Beranda > Karier Sukses > 9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Muda

9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Muda

TUNAIKU
9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Mudawatermark

TUNAIKU.COM – Sukses jadi arsitek di usia muda itu bukanlah hal yang mustahil. Faktanya, anak muda itu biasanya memiliki sifat energik dan suka dengan tantangan. Selama 20 tahun saya sudah berkecimpung dalam dunia arsitektur. Inilah 9 tips sukses jadi arsitek berdasarkan pengalaman saya selama ini. Memang berapa umur saya? Saat ini saya berumur 42 tahun.

1. Perkuat portofolio

Portofolio selalu menjadi perhatian saya dulu ketika pertama kali memulai karier sebagai arsitek. Klien pasti akan lebih memprioritaskan seorang arsitek yang memiliki portofolio lebih bagus daripada lainnya. Tambahkan beberapa proyek yang berhasil kamu kerjakan selama kuliah ataupun setelahnya. Semakin banyak rekam jejakmu, semakin bagus.

Artikel terkait : Sukses berkarier, simak beberapa artikel di bawah ini!

  1. Intip Peruntungan Karier Lewat Urutan Lahir dan Zodiak
  2. Cari Tahu Prediksi Karier yang Cocok Berdasarkan Bulan Kelahiranmu!
  3. Tengah Merencanakan Karier?Ajukan dan Jawab Jujur Pertanyaan Ini!

 

2. Perluas jaringan

Nasib seorang arsitek sangat tergantung dengan proyek yang ada di lapangan. Sebisa mungkin, jalinlah hubungan dengan siapa saja. Baik di keseharian maupun aktivitasmu ketika berada di dunia maya. Ketika kamu dekat dengan mereka dan mereka membutuhkan jasa seorang arsitek, pasti kamu akan dihubungi lebih dulu.

 

3. Tingkatkan kemampuan untuk tahun mendatang

Profesi seorang arsitek itu akan terus dibutuhkan sampai kapan pun. Selama bumi ini ada, pembangunan infrastruktur pasti akan mengalir terus. Demi proyek jangka panjang ini, maka mau tidak mau kamu harus meningkatkan kemampuan sesegera mungkin. Persaingan setiap tahunnya sangat ketat. Siapa yang tidak berubah, maka dia akan digilas-gilas oleh zaman.

4. Keluar dari zona nyaman

Menjadi seorang arsitek memang enak. Apalagi kalau sudah memiliki banyak klien. Sayangnya, banyak yang justru terperangkap dalam suasana bosan karena tidak keluar dari zona nyaman. Ketika kamu sudah ahli di bidang ini, cobalah merambah ke bidang lain yang masih berkaitan. Katakanlah seperti konsultan properti atau lainnya.

 

5. Miliki pembimbing yang profesional

Tips sukses jadi arsitek ini masih berkaitan dengan poin keempat. Ketika kamu melangkah ke bidang yang baru, tentunya butuh pembimbing yang berkualitas. Tujuannya biar ilmu bisa mudah kamu serap. Ketika kamu sudah memiliki keahlian untuk 2 bidang atau lebih, kesempatan untuk melebarkan sayap akan semakin besar.

 

6. Berani ambil risiko

Risiko sementara ketika kamu tengah mendalami bidang lain mungkin ada beberapa order-an yang tidak ter-handle. Pada saat-saat seperti ini, kamu bisa memanfaatkan jaringanmu. Langsung oper saja ke temanmu yang berprofesi sama. Tentunya dia akan senang hati menerimanya. Tapi pilih yang memiliki kualitas setara denganmu. Biar klien tidak kecewa.

7. Presentasikan keahlian

Selalu iringi kariermu dengan tips ini. Siapa yang akan mengenalmu kalau tidak membuka diri untuk umum? Misalnya dengan membuka seminar tentang dampak pembangunan berbasis ekologi atau lainnya. Bisa pula dengan muncul ke televisi sebagai narasumber tentang dunia properti dan arsitektur. Cara ini bagai magnet yang ampuh menarik minat masyarakat.

 

8. Rajin-Rajinlah brainstorming

Aktivitas brainstorming berkaitan dengan pikiran dipakai terus-menerus untuk menciptakan ide. Jadikan aktivitas ini sebagai kebiasaan sehari-harimu. Tren soal desain properti selalu berubah. Namun ketika selalu berhasil menciptakan ide segar dalam bangunan yang kamu rancang, maka tren itu tidak akan berpengaruh. Justru kamu yang akan menciptakan tren.

 

9. Menerima kegagalan yang ada

Kesuksesan tidak akan pernah ada tanpa adanya kegagalan. Setiap orang sukses pasti mengalami hal-hal semacam ini. Hanya saja, beda orang gagal dengan sukses itu letaknya ada pada semangat untuk bangkit atau justru terpuruk. Ketika kamu mengalami gagal, terimalah dan sambutlah dengan baik. Jangan ditolak biar dia tidak menghantui pikiranmu.

Bekerja sebagai arsitek itu selalu berkaitan dengan kehidupan orang-orang kreatif. Latihlah terus imajinasimu agar kamu bisa tetap hidup di tengah-tengah persaingan. Itulah sejumlah tips sukses jadi arsitek yang bisa kamu terapkan. Kalau toh kamu punya tim, sejahterakan. Kalau terlalu menimbun untung, cepat atau lambat mereka akan meninggalkanmu.

Artikel terkait : Mau tahu karier yang tepat, tanpa bingung cek artikel ini!

  1. Hindari Hal Berikut Supaya Karier Nggak Berantakan di Masa Depan
  2. Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa?Ini Dia 5 Tipsnya!
  3. 7 Tanda Kamu Berada di Jalur Karier yang Tepat

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett