Beranda > Gaya Hidup > 5 Ide Liburan Anak Hemat di Akhir Pekan, Kamu Pilih yang Mana?

5 Ide Liburan Anak Hemat di Akhir Pekan, Kamu Pilih yang Mana?

5 Ide Liburan Anak Hemat di Akhir Pekan, Kamu Pilih yang Mana?watermark

TUNAIKU.COMMungkin nggak, ya, liburan bareng anak tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya?

 

Maklum, untuk rencana masa depan, saya sedang dalam misi hidup super ngirit. Jadi, nggak bisa sering-sering ajak adik nge-game, makan di luar, atau pergi ke tempat wisata. Pun itu sebabnya, saya suka cari ide liburan hemat di sekitar rumah.

 

Nah, buat kamu yang sudah memiliki anak, ada kalanya sering kebingungan mengisi akhir pekan. Makanya, pasti tertarik dong untuk liburan hemat bareng anak tanpa perlu jauh-jauh ke luar kota atau negeri?

 

Buktinya, ada banyak ide liburan yang bisa dilakukan–kalau kamu mau melihat liburan sekitar. Tentu saja, nggak perlu beranjak jauh-jauh dari rumah. Sebagai rekomendasi, yuk, simak 5 ide liburan hemat dengan anak di akhir pekan!

 

Artikel Terkait: Hobi dan Bisnis

  1. 10 Jenis Pekerjaan yang Bisa Bawa Kamu Jalan-jalan ke Berbagai Tempat
  2. Dengan Modal Sedikit, Kita Bisa Mulai Bisnis Mainan Anak yang Potensial
  3. 5 Jenis Tanaman Rumah yang Bermanfaat Bahkan Bisa Dijadikan Bisnis

 

1. Kemah di halaman rumah

Inilah ide liburan yang bisa mengasah kemandirian dan kerja tim si buah hati! Sekali waktu, coba, deh, ajak mereka kemah. Nggak perlu jauh-jauh ke bumi perkemahan atau gunung. Toh, kamu bisa, kok, memanfaatkan halaman rumah sebagai area kemah.

Ajak keponakan atau teman main si kecil untuk gabung kemah bersama di halaman rumah. Keuntungannya banyak. Kamu nggak perlu bayar sewa tempat, transportasi, hingga bisa dengan leluasa mengawasi anak. Oh ya, satu lagi, kamu juga bisa mengajarkan beberapa keterampilan hidup, lho.

Ajarkan cara memasang tenda, menggelar tikar, dan mempersiapkan makanan. Wah, si kecil pasti akan lebih terampil dan lebih cakap dalam bersosialisasi.

 

2. Movie Date di dengan kostum

Coba kamu cek koleksi DVD, adakah film yang cocok untuk anak-anak? Nah, jika ada, kamu bisa menjadikan rumahmu sebagai movie theater dadakan. Kamu bisa mempersiapkan movie date dengan si kecil.

Siapkan camilan seperti popcorn atau  kudapan lain yang disukai oleh si kecil. Dengan begitu, si kecil akan lebih betah untuk movie date di rumah. Agar makin seru, siapkan kostum lucu yang bisa dipakai saat nonton film. Jika perlu, kamu juga bisa menyiapkan kostum yang sesuai dengan karakter dalam film.

Dijamin si kecil makin betah nonton filmnya. Namun, pastikan aktivitas menonton film ini ada batasan waktum ya. Takutnya, si kecil kebablasan.

 

3. Memasak bersama

Meski terlihat sederhana dan jarang terpikirkan, tetapi memasak bersama bisa jadi aktivitas mengisi liburan yang menyenangkan. Kamu bisa mengajari si kecil bagaimana mengolah makanan. Misalnya, bagaimana proses mencuci sayuran yang benar, cara memotong, hingga mengolahnya.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui bagaimana proses mengolah makanan sebelum dimasak hingga disajikan di atas meja. Siapa tahu dengan mengetahui proses memasak ini, si kecil nggak akan lagi membuang-buang makanan. Minimal, kamu bisa mengenalkan makanan sehat pada si buah hati.

Agar makin betah memasak, kamu bisa menyiapkan cetakan berbentuk binatang atau bentuk lain yang lucu-lucu. Nantinya, mereka bisa menggunakannya untuk mencetak sayuran, kue hingga agar-agar. Dijamin bakal seru abis!

 

4. Olahraga di Car Free Day

Mau liburan sekaligus olahraga? Jawabannya adalah car free day. Nggak hanya olahraga, aktivitas ini pun nggak dipungut biaya atau gratis! Kamu bisa mengajak si kecil untuk sepedaan atau joging bareng sekeluarga.

Nantinya, kamu bisa mengenalkan beberapa lokasi yang dilewati saat car free day. Seperti gedung bersejarah hingga hal-hal yang nggak terduga lainnya yang ditemukan di car free day. Setelah olahraga, kamu sekeluarga bisa sarapan bareng di sana. Sesekali makan di luar nggak apa-apa, kan?  

 

Artikel Terkait: Tips untuk Pasangan!

  1. Pacaran LDR Bikin Boros, Bagaimana Menyiasatinya?
  2. Realistis, Cinta Juga Butuh Materi, Hindari 5 Kesalahan Ini!
  3. Bikin Bisnis bareng Pacar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Waspadai

 

5. Berkebun di rumah

Kini, lagi marak kelas berkebun untuk anak-anak. Namun, kamu nggak perlu repot-repot mengirim si kecil untuk ikutan kelas berkebun. Coba saja berkebun bareng di rumah. Hitung-hitung bisa mempercantik halaman rumah, kan?

Kamu bisa menyiapkan beberapa barang bekas seperti bungkus deterjen, botol, ember atau kaleng bekas. Agar menarik minat si kecil, ajak mereka untuk memoles pot bekas tersebut. Misalnya, dengan mengecat ulang kaleng bekas dengan warna-warna yang menarik mata.

Sesudahnya, kamu bisa mengenalkan cara bercocok tanam. Seperti, apa itu media tanam, kenalkan beberapa jenis tanaman sayur atau buah, hingga bagaimana cara menyiramnya. Dengan aktivitas ini, si kecil akan tahu bagaimana cara mencintai lingkungan dan alam.

Saya pun sering banget mengajak adik dan anak tetangga untuk berkebun bareng di rumah. Hasilnya, adik sudah tahu seluk beluk hidroponik dan lebih tertarik untuk menjaga kelestarian alam.

 

Nah, setelah baca-baca 5 ide liburan di atas, adakah yang menarik bagimu? Liburan di akhir pekan nggak perlu mengeluarkan banyak biaya. Satu lagi, kamu pun bisa melakukannya tanpa perlu jauh-jauh dari rumah! Semoga si kecil bisa menikmati liburan di rumah, ya.

 

pinjaman tunaiku

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett