Beranda > Karier Sukses > Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya…

Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya…

TimotiusTimotius
Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya…watermark

TUNAIKU.COM – Menjadi seorang penulis lepas, saya memiliki banyak syarat supaya saya bisa menyelesaikan tugas-tugas artikel saya dengan optimal. Saya membutuhkan suasana yang tenang, AC yang dingin, internet yang kencang, dan kursi yang empuk. Jika salah satu dari hal tersebut tidak terpenuhi, alhasil konsentrasi kerja saya akan menurun, sehingga saya lebih memilih untuk mencari tempat lain untuk bekerja.

 

Artikel terkait: Supaya kamu tetap terus produktif

  1. Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!
  2. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Kamu Tetap Produktif Saat Musim Penghujan!
  3. Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini di Pagi Hari Agar Kamu Lebih Produktif!

 

Apa yang saya alami mungkin salah satu contoh bentuk dari gangguan dalam tempat kerja, namun kamu harus menyadari bahwa berbagai gangguan tersebut haruslah kamu atasi dengan cepat supaya kamu tetap produktif, apalagi jika gangguan ini muncul dari diri kamu sendiri. Kira-kira apa saja kebiasaan-kebiasaan yang membuatmu tidak produktif? Berikut penuturannya.

 

1. Terlalu sering mengecek ponsel

Saya mengakui, saya memiliki ketergantungan pada smartphone. Rasanya kurang puas apabila saya belum selesai melihat kabar terbaru keluarga dan teman saya di Whatsapp, Line, dan Instagram. Sistem media sosial yang aktual ini juga membuat saya tergoda untuk terus menerus melihatnya. Namun saya sadar bahwa ketika bekerja, kebiasaan ini akan menurunkan tingkat produktivitas kerja sangat drastis. Jadi, lebih baik kamu masukan ponselmu ke dalam tas ketika kamu bekerja. Saat pekerjaanmu sudah selesai, barulah kamu mengecek kabar terbaru di ponselmu.

 

2. Multitasking

Kebiasaan multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan pada waktu yang sama sebenarnya bukan kebiasaan yang baik jika kamu belum terbiasa melakukannya. Pasalnya, pekerjaan yang seharusnya dapat kamu selesaikan satu demi satu, ujung-ujungnya jadi tidak terselesaikan semuanya. Lebih baik kamu dengan jujur dan menyelesaikan tugas prioritasmu.

 

3. Sering menunda pekerjaan

Salah satu kebiasaan buruk yang saya miliki juga adalah saya sangat sering menunda pekerjaan. Ketika saya masih menyelesaikan studi strata pertama, saya baru mendapatkan inspirasi dan niat untuk menyelesaikan tugas-tugas saya pada waktu satu hari sebelum batas terakhir pengumpulan tugas. Namun ketika saya memasuki semester akhir yaitu saat penyusunan skripsi, saya sadar bahwa tugas ini tidak akan selesai jika baru dikerjakan satu atau dua malam sebelumnya. Akhirnya, saya mulai belajar untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu masih sering menunda pekerjaan?

 

Artikel terkait: Kebiasaan penghalang kesuksesan

  1. 8 Kebiasaan yang Harus Kamu Hilangkan Jika Ingin Sukses
  2. 8 Hal Ini Memang Enggak Nyaman Dilakukan, Tapi Bisa Bikin Kamu Tambah Sukses!
  3. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu

 

4. Meja kerja yang berantakan

Sadarkah kamu kalau suasana dan peralatan kerja yang berantakan dapat membuatmu nggak fokus dan produktif dalam bekerja? Contoh yang paling mudah adalah ketika kamu lupa menaruh suatu dokumen atau laporan sehingga tercecer, dan hal itu membuat kamu harus membongkar seluruh isi amplop dan dokumenmu. Atau ketika kamu mengerjakan dengan komputer, kamu menyimpan file dokumenmu dengan sembarangan dan tidak pada folder yang seharusnya, itu akan menyulitkanmu ketika kamu membutuhkan file dokumen tersebut di kemudian hari. Jadi, lebih baik kamu meluangkan sedikit waktu untuk membereskan meja kerjamu dan bekerja dengan rapi dalam menyimpan file dokumenmu.

 

5. Stop, membandingkan dirimu dengan orang lain

Ketahuilah bahwa masing-masing orang tak terkecuali rekan kerjamu, memiliki kelebihan dan talenta yang berbeda-beda sehingga nggak sepantasnya kamu iri dan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Rekan kerjamu mungkin dapat menyelesaikan laporan dalam waktu yang lebih cepat darimu, dan mungkin mereka memiliki pengalaman lebih pada suatu aspek dibandingkan dengan dirimu. Namun, jika kamu hanya berfokus pada kekurangan dirimu, pekerjaanmu tidak akan selesai, bukan? Hasilnya pun tidak akan baik. Jadi jangan dibiasakan untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

ajukan pinjaman

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett