Beranda > Karier Sukses > Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerja

Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerja

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerjawatermark

 

TUNAIKU.COM – Memang, ada beberapa orang yang enggak bisa kerja kalau mejanya enggak berantakan, salah satunya saya. Tapi saya juga mengakui kalau kecenderungan yang seperti ini memang bukan sesuatu yang biasa.

 

Normalnya, seseorang enggak bisa bekerja kalau mejanya berantakan. Seandainya pun masih bisa bekerja, sedikit banyak pasti berpengaruh negatif pada suasana hatinya. Dan suasana hati ini akan berpengaruh kepada produktivitas kerja orang tersebut.

 

Selain itu, meja kerja yang berantakan juga biasanya akan mematikan kreativitasmu.

 

Kamu enggak mau kan ketika inspirasi atau motivasi datang, bukannya langsung menuangkan apa yang ada di pikiranmu, kamu harus mencari dulu alat yang bisa kamu gunakan untuk menuangkan idemu barusan.

 

Kalau jawabannya enggak mau, berikut ini ada beberapa tips untuk membuat meja kerjamu rapi yang bisa kamu ikuti.

 

1. Buat kotak suratmu.

Memang, sekarang sudah jamannya e-mail dan kotak surat online-nya. Seandainya pun surat fisik masih suka kamu dapatkan, paling berapa banyak sih? Tapi tetap saja, kamu harus memiliki kotak surat offline-mu sendiri. Kenapa? Karena walalupun jumlahnya enggak terlalu banyak, amplop surat yang berserakan di meja kantormu akan membuat mejamu terlihat jauh lebih berantakan dari yang sebenarnya.

 

Artikel terkait: Buat kamu para pekerja kantoran

  1. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  2. Atasi Pegal? Ini 10 Gerakan Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor
  3. Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan

 

2. Tempat sampah yang terjangkau

Kalau kamu perlu berdiri dari kursimu untuk membuang sampah, itu sudah terlalu jauh. Siapkanlah tempat sampah di dekat meja kantormu yang bisa kamu raih tanpa perlu berdiri dari kursi. Jangan diakali jauhnya tempat sampah dengan melempar sampahnya ya.

 

3. Bersihkan kertas yang enggak perlu

Minimalisir kertas yang datang ke mejamu seminim mungkin. Eliminasi segala kertas yang sebenarnya enggak perlu-perlu amat. Memo, laporan, kertas apapun yang enggak ada hubungannya dengan pekerjaan kamu, segera singkirkan. Kalau bisa diberikan dalam format online, lebih baik minta dikirim ke e-mail kamu saja.

 

4. Punya jadwal rutin membersihkan

Semakin lama rentang waktu kamu merapikan meja kantormu, semakin lama juga durasi waktu kamu merapikannya. Waktu yang kamu butuhkan untuk merapikan mejamu jika kamu membersihkannya sebulan sekali tentu akan berbeda dengan meja yang dirapikan seminggu sekali, apalagi setiap hari. Buat jadwal rutinmu membersihkan meja kantormu.

 

5. Langsung buang sampahmu

Entah itu kertas yang sudah enggak terpakai ataupun bungkus makanan, jangan mengulur waktu untuk membuangnya. Biasakan langsung membuang sampah yang kamu lihat di mejamu. Biasanya kalau kamu biarkan dulu di meja, yang ada kamu akan lupa dan jadi menumpuk.

 

6. Kalau ragu, buang saja

Kemungkinan besar, kamu enggak akan menggunakan kertas yang kamu tumpuk di mejamu untuk sewaktu-waktu dipakai. Kalau kamu sampai tahap di mana kamu ragu untuk membuangnya atau enggak, buang saja. Kalaupun kamu memang harus menyimpan kertas di mejamu untuk jaga-jaga, pastiin kamu simpan kertas itu di map atau sejenisnya, agar enggak berserakan ke mana-mana.

 

Artikel terkait: Gaya hidup yang sehat perlu. Lho!

  1. Ragam Olahraga yang Bisa Pekerja Kantoran Lakukan Sembari Bekerja
  2. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  3. Sebagai Pekerja, Kenapa Kita Merasa Selalu Sibuk dan Tak Punya Waktu untuk Santai?

7. Scan saja

Keberadaan kertas atau hard copy ini memang benar-benar menghabiskan ruang di meja kerjamu. Karena itu, sebisa mungkin ubah saja ke  dalam format PDF atau soft copy. Banyak kok aplikasi gratis di handphone yang bisa membantumu mengubahnya.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman online, amar bank indonesia

8. Rapikan langsung sebelum pergi

Cara paling efektif dan aman untuk tetap menjaga kerapian meja kerjamu adalah dengan merapikannya sebelum kamu pergi, bahkan saat mau jam istirahat sekalipun kalau perlu.

 

Kalau tiba-tiba bosmu melakukan inspeksi ke meja kerjamu, apakah kira-kira kamu tenang dengan kerapiannya? Kalau enggak, langsung rapikan. Selain menjagamu dari penilaian buruk si bos, kamu juga enak memulai pekerjaan di keesokan harinya.

 

Berikut tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk menjaga kerapian mejamu. Jangan malas ya membersihkan mejamu, ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett