SWARA – Bekerja sebagai PNS menjadi dambaan banyak orang. Terbukti jumlah pelamar CPNS tahun ini tembus hingga 5 jutaan orang. Banyak alasan untuk menjadi PNS, seperti gaji dan tunjangan yang tinggi, masa depan terjamin karena ada dana pensiun, hingga disukai calon mertua. 

 

 

Saking banyaknya jumlah pelamar CPNS membuat persaingan untuk menjadi PNS semakin ketat, namun di balik ketatnya persaingan tetap ada peluang bagi kamu yang bercita-cita menjadi abdi negara dengan masuk ke salah satu dari 9 jurusan yang punya peluang besar untuk menjadi PNS setelah lulus. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

 

1. Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Bagi kamu yang kuliah di jurusan ini, maka setelah lulus nanti akan berpeluang untuk bekerja di Kementerian Pertanian lho, tepatnya di bagian auditor dan peneliti. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang sumber daya untuk menyeimbangkan ekosistem pertanian.

 

2. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Saat ini sudah banyak kampus yang membuka jurusan ini. Setelah lulus kamu bisa mendaftar CPNS sebagai pustakawan, arsiparis, hingga analis berkas sengketa di berbagai instansi besar yang membuka rekrutmen CPNS lho. Masih banyak calon mahasiswa yang kurang tertarik dengan jurusan ini, sehingga bisa menjadi kesempatan kamu. 

 

Artikel terkait: Pilihan jurusan kuliah
1. Pengin Terjun ke Industri Kreatif? Kamu Bisa Kuliah di 7 Jurusan Ini
2. Ingin Jadi Content Writer? Kamu Bisa Kuliah di 7 Jurusan Ini
3. Ini Jurusan Kuliah Favorit Paling Dibutuhkan 2020

 

3. Jurusan Sastra Korea

Kuliah di jurusan yang berhubungan dengan Korea memang sedang banyak digandrungi, termasuk sastra Korea. Ternyata jurusan ini juga bisa menjadi PNS lho, khususnya akan bekerja untuk Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai analis dan pengolah data di wilayah Asia Timur. Wah, nggak nyangka ya bisa masuk sebagai intelijen negara.

 

4. Jurusan Ilmu Sejarah

Jika biasanya lulusan jurusan sejarah akan menjadi sejarawan atau guru, ternyata lulusan jurusan ini juga bisa mendaftar CPNS sebagai kurator di museum, hingga arsiparis lho. Pekerjaan sesuai dengan mata kuliah namun memiliki kemapanan PNS, siapa yang nggak mau?

 

5. Jurusan Biologi

Lulusan jurusan Biologi tak kalah dengan jurusan lain dalam CPNS. Jurusan ini diincar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai polisi hutan dan pengendali ekosistem. Tak hanya itu, BIN, BPOM, hingga BPPT juga mengincar lulusan jurusan Biologi lho untuk ditempatkan di beberapa jabatan yang tersedia.

 

6. Jurusan Perbandingan Agama

Karena mempelajari seluruh seluk beluk agama yang ada, lulusan ini menjadi incaran BIN untuk ditempatkan sebagai analis bahan keterangan lho. Ternyata jurusan agama nggak hanya bisa menjadi pengamat keagamaan saja tapi bisa kerja sebagai intelijen negara juga. Keren, bukan?

 

7. Jurusan Tata Busana

Menggeluti bidang tata busana nggak hanya bisa menjadi desainer baju saja, namun juga bisa mendaftar sebagai CPNS sebagai instruktur untuk Kementerian Perindustrian lho. Jadi jangan minder saat ditanya prospek ke depannya jurusan ini, ya.

 

Artikel terkait: Menjadi PNS
1. Kiat-kiat Mengikuti Pendaftaran CPNS 2018
2. 7 Sisi Positif Saat Gagal Ikuti Tes CPNS
3. 5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan

 

8. Jurusan Bahasa Daerah

Bahasa daerah sudah ditinggalkan oleh banyak generasi muda, sehingga kamu patut bersyukur jika kuliah di jurusan ini. Pasalnya bahasa daerah harus tetap dilestarikan sehingga lulusannya dapat bekerja sebagai PNS di Kemendikbud lho.

 

9. Jurusan Seni

Kata siapa jurusan seni nggak ada prospek masa depannya? Nggak cuma jadi seniman yang berkarya seumur hidup, jurusan seni juga dibutuhkan oleh Badan Ekonomi Kreatif sebagai analis lho. Menariknya masih jarang orang yang mengisi posisi ini saat pendaftaran  CPNS. Kesempatan bagus, tuh.

 

Ternyata masih banyak jurusan-jurusan kuliah yang tak disangka banyak dibutuhkan untuk menjadi PNS namun masih jarang yang tahu, sehingga kesempatan untuk menjadi PNS lebih besar lho. Buat kamu yang bercita-cita sebagai PNS bisa mengambil jurusan ini saat kuliah nanti, ya.