Beranda > Gaya Hidup > Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Lombok di Sini

Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Lombok di Sini

TUNAIKU
Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Lombok di Siniwatermark

TUNAIKU.COM – Wisata ke Lombok sudah jadi agenda liburan anak-anak sekolah maupun umum. Biaya keseluruhannya juga umum. Sedangkan untuk backpacker di Lombok murahnya bisa lebih dari 2 kali lipat. Berapa waktu ideal untuk backpacking ke Pulau Lombok? Menurut saya sih 3 hari 2 malam sudah cukup. Begini jadwalnya yang pernah saya terapkan.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Visa

  1. Segera Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Overstay atau Kehabisan Visa
  2. Bermacam Jenis Visa dan Ragam Kegunaannya
  3. 8 Alasan Umum Kenapa Pengajuan Visa Sering Ditolak

 

1. Hari pertama

Pada hari pertama, waktu setengah hari anggap saja dihabiskan dalam perjalanan pesawat terbang. Soalnya kalau nggak pakai pesawat, nanti nggak cepat sampai. Jadi, waktu yang tersisa masih bisa digunakan untuk nge-trip ke Senggigi dan Kota Mataram. Lebih enak lagi kalau jalan-jalan bawa motor sendiri selama 3 hari. Ada, kok, di sana.

 

Setahu saya, sewa motor selama 3 hari di Lombok itu sekitar Rp225 ribu. Hitungannya per hari Rp75 ribu. Untuk biaya makannya, cukuplah Rp50 ribu. Toh, kamu, kan, harus menghemat makan. Namun, sebelum ke tempat sewa motor, naik Damri dulu dari Bandara Lombok dengan harga Rp30 ribu. Totalnya sekitar Rp305 ribu.

 

2. Hari kedua

Berhubung hari kedua lebih longgar, tempat yang perlu dikunjungi bisa lebih banyak. Setelah persiapan selesai, langsung saja tancap gas ke Mandalika. Paling-paling hanya 1 jam. Setelah puas menjelajahi asrinya Mandalika, lanjutkan perjalanan ke Tanjung Aan. Di tempat ini ada bukit yang sangat cocok buat kamu yang hobinya foto-foto. Sebelum gelap, pulang.

 

Setidaknya, biaya makan selama perjalanan di hari kedua ini sekitar Rp60 ribu. Namun, saya dulu hanya makan 2 kali. Hitung juga BBM-nya. Paling-paling nggak sampai Rp25 ribu. Termasuk biaya untuk parkir di 2 lokasi wisata tersebut senilai Rp20 ribu. Jadi, total yang dihabiskan sekitar Rp105 ribu.

 

3. Hari ketiga

Jadi backpacker di Lombok itu seru. Pada hari terakhir, langsung saja ke air terjun. Biar pikiran lebih fresh menjelang terbang dari Lombok. Di Lombok ada 2 air terjun yang bagus. Namanya Sindanggile dan Benang Kelambu. Dulu saya ke Benang Kelambu, sebab yang paling dekat dengan penginapan. Perjalanan memakan waktu 1 jam saja.

 

Di hari ketiga ini, kamu harus packing-packing jelang ke Bandara Internasional Lombok. Oh, ya, biaya liburan ke Lombok di hari ketiga sangat murah. Soalnya cuma ke air terjun saja. Rinciannya, mulai dari makan 2 kali (pagi dan siang), tiket, dan BBM. Totalnya sekitar Rp70 ribu. Ditambah, biaya naik Damri ke Bandara sekitar Rp25 ribu.

 

4. Apa tempat penginapan yang murah di Mataram?

Itulah titik berangkat kita tadi untuk sampai ke berbagai tempat keren itu dari Mataram. Harap diingat baik-baik. Soalnya di Mataram itu banyak yang menyewakan motor selama berhari-hari. Akses ke berbagai tempat wisata juga relatif dekat. Selain agak lebih efisien, waktu untuk bersantai di penginapan juga lebih banyak.

 

Banyak kok pilihan hotel atau penginapan murah di Mataram. Ada Hart Hotel, Harwati Homestay, Hotel Pesaban, Adi Sankara Hotel, dan lain-lain. Kalau saya dulu pilih Arianz Hotel. Biaya menginap per malamnya Rp250 ribu. Fasilitasnya sangat lengkap. Tempatnya ada di J. Caturwarga Nomor 33 Mataram. Arianz ini termasuk hotel bintang 2.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Glamping

  1. 5 Tempat Seru untuk Liburan Glamping di Sekitar Yogyakarta
  2. 4 Rekomendasi Tempat Hits untuk Liburan Glamping di Sekitar Bali
  3. Rekomendasi 5 Tempat untuk Liburan Glamping di Sekitar Bandung

 

5. Tips kuliner saat liburan ke Lombok

Ini bersifat tambahan saja. Ketika kamu lapar dan bingung menu apa yang cocok, coba saja kuliner Ayam Taliwang dan Satai Rembiga. Kedua makanan ini sangat lezat dan menjadi ikon Lombok. Bahkan beberapa tempat di Jawa juga mengadopsi resep khas Lombok ini. harganya sesuai dengan rincian biaya sebelumnya, kok.

 

Jadi, berapa total biaya untuk backpacker di Lombok selama 3 hari 2 malam? Rinciannya mulai dari tiket pesawat Rp3 juta, menginap Rp500 ribu, dan biaya jalan-jalan di Lombok Rp500 ribu. Totalnya sekitar Rp4 juta. Murah, kan? Mulai sekarang silakan menabung dulu. Biar sewaktu-waktu kamu langsung meluncur ke sana.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

2 Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett