SWARA – Saat ini startup sangat menjamur. Bukan hanya diminati oleh fresh graduate yang ingin memulai karier, tapi juga diminati oleh orang-orang yang terjun di dunia usaha. Startup begitu menjanjikan, apalagi dengan banyaknya investor yang ingin menggelontorkan dananya demi kemajuan startup

 

 

Namun, menjadi pendiri startup tak hanya bermodal niat dan usaha saja, melainkan perlu diimbangi dengan ilmu yang mumpuni. Banyak pimpinan startup besar di Indonesia merupakan lulusan kampus-kampus hebat baik di Indonesia maupun luar negeri.

 

Lingkungan di kampus-kampus inilah yang bisa menjadi salah satu pendorong seseorang untuk tahan banting di dunia persaingan startup. Beberapa jurusan kuliah yang diminati oleh para pimpinan startup seperti Teknik Informatika, Bisnis, hingga Ilmu Komputer. 

 

Jika kamu bercita-cita mendirikan startup dan saat ini sedang mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan studi, kamu bisa menyimak kampus-kampus tempat kuliah para pimpinan startup yang telah sukses ini.

 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Cukup banyak pendiri dan pimpinan startup besar Indonesia yang merupakan lulusan ITB. Sebut saja Achmad Zaky (Bukalapak), Arief Widhiyasa (Agate), Italo Gani (Adskom), hingga Gibran Huzaifah (eFishery). Di ITB kamu bisa berkuliah mulai dari tingkat sarjana, magister, hingga doktor. Terdapat berbagai fakultas dan sekolah yang bisa mendorong kemampuan dalam bidang teknologi yang sangat dibutuhkan startup di era modern. 

 

Fakultas-fakultas tersebut seperti Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB); Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD); Fakultas Teknologi Industri (FTI); Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD); Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM); Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL); Sekolah Arsitektur; Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK); Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM); Sekolah Farmasi (SF); Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH); dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

 

Artikel terkait: Kampusnya para selebriti

  1. Inspiratif, Ini 4 Selebriti Muda Indonesia Jebolan Kampus Top Dunia
  2. Yuk, Intip Biaya Kuliah di Kampus Ivy League Ala Maudy Ayunda!
  3. 5 Kampus Terbaik Dunia Incaran Para Pecinta Film dan Sinematografi

2. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Kampus ini juga menelurkan pendiri dan pimpinan startup seperti William Tanuwijaya (Tokopedia), Kevin Osmond (Printerous), Calvin Kizana (Picmix), Benny Fajarai (Qlapa), hingga Willson Cuaca (Apps Foundry). Binus menjadi sebuah perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan IT dunia seperti Cisco, Microsoft, IBM, hingga Oracle, sehingga mampu menunjang mahasiswanya untuk mendapatkan ilmu IT kelas dunia. 

 

Binus memiliki berbagai program kuliah yang bisa diikuti, seperti program kuliah reguler, program kuliah satu gelar, program kuliah internasional, program kuliah daring, dan program Master Track yang memungkinkan untuk memiliki dua gelar sekaligus.

 

 

 

3. Universitas Indonesia (UI)

Kampus UI menelurkan beberapa sosok pimpinan startup Indonesia seperti Adrian A. Gunadi (Investree), Diajeng Lestari (Hijup), Iman Usman (Ruang Guru), hingga Natali Ardianto (Tiket.com). 

 

UI menjadi kampus favorit para calon mahasiswa karena menyediakan disiplin ilmu yang luas. Ada berbagai rumpun pendidikan yang bisa dipilih saat kuliah di UI, seperti kedokteran, kesehatan, sains dan teknologi, teknik, komputer, soshum, ekonomi dan bisnis, ilmu pengetahuan budaya, psikologi, sosial dan politik, hingga administrasi.

 

4. Harvard Business School

Jika ilmu dari kampus di Indonesia saja masih kurang, kamu bisa menuntut ilmu ke luar negeri salah satunya di Harvard. Tercatat beberapa orang dibalik besarnya startup Indonesia pernah berkuliah di Harvard seperti Nadiem Makarim (Gojek), Andi Taufan Garuda Putra (Amartha), Adamas Belva Syah Devara (Ruang Guru), hingga Reynold Wijaya (Modalku). 

 

Harvard merupakan salah satu kampus bisnis terbaik di dunia sehingga tak heran jika para jebolan Harvard menjadi jagoan dalam dunia bisnis. Salah satu program pendidikan yang menarik di Harvard adalah program kepemimpinannya yang selama 2 tahun mahasiswa terjun langsung dalam dunia kerja nyata untuk berlatih memimpin, sehingga pantas lulusan Harvard sangat handal menjadi seorang pemimpin startup. 

Artikel terkait: Tips kuliah

  1. 6 Tips Sukses Jalani Kuliah Sambil Kerja
  2. Mau Kuliah di Universitas Ternama Dunia Seperti Maudy Ayunda? Inilah Tips dan Rahasia Belajarnya
  3. 5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

 

5. Purdue University

Perguruan tinggi yang terletak di Amerika ini merupakan kampus yang menelurkan beberapa pimpinan startup besar di Indonesia, seperti Ferry Unardi (Traveloka), Jason Lamuda (Berrybenka), hingga Aldi Haryopratomo (GoPay). Ada lebih dari 400 jurusan sarjana dan spesialisasi dari kampus ini. 

 

Selain itu, Purdue juga mendapatkan penghargaan sebagai kampus peringkat pertama dalam bidang keamanan siber. Kampus ini sudah terkenal di mata dunia, salah satu lulusan yang sangat terkenal dari kampus ini adalah Neil Armstrong, manusia pertama yang pergi ke bulan.

 

Itulah kampus-kampus yang menciptakan sosok dibalik besarnya startup yang ada di Indonesia. Jika kamu bermimpi menjadi pendiri maupun pimpinan startup, kuliah di kampus-kampu ini bisa menjadi acuan untuk sukses di bidang startup.