Beranda > Karier Sukses > Jangan Pernah Membawa Pekerjaan Kantormu ke Rumah, Ini Alasannya

Jangan Pernah Membawa Pekerjaan Kantormu ke Rumah, Ini Alasannya

TimotiusTimotius
Jangan Pernah Membawa Pekerjaan Kantormu ke Rumah, Ini Alasannyawatermark

TUNAIKU.COM – Ketika saya masih bekerja kantoran, saya paling benci saat-saat di mana kantor saya terkena gangguan teknis seperti mati listrik atau banjir. Karena, atasan saya akan meliburkan kantor dan menyuruh karyawannya untuk bekerja di rumah. Sebetulnya nggak ada yang salah dengan hal ini, namun saya kurang terbiasa untuk membawa pekerjaan saya ke rumah, apalagi kalau data-data yang saya perlukan ada di kantor. Maka, saya memilih lembur untuk menyelesaikan pekerjaan saya di kantor, barulah saya bisa pulang bekerja dengan tenang.

 

Selain itu, banyak konsekuensi dan dampak negatif yang akan kamu dapatkan jika kamu sering membawa pulang pekerjaan kantormu ke rumah. Apa sajakah itu? Mari simak penuturannya!

 

1. Otakmu jadi sulit beristirahat

Coba kamu pikirkan, kamu menghabiskan sebagian besar waktumu dengan bekerja, rata-rata dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dikurangi dengan waktu istirahat makan siang satu jam. Idealnya, setelah pulang bekerja kamu harus makan malam dan segera beristirahat agar esok harinya kamu bisa kembali produktif. Tetapi, jika setelah pulang kantor kamu masih membawa pekerjaanmu ke rumah, waktu istirahatmu akan banyak berkurang, sehingga pada akhirnya akan menyebabkan kamu kurang produktif esok hari. Mungkin satu atau dua hari masih bisa ditoleransi, namun jika hal ini terus berkelanjutan, hal terburuk yang bisa terjadi padamu adalah kamu bisa jatuh sakit.

 

Artikel terkait: Tips-tips supaya tetap produktif dalam bekerja!

  1. 5 Langkah Lebih Produktif dalam Bekerja
  2. Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya…
  3. Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerja

 

2. Pekerjaanmu nggak akan maksimal

Dengan membawa pulang pekerjaanmu, secara otomatis produktivitasmu juga akan menurun drastis. Selain karena kurang istirahat seperti pada poin sebelumnya, banyaknya gangguan atau distraksi di rumahmu akan membuat kamu semakin sulit untuk konsentrasi. Contoh yang paling sederhana adalah adanya tamu yang berkunjung ke rumah, anak yang rewel, atau pekerjaan rumah yang juga harus kamu kerjakan.

 

3. Kamu perlu mengeluarkan uang ekstra

Keuntungan jika kamu bekerja di kantor adalah kantormu menyediakan banyak fasilitas atau infrastruktur memadai untuk membantu produktivitasmu dalam bekerja. Contohnya adalah printer, wi-fi, dan telepon. Apabila kamu mengerjakan dari rumah, kamu akan mendapatkan kesulitan untuk mencetak (print) hasil kerjamu, kamu harus membeli paket data lebih untuk bisa tetap terkoneksi dengan internet, dan juga kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli pulsa agar tetap bisa menelpon.

 

4. Komunikasi terganggu

Kemajuan teknologi pada bidang komunikasi memang membuat kamu dengan mudahnya bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui chat atau video call, nggak terkecuali dengan bos dan rekan kerjamu, sehingga memudahkanmu untuk menyelesaikan pekerjaanmu meski berada di luar kantor. Tetapi, sejujurnya kemajuan teknologi tersebut tetap saja nggak bisa menggantikan fungsi tatap muka dengan rekan kerja dan atasanmu secara langsung, lho! Hal itu menyebabkan mudahnya terjadi kesalahmengertian atau salah persepsi ketika kamu bekerja di rumah.

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit online, tips diet paling mudah, tips diet

5. Mengganggu waktu dengan keluarga

Nah, ini dia yang paling penting. Kerugian utama jika kamu membawa pulang pekerjaanmu ke rumah adalah akan mengganggu quality time dengan keluarga. Pekerjaanmu memang penting, tapi bukan berarti harus mengambil alih seluruh waktumu, apalagi waktumu dengan keluarga. Banyak hal yang perlu diperhatikan di rumahmu, apalagi jika kamu sudah mulai berkeluarga. Keadaan rumah, perkembangan anak, hubungan dengan orang tua, dan kedekatan dengan pasangan, itu semua tetap harus berjalan dengan baik. Coba bayangkan, apabila kamu diberhentikan atau mengajukan resign dari kantormu, kantormu dengan segera dapat mencari orang lain untuk menggantikan tugasmu, tetapi keluargamu nggak akan pernah bisa tergantikan posisinya oleh siapapun.

 

Artikel terkait: Rekomenasi liburan bareng keluarga untuk kamu yang suntuk bekerja

  1. 7 Rekomendasi Glamping Seru Bareng Keluarga di Akhir Pekan
  2. 5 Ide Liburan Anak Hemat di Akhir Pekan, Kamu Pilih yang Mana?
  3. Ingin Liburan ke Yogyakarta? Ini Rekomendasi 7 Hotel Pilihan yang Pas untuk Keluarga!

 

Maka kesimpulannya, janganlah kamu sering-sering membawa pekerjaan kantormu ke rumah, lebih baik kamu menyelesaikannya dengan cara lembur di kantor supaya pekerjaanmu dapat selesai dengan lebih efektif. Apabila menurutmu pekerjaanmu terlalu berat dan nggak mungkin diselesaikan oleh kamu sendirian, mungkin kamu bisa berkonsultasi dengan atasanmu untuk bisa membagi tugasnya dengan rekan yang lain.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett