Beranda > Karier Sukses > 9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktif

9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktif

Artikel ini ditulis oleh:
9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktifwatermark

TUNAIKU.COM – Motivasi untuk karyawan wajib ada selama mereka masih berada di bawah kepemimpinanmu. Toh tips motivasi dari beberapa tokoh besar sudah bertebaran di luar sana. Tinggal putuskan, apakah kamu akan mengambilnya atau nggak. Di antara tips sebanyak itu, saya tuliskan beberapa yang terbaik untukmu.

 

Artikel terkait: Tips Berkarir Berdasarkan Zodiak

  1. Apa Saja Sifat yang Bisa Membantumu Mencapai Kesuksesan? Yuk, Simak Prediksinya Berdasarkan Bulan Kelahiran!
  2. Cari Tahu Prediksi Karier yang Cocok Berdasarkan Bulan Kelahiranmu!
  3. Mana yang Lebih Penting, Karier atau Menikah? Cek Berdasarkan Zodiak

 

1. Membuat suasana keakraban dan penuh kekeluargaan

Karyawanmu itu secara konstekstual memang sebagai tim. Tapi dengan hubungan yang terus terjalin tiap hari, bukankah rasanya seperti keluarga? Kenapa nggak dianggap keluarga saja? Selayaknya keluarga, maka kamu akan mengasihi mereka dengan lembut. Sampaikan hal ini secara langsung secara pribadi.

 

2. Pelajari ketertarikan karyawan dan dengarkan masukan

Dalam dunia bisnis, apalagi sudah skala perusahaan, kerja sama tim amat dibutuhkan daripada yang lain-lain. Untuk mencapai hal ini, dalam beberapa waktu tanyakan pada mereka, “Apa yang membuat mereka nyaman dan enggak nyaman?” Izinkan tiap karyawanmu menyampaikan pendapatnya. Dengarkan baik-baik. Baru bikin kesimpulan.

 

3. Berikan kepercayaan dan ruang berekspresi

Setiap orang pasti menyukai kebebasan yang ada pada diri sendiri. Siapa pun nggak suka dikekang dengan aturan ini-itu. Sah-sah saja, asalkan enggak keluar dari jalur utama. Tips ini hanya berguna untuk karyawanmu yang sudah bekerja lama denganmu. Istilah lainnya, mereka yang sudah “nyetel”. Sedang yang belum, terus bimbing sampai nyetel.

 1

 

Mobile Site CTA

4. Sering mengingatkan goals perusahaan

Apabila perusahaanmu dihuni oleh karyawan yang memahami tujuan terbesar dari perusahaanmu, mereka pasti akan bertambah semangat. Terutama untuk mereka yang memiliki jiwa berkompetisi yang bagus. Tunjukkan pada mereka bagaimana cara berkontribusi dan mencapai tujuan terbesar itu. Beri mereka tugas yang membuatnya maju.

 

5. Rajin motivasi dan memberikan afirmasi positif

Sering lihat ban kempis? Apa yang terjadi ketika ban kempis total? Secara otomatis kendaraan enggak bisa jalan. Begitu pula dengan yang ada di kantor perusahaanmu. Perbanyak asupan tips motivasi karyawan agar bisnismu selalu lancar. Cara terbaik untuk membuat mereka antusias adalah dengan membuatmu jauh lebih semangat dari mereka.

 

6. Tuliskan tujuan yang lebih kecil setiap pekan

Tadi kita sudah membahas tujuan terbesar, tapi itu hanya bisa disampaikan dalam momen tertentu. Sedangkan per pekannya, sampaikan tujuan yang lebih kecil. Seenggaknya hal-hal yang bisa membuat mereka maju, meskipun porsinya lebih kecil. Ketika banyak tujuan kecil yang tercapai, enggak ada salahnya untuk menggelar pesta atau hal menyenangkan lainnya.

 

7. Tunjukkan rasa percaya kepada karyawan

Kepercayaan antara karyawan denganmu sangat penting untuk dijaga semaksimal mungkin. Jangan sampai ada kesalahpahaman di antara kamu dan karyawanmu. Tunjukkan kalau kamu memang mempercayai mereka lebih dari apa pun. Dengan ini, mereka pun akan melakukan hal yang terbaik untukmu dan jarang mengecewakanmu.

 

8. Sesekali mengajak untuk bersantai di luar kantor

Suasana di kantor pasti menegangkan kalau hanya diisi dengan tugas, tujuan, dan hal-hal membosankan lainnya. Jadikanlah kantor sebagai rumah sendiri untuk mereka. Misalnya tiap akhir pekan ada acara bersama dengan agenda nonton film bioskop bareng. Bisa pula pergi ke pantai dan bermalam di sana dengan menggelar arena berkemah. Pasti seru.

 

Artikel terkait: Tips Karir untuk Fresh Graduate

  1. 5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate
  2. Berdasarkan LinkedIn, Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari FreshGrad Tahun 2018
  3. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!

 

9. Memberikan jaminan perlindungan hukum

Kalau kamu memang memprioritaskan karyawanmu, maka berikanlah perlindungan hukum untuknya. Selama mereka bertindak benar. Jadi, saat mereka tersandung masalah, kamu bisa jadi perisai yang tangguh untuk mereka. Amat riskan saat karyawanmu bertindak benar, tapi dihukum. Bukan saja namanya yang tercoreng, perusahaanmu juga akan terbawa.

 

Inti dari tips motivasi karyawan di atas hanya satu, yakni cara-cara yang tepat untuk membuat karyawanmu nyaman bekerja denganmu. Bekerja bukan soal uang, tapi lebih daripada itu. Hubungan yang baik akan menghasilkan tujuan yang baik. Jaga terus selagi kamu masih memiliki tujuan tertentu untuk membuat perusahaanmu maju.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett