SWARA – Milenial dan generasi Z dikenal jauh lebih kreatif dari generasi sebelumnya. Mereka sangat cakap dalam memanfaatkan teknologi dan mengikutinya dengan baik. Tak jarang industri kreatif kini menjadi pilihan bagi para anak muda dibandingkan pekerjaan lain yang bersifat formal. 

 

Industri kreatif menuntut untuk selalu memberikan ide dan inovasi baru yang sangat disukai anak muda zaman sekarang yang mudah bosan dengan pekerjaan monoton. Selain itu, suasana kerja yang cenderung santai dan bebas memang menjadi pilihan yang nyaman bagi anak muda yang berjiwa kreatif. Ibaratnya dari seragam bekerja saja mereka nggak mau ada aturan yang terlalu mengikat karena kebebasan dibutuhkan untuk menumbuhkan ide-ide kreatif. 

 

Banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu geluti di industri kreatif, di antaranya adalah desainer interior, desainer grafis, content writer, app engineer, video editor, desainer website, digital strategist, hingga public relations officer. Jika kamu berminat untuk bisa masuk ke industri kreatif, seenggaknya kamu harus mengantongi gelar sarjana terlebih dahulu agar kemampuanmu lebih bagus saat bekerja. Di bawah ini ada 7 jurusan kuliah yang cocok kamu masuki jika ingin bekerja di industri kreatif.

 

1. Desain interior

Jurusan ini mempelajari tata letak sebuah ruangan yang tepat dan membuat orang nyaman. Nggak hanya rumah lho, tapi bisa juga bisa berupa kantor, mal, ruang pertemuan, hotel, hingga panggung pertunjukan. Oleh karena banyak bidang yang bisa dikerjakan, maka lulusan desain interior juga harus paham tentang berbagai bidang di luar kuliahnya seperti bidang seni, perhotelan, hingga, psikologi. Karena itu semua bisa mempermudah kamu untuk memahami keinginan klien dalam mendapatkan ruangan yang mereka inginkan. 

 

Artikel terkait: Jurusan kuliah yang potensial
1. Ini Jurusan Kuliah Favorit Paling Dibutuhkan 2020
2. Begini Pilih Jurusan Kuliah yang Menguntungkan di Masa Depan!
3. 8 Jurusan Kuliah dengan Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

 

2. Desain komunikasi visual

Jurusan ini menitikberatkan tentang sebuah visual yang bisa menyampaikan pesan dengan tepat kepada orang yang melihat desain tersebut. Jadi kamu juga harus mempelajari bagaimana mengkomunikasikan sesuatu dalam bentuk gambar tapi orang yang melihat bisa langsung paham apa yang kamu maksud.

 

Nggak hanya membuat poster, tapi desain web, logo, hingga animasi juga membutuhkan ilmu dari jurusan ini lho. Apalagi sekarang banyak agensi periklanan yang membutuhkan visual untuk kebutuhan sosial media, sehingga jurusan ini akan mudah untuk mendapatkan peluang pekerjaan.

 

3. Broadcasting

Kamu bisa belajar cara membuat sebuah ide program televisi yang dituangkan ke dalam acara yang disaksikan oleh banyak orang. Umumnya broadcasting akan berhubungan dengan stasiun televisi yang menayangkan berbagai macam program acara, tapi seiring berkembangnya tren, kamu juga bisa membuat konten video yang menarik untuk ditampilkan di YouTube. Nggak harus tampil di layar kaca, kamu justru adalah orang yang bekerja di balik layar untuk memberikan sebuah program menarik bagi penonton.

4. Desain grafis

Banyak orang yang mampu menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop maupun Corel Draw, tapi dalam membuat sebuah desain yang menarik juga membutuhkan teori yang hanya kamu dapatkan di bangku kuliah lho. Kamu akan mengetahui bagaimana kombinasi warna yang bagus, pemilihan font, hingga pemilihan elemen gambar yang menarik jika kuliah di jurusan desain grafis. 

 

Industri kreatif sangat membutuhkan desainer grafis karena kebutuhan desain yang selalu ada dalam berbagai aspek kreatif seperti poster, iklan, maupun konten di sosial media.

 

5. Ilmu komunikasi

Nggak cuma biar kamu jago ngomong, ilmu komunikasi mempelajari teori komunikasi yang lebih dalam. Sehingga lulusan jurusan ini dapat memaksimalkan ilmunya di bidang kreatif seperti periklanan, jurnalistik, hingga public relation. Karena inti dari penyampaian suatu pesan adalah melalui komunikasi, maka jurusan ini memiliki prospek di dunia kreatif yang sangat luas.

 

Artikel terkait: Tips bekerja di bidang industri kreatif
1. 5 Tips Life Changing Lesson ala Neil Gaiman yang Bikin Sukses Pekerja Industri Kreatif
2. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif
3. Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

 

6. Seni rupa

Industri kreatif nggak hanya berfokus kepada teknologi komputer saja, tapi seni nyata juga masih sangat dibutuhkan. Dengan belajar seni rupa, kamu bisa membuat sebuah galeri kesenian, baik berupa lukisan, hiasan, hingga pahatan yang memesona. Tak hanya itu, manajemen kesenian juga sebuah ilmu yang sangat dibutuhkan lho di dunia kreatif, karena di Indonesia adalah gudangnya kesenian yang membutuhkan orang yang bisa mengaturnya dengan baik.

 

7. Televisi dan film

Buat kamu yang hobi nonton film pasti kebayang bagaimana proses pembuatan di balik layarnya, bukan? Dengan masuk ke jurusan ini kamu bakal tahu banyak tentang proses pembuatan film dan acara televisi. Kamu bakal mempelajari teknik pengambilan gambar, membuat storyboard, hingga penggunaan musik yang bisa menunjang cerita dari film yang kamu buat. Menarik, bukan?

 

Itulah 7 jurusan kuliah yang bisa kamu masuki untuk bisa bekerja di industri kreatif yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah. Apa pun jurusan yang kamu pilih, tuntut ilmu sepenuh hati karena ilmu yang kamu dapatkan pasti akan memberikan manfaat suatu saat nanti.