Beranda > Karier Sukses > Pentingnya Afirmasi Diri dalam Perkembangan Kariermu

Pentingnya Afirmasi Diri dalam Perkembangan Kariermu

SWARA TUNAIKUSwara
Pentingnya Afirmasi Diri dalam Perkembangan Kariermuwatermark

TUNAIKU.COM – Pernahkah merasa kalah dalam perjalanan karier? Coba tengok dulu apa saja yang ada dalam isi pikiranmu saat itu. Apakah kata-kata yang membentuk tindakanmu sehari-hari itu berantakan atau tersusun bagus. Inilah kenapa saya selalu menganggap afirmasi diri dalam karier itu sangat penting. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang afirmasi, baca ini dulu.

 

Artikel Terkait: Tips Agar Produktif Ketika Bekerja di Rumah

  1. 7 Cara Produktif Bekerja dari Rumah
  2. Bekerja dari Rumah, Lebih Produktif atau Menghambat Kesuksesan?
  3. 9 Tips Motivasi Karyawan Bikin Makin Semangat dan Produktif

 

1. Apa itu afirmasi?

Afirmasi merupakan kalimat dasar yang bisa membentuk perasaan positif. Bukankah setiap tindakan itu memiliki landasan perasaan yang kuat? Ide tanpa motivasi hanya akan jadi angan-angan. Di sinilah afirmasi berperan penting, terutama ketika diri kita mengalami krisis motivasi yang akut. Untuk kembali ke titik ideal, kamu harus menemukan kuncinya.

 

Efeknya yang ditimbulkan bukan hanya untuk kesadaranmu saja, tetapi juga membentuk bawah sadarmu. Soalnya banyak yang kalah dalam hidup ini gara-gara kekenyangan dengan sugesti negatif. Alam bawah sadar selalu membentuk apa yang biasa disebut dengan “serba otomatis”. Untuk mencapainya, kamu harus menanamkan afirmasi berulang-ulang.

 

2. Mengapa afirmasi itu penting dalam membangun karier?

Saya ibaratkan dengan benda bergerak dulu. Setiap benda yang bisa bergerak itu selalu memiliki pendorong. Ada mobil yang bisa bergerak karena sopir menyalakan mesin dan mesin menyala adanya BBM. Semuanya bersinergi dalam satu benda dan ruang yang disebut dengan mobil. Begitupun apa yang ada pada manusia.

 

Penggerak tubuh manusia adalah pikiran, sedangkan yang menguatkan tindakan tersebut dalam emosi. Sering kali, pikiran itu kalah dengan emosi. Afirmasi ini bertujuan untuk membangun emosi baik dalam tubuh. Ketika diterapkan dalam dunia karier, tubuh akan mengikuti pikiran positif ke mana pun kita pergi. Jadi, ketika gagal, kita jadi mudah bangkit.

 

3. Bagaimana langkah pertama untuk menerapkan afirmasi?

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai afirmasi diri dalam karier yaitu pahamilah kata-kata. Pahami, bahwa setiap menit, bahkan detik, kamu selalu berbicara dengan diri sendiri. Kira-kira yang bicara dalam tubuh kita itu siapa? Siapa lagi kalau bukan pikiran. Jadi, tubuh kita itu sebenarnya digerakkan oleh dia.

 

Setiap kali kita melakukan sesuatu, pasti ada kata-kata dalam pikiran yang memulainya lebih dulu. Pahami hal itu dulu. Rasakan secara mendalam, kalau perlu dengan menutup mata agar kata-katanya bisa terdengar dengan jelas. Ketika sudah sering melakukan hal ini, kamu akan mudah menanamkan afirmasi model apa pun.

 

4. Bagaimana langkah konkret untuk membiasakan diri untuk berafirmasi?

Gampang sebenarnya. Kamu ada kertas dan pulpen di sebelahmu? Ambillah, kalau nggak ada, ambil smartphone juga boleh. Asalkan ada media sebagai tempat untuk mencatat afirmasi yang ingin diterapkan. Tulis semua masalah yang selama ini memberatkan pikiran dan hatimu. Semuanya harus ditulis dengan detail.

 

Kemudian kalau sudah selesai, pecahkan masalah tersebut dengan langkah-langkah tepat agar tuntas. Di sinilah keyakinan bekerja. Untuk menyelesaikan masalah, kamu harus yakin dengan diri sendiri secara bulat bahwa kamu bisa menyelesaikannya. Yakin 100% dan nggak bisa diganggu-gugat. Setelah selesai dan tenang, barulah mulai berafirmasi.

 

Artikel Terkait: Cara untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

  1. Lakukan 7 Cara Ini untuk Bangkit Kembali Setelah Gagal Mendapat Pekerjaan Impian
  2. Selalu Ingat 7 Tips Penting Ini Agar Survive di Pekerjaan Pertamamu
  3. Lakukan 11 Hal Ini Ketika Pekerjaan Impian Ternyata Berbeda Dari Harapan

 

5. Lakukan afirmasi setiap waktu

Mengapa saya nggak bilang setiap hari? Waktu dalam sehari itu terlalu lama. Sedangkan waktu itu memiliki persamaan dengan detik dalam hidup kita. Bukankah kata-kata dalam pikiran kita hampir muncul tiap detik? Kendalikan dengan waktu yang sama. Contoh afirmasi yang paling sederhana antara lain, “aku yakin bisa menyelesaikannya sekarang juga”.

 

Ketika afirmasi diri dalam karier diterapkan secara berulang tiap waktu, kebiasaan positif akan berkembang dalam tubuh kita. Bahkan afirmasi juga sangat berguna untuk mengangkat diri dari berbagai kecanduan. Misalnya kecanduan narkoba, film porno, atau hal-hal lain yang bersifat destruktif. Motivasi yang berangkat dari diri sendiri memiliki efektivitas 100%.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett