SWARA – Memilih jurusan kuliah bukan perkara gampang. Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Kalau sudah punya minat tertentu, bisa jadi kamu lebih mudah memilih jurusan yang tepat. Namun, kalau ternyata kamu masih bimbang dan ragu, mungkin kamu bisa mendasarkan pilihan sesuai dengan tren pasar kerja saat ini. 

 

Pada dasarnya, orang berkuliah selain agar jadi kaum terdidik, juga dapat menjadi salah satu kualifikasi saat melamar kerja. Saat ini banyak lapangan pekerjaan baru yang muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi. Nah, mumpung masih ada waktu, ada baiknya kamu mulai berpikir soal jurusan apa yang kelak kamu tekuni. Sebagai awal, saya punya beberapa jurusan favorit sekaligus yang paling dibutuhkan di dunia kerja nanti.

 

1. Jurusan Teknik Informasi

 

Permintaan tenaga kerja di bidang intelijen dan analisis kebijakan data dilaporkan bertumbuh 21,4% dalam lima tahun terakhir. Namun, sebenarnya banyak industri seperti teknologi, keuangan, dan perbankan, membutuhkan lebih banyak dari prosentasi itu.

 

Nggak cuma itu, permintaan tenaga kerja di bidang Information, Communication, and Technology (ICT) pun terus meningkat, dan diperkirakan akan naik hingga 25,6% pada 2020. Kamu bisa memanfaatkan kebutuhan ini sebagai peluang karirmu di masa depan. Banyak kok universitas di Indonesia yang punya jurusan ICT yang mumpuni. Contohnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Binda Nusantara. 

 

Artikel terkait: Pertimbangan memilih jurusan kuliah

  1. Begini Pilih Jurusan Kuliah yang Menguntungkan di Masa Depan
  2. Hal yang Dirasakan Para Perempuan Saat Jadi Minoritas di Jurusan Kuliah
  3. Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

 

2. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

 

Kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kesehatan dan psikologi selaras dengan peningkatan populasi manusia di Bumi. Pada 2020, diperkirakan lebih dari 40% tenaga medis akan dibutuhkan untuk menjawab persoalan fisik dan mental. Nggak cuma dokter, perawat, bidan dan psikolog juga penting. Jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Jurusan psikologi di Universitas Padjadjaran adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Jika kamu bercita-cita jadi dokter, maka kamu bisa melirik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga atau Universitas Gadjah Mada. 

 

3. Jurusan Akuntansi, Bisnis, dan Matematika

 

Hingga tahun ini, permintaan untuk profesional akuntasi dan keuangan naik sebesar 44%. Angka ini diperkirakan bakal terus tumbuh 22% pada 2020. Tenaga kerja di bidang matematika dan statistik pun diperkirakan naik sebesar 10% pada 2020, untuk memenuhi kebutuhan di bidang pengolahan data di sektor bisnis dan keuangan. Kamu bisa ikutan tes di Universitas Brawijaya bila tertarik dengan matematika, ataupun di Universitas Sebelas Maret bila ingin jadi akuntan.

 

4. Jurusan Teknik, Hukum, dan Guru

 

 

Perkembangan industri yang masih melaju bakalan butuh profesional di bidang teknik. Pada 2020, diperkirakan kebutuhan insinyur bakal bertambah sebesar 22%. Selain itu, orang hukum yang berprofesi sebagai pengacara pun bakalan dicari. Tenaga pendidik yang kompeten juga nggak ketinggalan. Permintaan guru untuk pendidikan usia dini naik signifikan menjadi 27% dan guru pendidikan 21%.

 

Kalau kamu tertarik, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia punya jurusan hukum terbaik di Indonesia. Untuk jurusan teknik, kamu bisa mencoba ikutan tes di Institut Pertanian Bogor atau Institut Teknologi Bandung. Kalau punya niat mulia mencerdaskan bangsa, kamu bisa mendaftar di Jurusan Keguruan di Universitas Negeri Yogyakarta atau Universitas Pendidikan Indonesia. 

 

Artikel terkait: Tips memilih jurusan kuliah

  1. 5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat
  2. 8 Jurusan Kuliah dengan Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan
  3. Berdasarkan Zodiak, Ini Jurusan Kuliah Paling Tepat

 

5. Jurusan Desain Komunikasi dan Media

 

Saat ini dunia industri semakin dekat dengan kampanye di media sosial. Kampanye itu kebanyakan untuk mencapai target perusahaan, mulai dari pemasaran, penjualan, dan sebagainya. Profesional di bidang digital campaign atau digital marketing pun semakin dibutuhkan, terutama yang punya kapasitas di bidang pemasaran dan pengolahan informasi yang baik dan menarik.

 

Jurusan seperti jurnalistik, komunikasi visual, film, seni, dan jurusan kreatif lainnya cocok untuk bidang pekerjaan ini. Pada 2020, kebutuhan di bidang kreatif pun bakal tumbuh hingga 15% lho. Kamu bisa memilih jurusan jurnalistik di Universitas Padjadjaran atau Universitas Multimedia Nusantara. Kalau kamu punya baka di bidang seni, kamu bisa mendaftar di Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau Universitas Sebelas Maret. 

 

Itu dia lima rekomendasi jurusan favorit sekaligus paling dibutuhkan pada tahun-tahun ke depan. Nggak ada salahnya kok, memilih sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan saat ini. Memilih sesuai passion pun nggak masalah. Asalkan kamu yakin dan senang menjalaninya. Namun, yang paling penting adalah kamu mempersiapkan diri. Belajar terus, baik tips dan triknya, untuk bisa tembus ke jurusan-jurusan terbaik di Indonesia. Semangat