PINTARIA – Kuliah sambil kerja merupakan salah satu cara paling efektif jika ingin kuliah dengan biaya sendiri. Tapi dengan waktu terbatas yang dimiliki untuk ke kampus kemudian bekerja, tak heran sekarang kuliah online menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin kuliah sambil tetap mengejar karier dan passion. Sudah ada banyak orang yang membuktikan dan sukses melaksanakan dua kegiatan ini sekaligus. Ada beberapa tips menarik bagi kamu yang ingin kuliah sambil kerja.

 

Yuk simak!

 

1. Perhatikan beban pengeluaran finansial

Satu di antara banyak alasan mengapa mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja adalah untuk meringankan beban biaya, alasan lainnya untuk menambah uang jajan. Meski sudah mendapatkan tambahan biaya dari pekerjaan yang dilakukan, sebagai mahasiswa, kamu juga harus memperhatikan pengeluaran yang dikeluarkan agar tetap efisien.

 

Jika pengeluaran melebihi pemasukan, tentu beban biaya yang ditanggung pasti masih terasa berat. Hilangkan kebiasaan lapar mata, belilah barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Jika perlu jangan keluar rumah kalau bukan karena hal yang bermanfaat, sekali-kali boleh ‘nongkrong’ dengan teman namun jangan terlalu sering.

 

Pilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan

Jika kamu sudah bekerja di satu bidang pekerjaan tertentu, pilihlah jurusan kuliah yang menunjang kariermu dalam jangka panjang. Misal jika kamu bekerja di bagian keuangan di perusahaan, maka pilihan jurusan Akuntansi bisa menjadi alat untuk mempercepat karier sebagai Finance Controller, atau Akuntan Perpajakan.

 

Pilih pekerjaan freelance

Agar waktu dan energimu tetap cukup untuk belajar, tak ada salahnya mencari pekerjaan freelance dibanding pekerjaan kantoran biasa. Ada banyak bidang keahlian yang dibutuhkan saat ini yang tidak harus selalu datang ke kantor setiap hari, seperti menulis artikel, jurnalis freelance, pengembangan aplikasi, ojek online, reporter paruh waktu, waitress, guru les, atau bidang lainnya.

 

Gaji yang ditawarkan juga tidak kalah menarik, bahkan beberapa perusahaan menawarkan gaji fantastis di bidang tertentu untuk seorang freelancer (terutama di bidang yang berhubungan dengan teknologi).

 

Gunakan waktu seproduktif mungkin

Ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, tentu kamu memiliki dua tugas yang tidak bisa ditinggalkan dan keduanya menjadi prioritas. Atur waktu sebaik mungkin untuk dapat mengerjakan tugas dari dosen maupun dari kantor. Salah satu kuncinya adalah disiplin dalam mengatur waktu.

 

Pada saat jam kantor, prioritas tentu tertuju pada tugas kantor yang diserahkan (usahakan semaksimal mungkin menyelesaikan tugas tepat pada waktunya). Setelah jam kerja sudah selesai, kamu bisa belajar atau bahkan mengerjakan tugas kuliah.

 

Ikuti kuliah blended learning

Kuliah blended learning merupakan sistem kuliah yang menggabungkan komponen online dan tatap muka. Sistem kuliah yang satu ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin kuliah sambil tetap bekerja, karena materi kuliah online nya bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Namun kamu tetap bisa mendapatkan manfaat pertemuan offline dengan teman satu kelas dan dosen pengajar.

 

Akses pertemuan tatap muka bisa menjadi ajang membangun network dengan banyak orang yang bekerja di bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Dengan begitu, kamu bisa menambah wawasan dan membuka peluang berkarir lebih banyak.

 

Ada banyak universitas yang menyediakan sistem menarik ini, beberapa di antaranya merupakan universitas yang populer di Jakarta dan Bandung. Dengan metode ini, kamu tidak harus ke kampus setiap hari sehingga pekerjaan tetap bisa dijalankan dengan lancar dan kamupun tetap mendapatkan penghasilan bulanan yang lancar untuk membayar biaya kuliah.

 

Kalau kamu tertarik dengan kuliah dengan metode ini, kamu bisa coba cek-cek di Pintariasebuah portal pendidikan S1 dan S2 blended learning pertama di Indonesia yang menawarkan banyak program menarik dari 9 universitas swasta favorit di Jakarta dan Bandung yang terakreditasi A dan B. Beberapa universitas yang bekerjasama diantaranya adalah Universitas Al-Azhar, Universitas Sahid, PPM School of Management dan masih banyak lagi.

 

Jangan lupa istirahat

Kuliah sambil bekerja tentu akan menghabiskan banyak tenaga, tidak sedikit orang yang begitu kelelahan ketika menjalani dua kegiatan ini. Meski terbilang sibuk, memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting agar dua kegiatan ini bisa berjalan sebagaimana mestinya dan mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Jangan pernah menganggap remeh istirahat dan kesehatanmu, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada performa pekerjaan maupun kegiatan perkuliahan. Jika merasa sudah lelah, istirahatkan tubuh selama yang Anda butuhkan.

 

Nah sudah paham kan bagaimana menyiasati jika ingin kuliah sambil bekerja? Jadi, kuliah online sambil bekerja, kenapa nggak?


Pintaria Pintaria