Beranda > Karier Sukses > Coba Cara Menabung Kakeibo dari Jepang Agar Hemat dan Cepat Kaya

Coba Cara Menabung Kakeibo dari Jepang Agar Hemat dan Cepat Kaya

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Coba Cara Menabung Kakeibo dari Jepang Agar Hemat dan Cepat Kayawatermark

TUNAIKU.COM – Pernahkah kamu mendengar adanya cara mengatur keuangan Kakeibo? Cara pengaturan keuangan ini berasal dari Jepang. Jadi kamu akan diminta untuk membuat daftar kebutuhan selama satu hari, minggu, bulan, hingga tahun. Bagaimana, penasaran?

 

Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah mengetahui jumlah uang yang bisa kamu tabung setiap tahun. Kamu pun jadi tahu bagaimana cara menyiasati agar jumlah tabungan tahunan bertambah, mengetahui pengeluaran mana saja yang nggak perlu, dan merampingkan pengeluaran. Tentu kamu jadi lebih hemat dalam kehidupan sehari-hari karena tahu mana yang nggak perlu dan mana yang bisa dikecilkan jumlahnya.

 

Lalu, bagaimana saja cara mengatur keuangan Kakeibo itu? Yuk simak langkah-langkah berikut:

 

1. List kebutuhan bulanan

Pertama-tama, catat semua kebutuhanmu setiap bulannya. Kebutuhan ini meliputi sewa rumah, cicilan, biaya SPP bulanan anak, air, listrik, dan lain sebagainya. sebenarnya untuk mempermudahmu mendata jumlah pengeluaran setiap bulan, kamu juga bisa berpatokan pada biaya pengeluaran sehari-hari dan tagihan yang datang setiap bulan.

 

2. Catat kebutuhan sehari-harimu

Selanjutnya, kamu bisa membagi kebutuhan bulanan itu menjadi kebutuhan mingguan sampai kebutuhan sehari-hari. Ada pun kebutuhan mingguan ini meliputi biaya makan, transportasi, hiburan, pulsa, dan lain sebagainya. Selanjutnya, kamu pun bisa menentukan berapa kira-kira total pengeluaranmu dalam satu hari.

 

3. Tetapkan jumlah tabungan

Setelah kamu mengetahui apa saja kebutuhanmu dalam satu bulan, kamu pun bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Tambahkan pengeluaran tadi sampai kamu menemukan jumlah total pengeluaran bulananmu. Setelah itu, kurangkan pendapatan dengan total pengeluaran per bulan. Didapatkan hasil berupa sisa uang yang itu akan dimasukkan dalam pos tabungan.

 

Artikel terkait: Jenis tabungan yang bisa kamu coba

  1. Yuk, Kenali Beragam Jenis Tabungan di Bank
  2. Syarat dan Manfaat dari Tabungan Emas, Wajib Tahu!
  3. Apa Sih Tabungan Online? Yuk Kenali Lebih Dekat Lagi

 

4. Terapkan target tahunanmu

Tentu kamu memiliki target-target yang ingin dicapai dalam satu tahun. Target ini biasanya mulai kamu susun mendekati akhir tahun. Tentu kamu bisa berpatokan dengan kondisi-konsisi selama satu tahun ke belakang untuk menyusun targetmu.

 

Adapun target tahunan di sini berdasarkan tujuan yang ingin kamu capai. Beberapa di antaranya meliputi target kepemilikian usaha dengan modal sendiri, target jumlah tabungan, target investasi, kebutuhan-kebutuhan tersier apa saja yang ingin dimiliki (mobil, dll.), target kota mana saja yang ingin dikunjungi buat kamu yang menyukai traveling, dan lain sebagainya.

 

Artikel terkait: Menyukai traveling? Begini caranya biar hemat

  1. Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghemat Uang Transpor saat Traveling
  2. Lakukan 5 Cara Ini Agar Lebih Menghemat Uang Makan Saat Traveling
  3. Mau Hemat Saat Liburan? Yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Saat Traveling Berikut ini!

 

5. Evaluasi

Terakhir, kamu bisa melakukan evaluasi. Sandingkan daftar kebutuhan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan tadi dengan target tahunanmu. Apakah targetmu nggak bisa dicapai atau justru kurang besar? Apakah ada pengeluaran yang terlalu besar dan sehingga bisa dirampingkan? Atau mungkin ada kebutuhan yang sebenarnya nggak butuh-butuh amat. Kalau memang ada, kamu bisa lebih berhemat dan otomatis jumlah tabungan yang ingin kamu capai pun bertambah.

 

Itu dia cara menabung menggunakan metode Kakeibo. Bagaimana, tertarik mencobanya? Saya sih tertarik ingin mencoba, ya. Mumpung sudah pertengahan tahun. Siapa tahu bisa diterapkan untuk tahun 2019, hehehe.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett