Beranda > Karier Sukses > Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!

Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!watermark

TUNAIKU.COM – Saya termasuk anak yang diajarkan hidup hemat oleh orang tua. Oleh karena itu, saat masih kuliah saya diberikan uang saku yang cukup, tapi juga nggak kurang. Namun, sebagai mahasiswa, tetap saja saya menginginkan uang saku lebih biar bisa digunakan buat jalan-jalan saat libur semester tiba.

 

Saya mulai berpikir untuk mendapatkan uang tambahan. Untuk itu, saya mulai mengikuti beberapa pekerjaan paruh waktu seperti menjaga perpustakaan, proyek dosen, freelance writer, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, ternyata manfaat yang dirasakan nggak hanya berupa materi.

 

Pengalaman kerja selama kuliah membuat saya lebih siap untuk menghadapi dunia kerja sesudah wisuda. Selain itu, bisa melatih soft skill berupa negosiasi, komunikasi, dan kerja sama. Hal inilah yang nggak saya dapatkan di bangku kuliah. Padahal, kenyataan praktik di dunia kerja itu jauh berbeda dengan bangku kuliah, lho.

 

Bagaimana, kamu jadi tertarik buat kerja paruh waktu? Kamu bisa mencoba 6 pekerjaan part time ini!

 

Artikel Terkait: Karier Buat Mereka yang Hobi Menulis

  1. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu
  2. 10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis
  3. Ayo, Menulis dan Posting Tulisanmu di SWARA KAMU Sekarang!

 

1. Menjaga perpustakaan

Fee jadi penjaga perpustakaan memang nggak seberapa. Namun, saya nggak harus membuang terlalu banyak waktu untuk bekerja. Selain itu, selama bekerja saya pun bisa sembari membaca buku-buku, bahkan mengerjakan tugas. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kan?

 

2. Asisten dosen atau ikut proyek dosen

Saat memasuki semester akhir, saya mulai mengikuti proyek dosen. Menurut saya, inilah wadah yang tepat buat mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari.  Karena saya kuliah di jurusan yang berkaitan dengan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, saya pun memjadi asisten dosen dalam pembuatan social mapping untuk perusahaan migas. Beberapa teman yang mengikuti proyek bahkan saat ini sudah bekerja di perusahaan tersebut. Karena apa? Tentu saja karena pengalaman tadi!

 

3. Content Contributor

Punya hobi dan keseriusan dalam bidang tulis-menulis? Di luar sana ada banyak perusahaan yang membutuhkan tulisanmu. Apalagi saat ini banyak berdiri perusahaan start up, wadahmu pun semakin banyak. Kamu bisa menjadi content contributor atau penulis lepas.

 

Saya sendiri pernah menjadi freelance penulis saat masih kuliah. Manfaat selain materi adalah saya jadi terbiasa dengan yang namanya pekerjaan deadline! Itu juga yang membuat saya nggak kaget karena saat ini saya bekerja di tempat yang memberlakukan deadline.

 

4. Fotografer

Di tempat saya bekerja dulu juga terdapat freelance fotografer. Posisi ini diisi oleh mereka yang hobi fotografi. Jadi, hobi justru menghasilkan materi. Menyenangkan, bukan?

 

Artikel Terkait: Baca Ini Buat yang Hobi Fotografi

  1. 7 Aplikasi Photo Editor yang Mempercantik Foto dan Bikin Keren
  2. 7 Foto Spot yang Instagramable dan Gratis di Tokyo
  3. 7 Tips Dapatkan Foto Kece Saat Solo Traveling

 

5. Penerjemah

Pekerjaan paruh waktu ini biasanya diisi oleh mahasiswa sastra. Namun, jika kamu bukan mahasiswa sastra dan memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, kamu juga bisa jadi translator, lho. Tentu saja kemampuan bahasa asing bisa jadi poin tersendiri buat mencari kerja.

 

6. Pelayan kafe

Ada beberapa teman saya yang bekerja di kafe. Entah itu pelayan kafe, atau pun barista. Meskipun menyita cukup waktu dan tenaga, mereka sangat menikmati pekerjaan ini. Dari sini mereka belajar caranya membagi waktu dan juga bagaimana memberikan pelayanan yang baik untuk customer. Mereka juga belajar tentang kerja sama tim dan bagaimana mekanisme perusahaan itu bekerja.

 

Itu dia 6 pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu ikuti saat masih kuliah. Mana yang akan kamu pilih?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett