Beranda > Karier Sukses > 10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis

10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis

KENNY CAROLINEKenny Caroline
10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menuliswatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki kemampuan dan rasa cinta pada menulis adalah sesuatu yang luar biasa. Nggak semua orang bisa menuangkan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan.

 

Dengan menulis, kamu bisa mencurahkan gagasan dan perasaan. Hasil tulisanmu pun bisa jadi inspirasi dan sumber informasi bagi orang lain. Kamu pun bisa menjadikan hobi menulis sebagai karier. Berikut adalah profesi buat kamu yang ingin berkarya di bidang tulis-menulis.

 

Artikel Terkait: Kunci Sukses

  1. Ini 9 Sikap yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin yang Baik
  2. Apa Kata Bulan Kelahiran Soal Sikap Positif dan Kunci Kesuksesanmu?
  3. Yuk Ikuti 10 Tips Sukses dari Oprah Winfrey Ini!

 

1. Jurnalis

Bekerja sebagai jurnalis itu seru. Kamu bakal beragam narasumber dengan berbagai latar belakang sehingga memperkaya perspektifmu. Sehari-hari kamu bakal meliput dan mencari bahan berita untuk ditulis, serta menyebarluaskannya kepada khalayak. Ingat, berita yang kamu tulis harus berdasarkan fakta dan objektif, ya. No hoax!

 

2. Editor

Bila memiliki kemampuan bahasa yang tinggi, kamu bisa menjadi editor baik editor berita maupun buku. Hal itu bisa kamu sesuaikan dengan kapasitas yang kamu miliki.

 

3. Novelis

Bila kamu suka berkhayal dan membuat cerita di dalam kepala, lebih baik mewujudkannya dalam bentuk buku. Bagilah cerita dan imajinasimu dengan banyak orang. Ide-ide yang besar bisa mendorong ide besar muncul, lho. Sebuah bangsa yang maju juga dilihat dari segi literaturnya. Nah, bagaimana kalau kamu ikut menyumbang sesuatu pada peradaban melalui karya sastra?

 

4. Penulis naskah

Bila ingin jadi penulis naskah, kamu harus memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menulis cerita dalam bentuk skenario dan kemampuan transkripsi film. Jasamu bisa berguna untuk membuah naskah film, sinetron, atau drama.

 

5. Grant writer

Di Indonesia banyak civil society organization. Biasanya mereka membutuhkan jasa grant writer untuk menulis proposal yang ditujukan kepada donor. Nah, bila kamu punya kemampuan menulis dengan bahasa akademik dan Bahasa Inggris, kamu bisa mencoba profesi ini.

 

6. Copywriter

Seorang copywriter harus memiliki kreativitas yang tinggi dan kemampuan menciptakan jargon yang persuasif dan enak didengar. Sebab, pekerjaan utamamu nantinya bakal berkaitan erat dengan bidang komersial. Kamu harus pintar untuk mengomunikasikan sebuah brand dengan konsumen.

 

7. Penerjemah

Seorang penerjemah harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Nah, kalau kamu suka menulis dan mampu berbahasa asing, kamu bisa memilih karier ini. Di Indonesia, orang seperti kamu sangat dicari. Penghasilannya pun besar. Kamu bisa menjadi penerjemah tulisan dan teks (translatori) atau penerjemah lisan (interpreter).

 

8. Produsen konten

Content writer memiliki tugas untuk mengisi konten yang relevan yang bakal ditampilkan dalam sebuah website. Konten harus sesuai dengan pembaca yang disasar. Konten itu haruslah menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi situs.

 

9. Blogger atau reviewer

Bila ingin menjadi seorang blogger atau reviewer, kamu harus memiliki ketertarikan tertentu pada isu-isu khusus. Hal ini berguna menjadi pembeda kamu dengan yang lain dan orang pun tertarik untuk berkunjung pada blog kamu. Penghasilan sebagai blogger itu lumayan, lho. Baik dari iklan yang masuk maupun endorsement. Bisa menjadi pekerjaan sampingan nih.

 

Artikel Terkait: Sukses bersama Sahabat

  1. Lakukan 5 Hal Ini Jika Tertarik Bangun Bisnis Bareng Teman
  2. Miliki 3 Karakter Teman Kerja Seperti Ini, Dijamin Tim Kerjamu Jadi Paling Sukses!
  3. Nggak Perlu Malu Membahas 6 Topik Tabu Ini Bareng Teman Sekantor!

 

10. Ghostwriter

Pekerjaan menulis satu ini berbeda dengan menjadi jurnalis atau novelis. Dengan menjadi ghostwriter, kamu dibayar untuk menulis bagi keperluan orang lain seperti politisi atau figur publik. Nama kamu nggak boleh muncul atau anonim. Justru nama klienmu yang berada di sampul buku itu. Biasanya ghostwriter menulis biografi atau opini.

 

Di luar sana, banyak sekali profesi yang tersedia untuk kamu yang suka menulis. Pokoknya jangan percaya kalau mendengar orang bilang menulis itu nggak ada duitnya. Kalau kamu punya kualitas dan kapasitas, kamu bakal dicari orang, kok. Didukung dengan network, kamu bisa sukses di bidang yang kamu sukai.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, gedung pernikahan di bawah Rp10 juta, daftar gedung pernikahan di jakarta, sewa gedung pernikahan di jakarta

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett