Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Etika Berpakaian buat Anak Magang agar Atasan Terkesan

Ini Dia Etika Berpakaian buat Anak Magang agar Atasan Terkesan

TUNAIKU
Ini Dia Etika Berpakaian buat Anak Magang agar Atasan Terkesanwatermark

TUNAIKU.COM – Seorang dengan harga diri yang tinggi pasti memerhatikan penampilan dirinya. Karakter seperti ini amat berguna ketika kamu masih jadi anak baru atau magang di sebuah perusahaan. Saya punya beberapa tips kerja untuk anak magang, terutama dalam hal etika berpakaian untuk membuat siapa pun terkesan. Terutama untuk atasan di tempat kerja.

 

Artikel terkait: tips jadi pekerja profesional di berbagai bidang

  1. 9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Muda
  2. 4 Tips Sukses Jadi Interior Designer yang Profesional
  3. 5 Tips Sukses Jadi Pengacara Profesional yang Banyak Dibutuhkan

 

Rambut selalu rapi dan make up natural

Baik laki-laki ataupun perempuan, rambut itu selalu jadi penghias tersendiri. Sementara wajah adalah identitasnya. Selama berada di posisi magang, kedua hal tersebut enggak luput dari perhatian atasan ataupun orang yang dipercaya untuk menyeleksi. Untuk laki-laki, sisirlah rambut dengan rapi. Pakai minyak rambut yang bisa bikin hasil sisiran bertahan.

 

Untuk perempuan lebih kompleks lagi. Apabila kamu berhijab, pakailah dengan rapi dan anggun. Begitu pula riasannya. Jangan sampai tampak berlebihan, nanti malah terkesan kayak badut yang lagi nyari panggung di depan anak-anak. Natural saja. Bedaknya yang tipis, asalkan mampu membawa identitas dirimu yang sesungguhnya.

 

Pakai sepatu sesuai dengan adat perusahaan

Kenapa saya katakan adat? Sebab ketentuannya bisa jadi turun-temurun karena sudah menjadi bagian dari karakter perusahaan tersebut. Jadilah pekerja yang baik dan selau berhasil memenuhi ekspektasi dari segi hasil kerja maupun penampilan. Setiap harinya usahakan selalu pakai sepatu yang bersih dan terjaga dari bentuk kotoran apa pun.

 

Kamu juga wajib memiliki kaus kaki lebih dari dua pasang. Kenapa? Hal-hal yang di luar prediksi bisa saja terjadi. Misalnya suatu hari di kotamu hujan lebat. Mau enggak mau, air masuk ke sepatu dan membasahi kausnya saat mau naik mikrolet. Kemudian kamu enggak punya gantinya. Bagaimana hasilnya? Esok hari ruangan penuh dengan bau kaus kakimu.

 

Kenakan pakaian sesuai dengan standar perusahaan

Pada umumnya, seorang anak magang itu hanya diperkenankan memakai baju putih dan celana atau rok hitam. Sedangkan sepatunya itu pantofel. Apabila di perusahaan tempatmu magang mewajibkan dress code ini maka kamu wajib untuk mematuhinya. Jangan sampai berangkat kerja dengan memakai baju batik, kemeja biasa, ataupun baju pesta hanya karena kamu menginginkannya.

 

Kalau enggak sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan, terindikasi bahwa kamu kurang serius. Alasan perusahaan membedakan pakaian anak magang dan karyawan tetap itu supaya mudah dikenali. Selain itu, biar mereka mudah menilaimu apabila perusahaan mempekerjakan banyak tenaga kerja. Jadi saya harap patuhi standar ketentuannya, ya.

 

Pakai warna pakaian yang netral dan kalem

Di samping itu, ada pula perusahaan yang enggak memberi ketentuan harus pakai kemeja putih dan celana hitam. Bebas saja. Nah, berhubung ini bebas, maka sebaiknya kamu harus lebih kreatif dalam berpakaian. Sebelum berangkat kerja, seterika dulu hingga licin. Beri pengharum pada baju dengan aroma alami dan enggak menyengat.

 

Kemudian pakai busana dengan warna yang kalem ataupun netral. Jangan yang terlalu mencolok seperti merah menyala ataupun oranye terang. Pakai warna seperti kelabu, putih, atau biru dongker. Bisa pula dengan mengenakan pakaian formal. Misalnya untuk wanita itu pakai blazer dengan balutan kaus di dalam. Saya kira itu yang biasa dipakai para pekerja.

 

Artikel terkait: cara untuk memotivasimu agar semangat dalam karier

  1. Ini Dia Film Seputar Karier yang Bisa Memotivasimu
  2. Pentingnya Afirmasi Diri dalam Perkembangan Kariermu
  3. 5 Buku Enterpreunership yang Wajib Dibaca untuk Menunjang Karir

 

Kenakan pakaian yang tertutup atau minimal Enggak terbuka

Bagian yang terbuka sebaiknya di kerah saja. Bukan yang lain. Kalau bisa, pilih pakaian yang berlengan panjang. Mungkin kamu ingin memberi kesan seksi, centil, nakal, agar atasan menerimamu karena itu. Bisa jadi menarik untuk atasan, tapi bisa jadi pekerja di kantormu merasa risi. Atasan pun akan lebih memprioritaskan kenyamanan di antara para pekerjanya.

 

Cobalah untuk selalu berpikir ke depan. Jejak dari pekerjaanmu ini bukan hanya berlaku untuk sekarang, tetapi jauh di masa yang akan datang. Ketika kamu sudah melakukan tips kerja untuk anak magang dengan sebaik-baiknya, saya angkat topi. Saya yakin, saat ternyata enggak diterima maka di luar sana ada ribuan perusahaan telah menunggumu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett