SWARA – Makin ke sini kuliah double degree semakin diminati. Kuliah double degree adalah ketika mahasiswa mengambil dua studi berbeda dalam waktu bersamaan. Kuliah ini nggak terbatas pada satu kampus, melainkan dapat diambil di dua universitas yang berbeda. 

 

Nggak dapat dipungkiri, saat ini ilmu pengetahuan nggak dapat berdiri sendiri. Misalnya, kamu mengambil jurusan Manajemen Bisnis, tetapi di sisi lain kamu juga membutuhkan pengetahuan soal Data dan Informatika. Di sini dua ilmu itu bisa saling dipadukan. 

 

Mungkin kamu bertanya, mengapa sih ada yang menempuh double degree? Apa nggak capek dan menambah biaya? Sesungguhnya, kalau kamu mengambil double degree, kamu mendapat banyak manfaat. Apalagi kalau ternyata kamu tipe individu yang haus ilmu. 

 

1. Jadi nilai plus saat melamar kerja

Kompetisi di dunia kerja selalu tinggi. Karena itu, memiliki dua gelar dapat membuatmu menonjol dibandingkan dengan kandidat lain kala melamar ke perusahaan impian. Kalau dihitung-hitung, perusahaan juga bakal lebih untung kan kalau merekrut satu orang dengan dua kemampuan sekaligus? 


Artikel Terkait: Mengasah kemampuan saat SMA & Kuliah. 

  1. Masih SMA, Jangan Ragu Ikut Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri Ini
  2. Tambah Wawasan dan Kemampuan lewat Kursus Online Media Sosial
  3. Ini Jurusan Kuliah Favorit Paling Dibutuhkan 2020

2. Membantu memperluas jaringan

Ketika kamu menempuh dua gelar, jaringan kamu tentu lebih luas. Kamu bakal terekspos kepada individu-individu yang punya pemikiran dan gagasan yang berbeda. Otomatis, wawasanmu tambah kaya dan kamu pun dapat mengasah softskill dan memperluas jaringan. Ingat, jaringan adalah salah satu faktor penentu kesuksesan. 

 

3. Memancing inovasi dan mengasah kreativitas

Mempelajari dua studi berbeda di waktu yang sama adalah sesuatu yang menantang sekaligus menyenangkan. Di sini kamu dapat mengasah kreativitas dengan memadukan kedua ilmu yang kamu pelajari. Dari sini kamu bisa saja menciptakan sebuah inovasi yang barangkali akan mengubah dunia. 

 

Ambil kuliah dua gelar sekaligus itu kece, asal…

Lalu apa yang harus diperhatikan ketika hendak mengambil kuliah dua gelar? 

1. Mantapkan Niat

Kamu harus memantapkan niat. Kuliah dua gelar adalah komitmen yang tinggi dan nggak mudah. Akan banyak tantangan ke depan. Karena itu luruskan niat kamu untuk menyelesaikannya.

 

2. Belajar bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris adalah salah satu hal wajib yang perlu kamu lakukan jika hendak mengambil kuliah double degree. Apalagi kalau kamu hendak belajar di luar negeri.

 

3. Cari beasiswa

Agar nggak keteteran, kamu bisa mencari program beasiswa untuk kuliah dua gelar. Saat ini banyak sekali program beasiswa, baik dari pemerintah, swasta, maupun lembaga donor, dan negara luar. 

 

Artikel Terkait: Tips dan trik memilih jurusan kuliah. 

  1. Begini Pilih Jurusan Kuliah yang Menguntungkan di Masa Depan
  2. Hal yang Dirasakan Para Perempuan Saat Jadi Minoritas di Jurusan Kuliah
  3. Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

 

4. Adaptasi dengan lingkungan

Salah satu tantangan ketika kuliah double degree di luar negeri adalah adaptasi dengan lingkungan dan budayanya, terutama budaya akademis. Karena itu sebelum berangkat, ada baiknya kamu mempersiapkan diri supaya nggak kaget ketika sampai di negara tujuan. 

 

Itu dia manfaat dan beberapa hal yang perlu ketahui soal kuliah double degree. Belajar di dua kampus dengan dua jurusan yang berbeda sepertinya menantang banget ya. Karena itu, semuanya kembali ke kamu. Semoga sukses!