SWARA – Memilih jurusan kuliah nggak bisa dilakukan asal-asalan karena akan menentukan masa depanmu kelak. Memilih jurusan kuliah sudah pasti harus yang memiliki prospek baik ke depannya agar lebih mudah saat terjun ke dunia kerja setelah lulus. 

 

Salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek bagus dan selalu dibutuhkan di setiap lini dunia kerja dan dunia usaha adalah jurusan manajemen keuangan. Nah, seperti apakah jurusan yang satu ini? Yuk, simak seluk beluknya di bawah ini.

 

1. Apa itu jurusan manajemen keuangan?

Jurusan manajemen keuangan juga sering disebut dengan finance. Setiap perusahaan atau usaha perlu memiliki finance yang kuat untuk menjaga keuangan perusahaan tetap stabil. Finance nggak hanya bertugas mengatur uang perusahaan saja, tapi turut andil dalam proses pemberian saran keputusan dalam urusan keuangan kepada pimpinan perusahaan. 

 

Ada kalanya perusahaan mendapatkan untung besar, ada kalanya juga perusahaan mengalami kerugian sehingga langkah apa yang harus dilakukan agar perusahaan tetap berjalan dengan kondisi keuangan yang dialami menjadi tugas finance untuk ikut menentukan, karena finance paling mengerti tentang kondisi keuangan di perusahaan.

 

Artikel terkait: Jurusan kuliah dengan prospek menarik

  1. Meski Sepi Peminat, tapi 9 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Besar Jadi PNS
  2. Pengin Terjun ke Industri Kreatif? Kamu Bisa Kuliah di 7 Jurusan Ini
  3. Ingin Jadi Content Writer? Kamu Bisa Kuliah di 7 Jurusan Ini

2. Mengapa harus berkuliah di jurusan manajemen keuangan?

Saat ini kampus di Indonesia yang membuka jurusan khusus untuk manajemen keuangan masih bisa dihitung dengan jari. Jurusan manajemen keuangan di kampus-kampus Indonesia kebanyakan adalah turunan dari jurusan manajemen. Padahal di luar negeri, jurusan manajemen keuangan sudah berdiri sendiri. Bahkan untuk tingkat S2 pun sudah beragam pilihan spesialisasinya disediakan oleh kampus-kampus di luar negeri. 

 

Jadi ada peluang besar jika kamu bisa menemukan kampus dengan jurusan manajemen keuangan yang berdiri sendiri di Indonesia karena lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk membantu mengambil keputusan dalam perusahaannya.

 

3. Apa saja yang dipelajari mahasiswa manajemen keuangan?

Dalam jurusan ini pada semester awal mahasiswa akan diajarkan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, ilmu sosial, hingga akuntansi. Lalu di semester-semester berikutnya mahasiswa akan diajarkan berbagai ilmu tentang manajemen keuangan yang berupa manajemen finansial, mempelajari beragam institusi keuangan, mempelajari seluk beluk keuangan dalam perusahaan, keuangan dalam investasi, hingga harus memiliki wawasan yang luas seperti kondisi negara dan dunia, karena kondisi perekonomian sangat dipengaruhi oleh kondisi negara-negara di dunia.

4. Prospek kerja lulusan manajemen keuangan

Bagi lulusan jurusan manajemen keuangan, kamu nggak perlu takut lagi untuk mendapatkan pekerjaan. Beberapa prospek di bidang ini berupa bagian finance perusahaan, dunia perbankan, dunia investasi, membantu transaksi bisnis perusahaan untuk mendapatkan modal, bekerja di bidang asuransi, menjadi seorang akuntan, hingga financial planner bisa kamu geluti dalam berkarir. 

 

Berbagai bidang sangat membutuhkan seorang lulusan manajemen keuangan karena memang perekonomian menjadi tonggak utama bagaimana bisnis dapat berjalan.

 

Artikel terkait: Seluk-beluk kuliah

  1. Ingin Kuliah di Dua Jurusan Sekaligus? Pahami Program Double Degree Berikut Ini
  2. 5 Ide Freelance Sambil Kuliah, Jangan Sampai Kuliahmu Keteteran
  3. 5 Solusi Bisa Kuliah Walau Uang Terbatas, Kuliah Online Salah Satunya!

5. Tips sukses berkuliah di manajemen keuangan

Sebelum kamu masuk ke jurusan ini, ada baiknya kamu memahami karakter pribadimu. Seorang mahasiswa yang masuk ke manajemen keuangan akan lebih mudah mengikuti perkuliahan jika memiliki sifat suka dengan hitungan angka, berpikiran logis dan kritis, suka menambah wawasan, menyukai riset, hingga suka dengan hal detail.

 

Namun sebaiknya hindari jurusan ini jika kamu memiliki sifat yang nggak tegaan terhadap seseorang karena jurusan ini nantinya harus mengambil keputusan sulit demi menjaga perekonomian di tempat bekerja, sehingga harus mengorbankan hal-hal yang cukup sulit jika dilakukan oleh orang yang perasa. 

 

Itulah seluk beluk jurusan manajemen keuangan. Apa pun jurusannya, dan apa pun sifat dasar yang kamu miliki, hal yang paling bisa menentukan kesuksesan adalah niat dan usahamu sendiri, ya.