Beranda > Karier Sukses > Cek Persiapan Mendasar Sebelum Pergi Interview Kerja Berikut Ini

Cek Persiapan Mendasar Sebelum Pergi Interview Kerja Berikut Ini

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Cek Persiapan Mendasar Sebelum Pergi Interview Kerja Berikut Iniwatermark

TUNAIKU.COM-Ada satu rahasia mengapa saya langsung diterima di perusahaan pertama yang saya daftar setelah lulus. Rahasianya adalah saya mempelajari profil perusahaan jauh-jauh hari sebelum interview! Karena mengetahui produk dan budaya kerja perusahaan, saya pun lolos interview dan betah kerja sampai sekarang.

 

Ini hanya segelitir persiapan dasar yang mesti kamu lakukan sebelum pergi interview. Ada beberapa persiapan lain yang bisa membuatmu lebih siap. Berikut ini beberapa persiapan dasar yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat interview!

 

1. Perhatikan detail penampilan

Ada seorang HRD perusahaan oil & gas yang pernah share cerita ke saya tentang seorang job seeker.  Perekrut ini mengaku langsung illfeel dengan job seeker yang nggak memerhatikan penampilan saat interview. Seperti nggak memakai deodorant sehingga membuat satu ruangan mabuk bau keringat.

 

Artikel Terkait: Tips Sukses Interview

  1. 5 Tips Supaya Cepat Dipanggil Interview Kerja
  2. Cari Jawaban untuk Pertanyaan yang Kerap Muncul saat Interview Magang Ini
  3. 5 Trik Jitu Menjawab Pertanyaan saat Interview Magang dengan Sukses

 

Alhasil, first impression-nya jelek dan langsung gagal interview. Faktor penampilan memang terlihat sederhana. Namun, sebenarnya sangat berpengaruh pada karier masa depanmu, lho.

 

Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan incaran, rapi, dan menyerap keringat. Jangan lupa gunakan deodorant dan minyak wangi secukupnya. Kalau berkeringat, segera lap dengan tisu atau sapu tangan agar wajahmu tetap fresh!

 

2. Cari tahu profil perusahaan  

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini juga berlaku saat kamu melamar kerja, lho. Dengan mengetahui seluk-beluk perusahaan, kesempatan untuk diterima pun lebih besar. Beberapa hal yang mesti kamu pelajari adalah visi dan misi, jasa atau produk yang ditawarkan. Jangan sampai kamu nggak tahu apa-apa ketika perekrut menanyakan hal tersebut.

 

3. Pahami deskripsi kerja

Mengetahui deskripsi kerja adalah persiapan dasar sebelum interview. Umumnya, deskripsi kerja sudah dicantumkan pada informasi lowongan pekerjaan. Meski kamu masih fresh graduated, mesti tahu gambaran pekerjaan pada posisi yang kamu incar. Bisa dengan tanya teman atau senior yang bekerja di bidang tersebut. Atau bisa juga dengan mencari informasi di internet.

 

4. Membersihkan postingan di sosial media

Sosial media sering jadi bumerang dalam dunia kerja. Kalau kamu suka mengeluh atau nge-bully orang di sosial media, buruan kamu bersihkan, ya. Karena ada model perekrut yang suka mengecek akun sosial media calon karyawannya. Apalagi, kamu sudah masuk tahap interview, jadi mesti hati-hati dalam bersikap.

 

5. Berlatih di career center

Setiap universitas biasanya punya career center yang menawarkan pelbagai pelatihan. Seperti pelatihan menulis CV, tes kerja, interview dan pelatihan skill lainnya. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan career center dengan ikut pelbagai latihan.

 

Seperti public speaking ataupun bahasa asing. Dipandu oleh para profesional, kamu bisa belajar aneka skill dari ahlinya. Selain keahlian, kamu juga bisa dapat sertifikat. Pasti berguna banget tuh saat interview nanti.

 

6. Berlatih wawancara

Agar lebih siap, saya sarankan untuk berlatih interview. Dulu, saya sering melihat tutorial interview di Youtube. Dari Youtube, kamu bisa belajar gesture hingga sikap.

 

Lalu, kamu bisa membuat daftar pertanyaan yang sering ditanyakan perekrut. Sesudahnya, bisa melakukan latihan dengan teman atau keluarga dengan memakai daftar pertanyaan ini.

 

Artikel Terkait: Ciptakan First Impression yang Baik dengan Cara Ini

  1. Tips Berpakaian saat Interview untuk Fresh Graduate
  2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
  3. 7 Cara Memberi Kesan Pertama yang Baik Saat Interview Kerja

 

Pasti kamu akan lebih siap dan penuh percaya diri saat menjawab pertanyaan perekrut kelak. Minta lawan bicara untuk menilai jawabanmu. Kira-kira ada nggak yang perlu kamu perbaiki, baik dari segi penampilan, gesture, ataupun jawaban?

 

7. Perhatikan kesehatan

Sakit sebelum interview kerja? Nggak banget, deh. Sayang banget kesempatan emas terbuang sia-sia gara-gara sakit. Makanya, kamu perlu menjaga kesehatan. Caranya, dengan banyak makan sayur dan buah, air putih, istirahat cukup dan rutin berolahraga.

 

Kalau sehat, kamu akan lebih fit saat interview. Karena di balik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kamu pasti bakal tahan banting saat memasuki dunia kerja yang serba nggak pasti dan penuh tantangan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett