Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Serunya Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Ini Dia Serunya Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

TUNAIKU
Ini Dia Serunya Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanyawatermark

TUNAIKU.COM – Saya percaya kalau ke depannya bakal lebih banyak yang membutuhkan psikolog sehingga lapangan pekerjaan lulusan psikologi pun akan terbuka luas. Oleh karena itu, saya pun ambil jurusan psikologi. Tujuan utama saya belajar ilmu psikologi untuk berlatih mengendalikan diri sendiri, memahami orang lain, dan membantu masalah masyarakat. Apa saja yang menarik dari jurusan ini?

 

Artikel terkait: rekomendasi universitas swasta terbaik Indonesia

  1. 5 Universitas Swasta di Yogyakarta dengan Akreditasi A
  2. 5 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dengan Akreditasi A
  3. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia

 

Psikologi adalah ilmu warisan yang sudah tua

Suatu ilmu enggak bakal punah kalau tujuannya untuk mempelajari tentang kehidupan dan perilaku manusia. Ilmu psikologi mempelajari keduanya. Bahkan sudah ada sejak dahulu kala. Istilah psikologi sudah ada sejak era Yunani. Dulunya dikenal dengan istilah psyche dan logos yang artinya adalah jiwa dan ilmu atau bila disambung jadi ilmu jiwa.

 

Semua induk ilmu memang mengarah pada ilmu filsafat. Konsep pemikiran psikologi juga enggak jauh-jauh dari filsafat. Hanya saja lebih realistis dan enggak terkesan mengambang. Sedangkan ilmu filsafat terasa figuratif atau penuh dengan perlambang. Tak heran kalau makin ke sini makin banyak yang meminati jurusan ini.

 

Jurusan Psikologi adalah  jalan masuk menuju pemecahan masalah

Untuk memecahkan masalah memang butuh logika. Sedangkan logika berpikir sering dikait-kaitkan dengan ilmu saintek. Padahal enggak selamanya begitu. Logika berpikir masyarakat jauh lebih sederhana daripada itu. Justru yang membuatnya tampak lebih rumit itu karena putusnya jalan masuk menuju pemecahan masalah berdasarkan logika itu sendiri.

 

Contohnya ada seorang pemuda yang baru saja lulus jurusan teknik. Ia dikenal sebagai jenius yang mampu menciptakan berbagai model. Rupanya di balik kejeniusannya, ia akui sering menumpahkan perasaan lebih dulu pada temannya yang ahli psikologi. Setelah jiwa tenang, barulah ia bisa berpikir kreatif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan itu soal jiwa.

 

Jurusan Psikologi punya prospek kerja yang bagus

Apakah betul pekerjaan lulusan jurusan psikologi memiliki prospek yang bagus? Coba lihat sekelilingmu. Pernahkah dirimu melamar ke sebuah perusahaan dan menghadapi tes wawancara? Rata-rata pelamar kerja tumbang di tes ini. Soalnya yang dites bukan kemampuan akademik, melainkan kemampuan mengendalikan jiwa.

 

Ilmu apakah yang melatarbelakangi seorang HRD? Tentu saja psikologi. Seorang lulusan psikologi juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang konsultan, konselor, analis, peneliti, guru BK, maupun motivator. Urusan kaya atau enggaknya, kita ambil contoh saja Mario Teguh. Hanya berbekal ilmu psikologi, di mampu masuk jajaran orang-orang kaya di Indonesia.

 

Ilmu Psikologi membuka ruang pertemanan seluas mungkin

Kalau kamu berhasil menguasai ilmu psikologi maka ruang untuk pertemanan yang luas akan terbuka lebar. Dengan begitu, berbagai kemungkinan baik juga mengiringimu. Misalnya selama ini sudah melamar ke mana-mana, tapi kok enggak ada yang nyantol. Setelah diteliti, rupanya kamu kurang pandai bergaul. Padahal yang diterima rata-rata orangnya supel.

 

Mulai sekarang coba masuki dunia psikologi. Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaanmu yang selama ini mengambang. Tujuan paling utama dari ilmu ini adalah untuk membentuk para mahasiswa agar mampu memiliki pribadi yang menyenangkan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.

 

Artikel terkait: kenali tentang kuliah di Amerika dulu

  1. Ingin Berkuliah di Amerika? Pertimbangkan 5 Hal Berikut!
  2. 5 Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Kuliah di Amerika Serikat Tahun Ini
  3. Kenali Sistem Kuliah di Amerika Sebelum Kuliah di Sana

 

Perguruan tinggi mana yang memiliki jurusan Psikologi terbaik?

Memang, sukses atau enggaknya selepas lulus kuliah itu jadi urusan pribadi. Menurut saya, pilihan perguruan tinggi juga turut mempengaruhi kualitas ilmu yang bakal kamu terima. Terutama fasilitas fisik maupun non-fisik yang disediakan. Perguruan tinggi yang recommended adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret Solo, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Gunadarma, dan lainnya.

 

Pentingnya jurusan psikologi membuat berbagai perguruan tinggi senantiasa mengembangkan fasilitasnya tiap tahun. Banyak kok jurusan ini yang sudah mendapatkan akreditasi A di berbagai perguruan tinggi. Kalau tertarik, mulai sekarang persiapkan segalanya. Prospek pekerjaan lulusan psikologi memang cerah dan untuk mendapatkan prospek kerja yang lebih bagus, lanjutkan ke S2 Profesi saja.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett