend dengan Melakukan Hal Ini

1. Mulai dengan menulis rencana kerja

Supaya nggak bingung, buat catatan kecil untuk membantumu fokus kerja di hari itu. Jangan cuma ditulis saja, kamu juga wajib mengikuti jadwal tersebut sampai jam pulang kantor. Cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan fokus kerja secara perlahan dan tanpa menyiksa diri.

Kamu juga bisa menjadikan tips ini sebagai cara mengatur fokus kerja, paling enggak beberapa minggu pasca libur panjang. Biasanya saya tulis di buku kecil khusus agar nggak tercampur dengan catatan lain. Atau kalau kamu suka dengan warna-warna cerah, pakai Post-It lalu tempelkan di dekat layer computer kamu! Supaya teteap menarik untuk dilihat, meski pun isinya jadwal kerja.

2. Tingkatkan mood lewat musik

Menurut penelitian McGill University di Montreal, musik merupakan salah satu pemicu perasaan bahagia. Reaksinya sama seperti ketika kamu sedang jatuh cinta. Untuk bisa kembali fokus kerja, memasang musik yang kamu suka bisa sangat membantu.

Mood untuk bekerja akan lebih meningkat, rasa malas bisa kamu lawan, sehingga kerja bisa lebih fokus sampai jam pulang tiba. Jangan lupa siapkan earphone agar musik kamu enggak mengganggu fokus kerja teman sebelah.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Balas email dan susun prioritas

Biasanya, kendati sudah mengaktifkan auto-reply, ada saja email yang tetap dikirim ke alamat surel. Kembali ke kantor. Berarti kamu juga harus siap untuk melihat isi kotak masuk, satu per satu. Urusan email ini terkadang memakan waktu lama, bahkan kamu bisa hanya terpusat untuk membalas email sementara masih banyak pekerjaan lainnya.

Ditambah lagi kalau untuk menjawab email tersebut kamu harus konfirmasi dulu ke tim kerja. Tips saya, balas dulu email yang sifatnya penting, susunlah prioritasnya.

Artikel terkait: intip panduan nge-trip ke pulau-pulau terindah Indonesia yuk!

  1. Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Lombok di Sini
  2. Tips Praktis Jadi Backpacker di Bali, Intip Panduan Lengkapnya!
  3. Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Sumba di Sini

4. Waktu istirahat untuk bertukar pengalaman liburan

Mengembalikan mood dan fokus kerja bisa juga kamu lakukan lewat bertukar cerita pengalaman liburan dengan teman kantor. Enggak perlu merasa pusing sendiri karena post-vacation blues juga dirasakan banyak orang, bukan cuma kamu saja.

Pengalaman berlibur teman yang bisa berkunjung ke luar negeri atau lokasi yang juga kamu idamkan bisa jadi motivasi untuk lebih semangat lagi menabung, dan tentu saja semua akan berangakat dari fokus kerja lagi.

Nah, itulah empat tips dari saya agar hari kerja pasca libur panjang tetap bisa fokus dan semangat kerja. Selamat mencoba ya!

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett