Beranda > Karier Sukses > Hai Milenial! Terapkan Hal Ini Sebelum Mulai Melamar Pekerjaan!

Hai Milenial! Terapkan Hal Ini Sebelum Mulai Melamar Pekerjaan!

Hai Milenial! Terapkan Hal Ini Sebelum Mulai Melamar Pekerjaan!watermark

TUNAIKU.COM – Dalam mencari kandidat, HRD biasanya berpacu pada CV, portofolio, dan cover letter. Namun, ternyata hal yang jadi pertimbangan nggak hanya itu saja. Masih ada pertimbangan lain dalam merekrut karyawan. Jadi, nggak selamanya mereka yang memiliki CV bagus bisa diterima.

 

Nah, jika kamu sudah memiliki tiga modal tadi, selamat! Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mempersiapkan langkah lain agar bisa tampil maksimal dalam wawancara kerja. Ini dia beberapa tips yang harus kamu tahu!

 

Artikel Terkait: Persiapan Mencari Kerja

  1. Cek Persiapan Mendasar Sebelum Pergi Interview Kerja Berikut Ini
  2. Tips Jitu Cari Pekerjaan Baru saat Merasa Karir Mandek
  3. 5 Aturan Tak Tertulis Melamar Pekerjaan Saat Kondisi Hamil, Wajib Tahu!

 

1. Melakukan konfirmasi panggilan wawancara

Sebelum wawancara, umumnya kamu akan mendapatkan undangan. Pastikan kamu sudah melakukan konfirmasi, entah itu bisa hadir atau berhalangan. Jika berhalangan, pastikan alasannya masuk akal dan bisa di-reschedule lain hari. Hal ini tentu menunjukkan keseriusan dan minatmu terhadap perusahaan.

 

2. Nggak gugup saat wawancara

Percuma jika memiliki CV, Portofolio, dan cover letter yang keren kalau kamu gugup saat wawancara. Kamu jadi nggak bisa menyampaikan nilai-nilai lebih yang ada dalam CV-mu tadi. Kamu bahkan bisa dicurigai memalsukan isi CV. Malah jadi masalah, kan?

 

3. Pastikan isi CV menjawab kebutuhan posisi yang dilamar

Bisa jadi isi pengalaman yang ada di CV-mu banyak dan keren-keren. Namun, kalau pengalaman tadi nggak berguna buat posisi yang akan kamu lamar, buat apa? Coba saring lagi pengalamanmu yang bisa mendukung posisi tadi. Kalau saran saya, nggak apa-apa pengalamannya sedikit, asal benar-benar mendukung minatmu.

 

Artikel Terkait: Prospek Kerja Setiap Jurusan

  1. 8 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Plus Skill yang Akan Dikuasai
  2. Ini Dia Serunya Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya
  3. 9 Pekerjaan Seru untuk Lulusan Jurusan Musik di Dunia

 

4. Pahami perusahaan

Banyak kandidat yang memiliki nilai lebih tapi akan kalah dengan mereka yang memiliki nilai plus. Nilai plus ini dimiliki oleh mereka yang sudah memahami tentang perusahaan. Oleh karena itu, pastikan sebelum berangkat tes wawancara kamu membaca profil perusahaan dan produknya, entah itu dari internet, obrolan dengan pengguna produk, dan lain sebagainya.

 

5. Pastikan kalau kamu yakin dengan posisi tadi

Saking galaunya mencari kerja, banyak candidate yang asal melamar pekerjaan. Gelagat seperti tentu sudah dibaca HRD sejak awal. Jangan sampai kamu seperti ini, ya!

 

6. Selama menunggu kerja, isi dengan kegiatan positif

Sebisa mungkin, selama menunggu panggilan kerja kamu isi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif. Kegiatan-kegiatan tadi bisa menambah pengalaman serta meningkatkan kualitas dirimu. Contoh kegiatan tadi antara lain mengikuti pelatihan, membantu proyek dosen, merintis usaha online, dan lain sebagainya.

 

Itu dia hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan. Wahai para milenial, nggak perlu bingung lagi, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett