Beranda > Karier Sukses > 8 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Plus Skill yang Akan Dikuasai

8 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Plus Skill yang Akan Dikuasai

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
8 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Plus Skill yang Akan Dikuasaiwatermark

TUNAIKU.COM – Buat kamu yang tertarik dengan hal-hal berbau kebumian dan hobi travelling, mengambil jurusan teknik perminyakan bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, banyak juga yang tergiur dengan jurusan ini karena prospek kerjanya yang cerah. Mengapa demikian? Sebab lulusan teknik perminyakan disebut-sebut sebagai lulusan yang penghasilannya paling tinggi di dunia kerja. Seperti di Amerika, lulusan teknik perminyakan rata-rata bisa memiliki penghasilan hingga $120,000 per tahun lho.


Walaupun begitu, masih banyak juga yang berpikir ulang untuk mengambil jurusan ini, mengingat sumber daya minyak di Indonesia semakin terbatas. Tetapi, ini merupakan logika yang kurang benar. Justru karena sumber daya minyak terbatas, maka semakin banyak dibutuhkan lulusan teknik perminyakan, agar pencarian sumber daya minyak bisa meningkat.


Untuk mengambil jurusan teknik perminyakan, ada beberapa kemampuan diri yang harus kamu kembangkan. Menempuh studi ini kamu harus mampu mengikuti perkembangan,  karena teknik perminyakan selalu memperbarui ilmu mereka. Kamu akan mempelajari fisika dan kimia, serta teknik dasar sebelum mengambil konsentrasi. Dalam dunia kerja, kamu dituntut bisa bekerja sama dalam tim, serta membuat laporan dan proposal, sehingga butuh juga kemampuan komunikasi yang baik. Dilansir dari Hotcourses, berikut prospek kerja teknik kerja yang bisa jadi pertimbangan.

 

Artikel terkait: Ingin berkarir di dunia olahraga?. Pahami informasi berikut!

  1. Kiat Kalau Kamu Mau Jadi Pelatih Olahraga yang Sukses
  2. Tips Sukses Agar Bisa Jadi Atlet Profesional
  3. Tips Sukses Jadi Wasit Olahraga Profesional 

 

1. Ahli geologi

Berkarir di profesi ini kamu akan melakukan pencarian minyak tanah dan gas alam dengan mempelajari bentuk batuan dan potongan dari situs pengeboran. Supaya lebih mudah mengidentifikasi sumber, maka ahli geologi akan menganalisis hasil survei geologi, peta lapangan, dan studi seismik. 

 

2. Insinyur pengeboran

Pada umumnya, operasi pengeboran menghabiskan biaya yang enggak sedikit. Tantangan bagi insinyur pengeboran adalah bagaimana caranya operasi pengeboran bisa lebih ekonomis. Mereka akan bekerja sama dengan kontraktor pengeboran untuk mengkonfirmasi lokasi dan prosedur yang efisien. 

 

3. Reservoir engineer

Perusahaan selalu berusaha membawa minyak sampai ke permukaan, supaya mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh sebab itu, reservoir engineer bekerja sama dengan insinyur produksi, guna meneliti tekanan dan distribusi cairan di lapangan, agar sesuai target hasil yang diinginkan. 

4. Petroleum accountant

Profesi ini tugas utamanya adalah memprediksi. Petroleum accountant menentukan nilai gas dan minyak yang bisa diproduksi di masa depan, serta menentukan aset perusahaan. 

CTABARU4

Mobile Site CTA

5. Petroleum Landman

Sebelum melakukan pengeboran, perusahaan harus terlebih dahulu mendapat izin dari pemiliki tanah. Ini merupakan tanggung jawab yang harus dipikul oleh petroleum landman. Secara jelasnya, mereka harus memperoleh izin dari pemerintah untuk sama-sama menegosiasikan hak petani, peternak, atau pemilik tanah sekitar. Kemampuan komunikasi, negosiasi, dan penelitian sangat dibutuhkan untuk profesi ini. 

6. Well-log Analyst

Baik sebelum, selama, dan sesudah pengeboran minyak, well-log analyst bertanggung jawab untuk memperoleh sampel inti dan menganalisis potensi dari sampel tersebut. Kamudian mereka diperintahkan untuk menafsirkan data yang bisa dijadikan rekomendasi. 

7. Safety engineer

Seorang safety engineer bertugas untuk memastikan keselamatan orang-orang yang bekerja di pertambaangan minyak dan gas. Para safety engineer mempelajari peraturan keselamatan kerja dan memastikan proyek berjalan sesuai peraturan yang ditetapkan. 

8. Energy economist

Profesi ini bertanggung jawab menganalisa kondisi bisnis dan mengembangkan strategi keuangan, demi keberhasilan perusahaan. Penting bagi para energy economist untuk bisa memahami keuangan dan industri minyak bumi.


Cukup menarik dan menjanjikan ya? Supaya lebih mantap, kembangkan potensi diri mulai dari sekarang yuk!.

Artikel terkait: Berbagai cerita menarik dari orang sukses ini sangat inspiratif lho!

  1. Apa Saja Definisi Sukses Menurut Billionaire Dunia?
  2. Capai Sukses dengan Jalani Tips Lima Jam Ala Bill Gates
  3. Cerita Sukses Atlet Difabel yang Membanggakan Indonesia

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett