Beranda > Gaya Hidup > Mau Hemat Saat Liburan? Yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Saat Traveling Berikut ini!

Mau Hemat Saat Liburan? Yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Saat Traveling Berikut ini!

Mau Hemat Saat Liburan? Yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Saat Traveling Berikut ini!watermark

TUNAIKU.COM – Minggu ini adalah masa penerimaan rapot bagi anak sekolah, setelah itu masa liburan sekolah akan tiba. Nah, bagi anda yang sudah punya rencana travelling tentu sudah siap-siap berlibur baik bersama teman, saudara atau keluarga. Atau barangkali kamu masih belum punya rencana piknik karena ragu-ragu soal biaya? Ya..travelling memang terkait yang punya dana lebih saja, namun sejatinya ada banyak cara berhemat dalam travelling.

Bagi anda yang sudah punya tujuan travelling atau bagi kamu yang masih hitung-hitungan biaya piknik, tips hemat saat liburn ini bisa kalian coba praktekkan:

 

Demi Efisiensi Waktu, Siapkan Rute Perjalanan Supaya Tidak Nyasar dan patuhi Time Schedule

Saat ini sudah banyak aplikasi yang membantu kamu untuk travelling secara mudah dan nyaman. Mau nyari rute terdekat menuju lokasi, tempat kuliner, masjid, pom bensin, sampai bengkel terdekat bisa anda temukan di beberapa aplikasi seperti Google Maps, Waze, GPS dan sebagainya. Pastikan perangkat kamu cukup mendapatkan supply battery dalam jangka panjang, mengingat aplikasi panduan rute berbasis satelit membutuhkan suply daya yang cukup besar.

Tanpa persiapan rute dan time schedule selain nyasar, bisa jadi kamu tidak fokus pada alokasi waktu sehingga tidak semua agenda travelling bisa kamu kunjungi secara lengkap. Sayang kan…sudah keluarin duit banyak, bahkan sampe dibelain cuti panjang, momen juga pas liburan sekolah, eh ternyata gak semua lokasi wisata bisa dikunjungi. Alasan klise muncul..waktunya kurang panjang!

 

Bawa Barang Secukupnya Saja, Kalo Perlu yang Sekali Pakai

Urusan bawa barang ringkes bagi mau yang hobi travelling atau suka backpaker tentu sudah langsung paham. Bagi yang belum mesti belajar, supaya nanti kamu tidak repot saat travelling. Tas ransel, sepatu kets atau sepatu yang bisa dilipat,  sikat gigi yang bisa dilipat satu kotak bareng sama odolnya, atau sabun yang bahannya kayak kertas merupakan contoh barang ringkas yang cocok buat travelling. Hindari bawa tas yang ditarik ada rodanya, walaupun bawa anak kecil, kurang praktis dan ribet kalau lagi buru-buru.

 

Harus Sigap dan Cepat Mengambil Keputusan atau Inisiatif saat Travelling diluar jadwal yang sudah dibuat

Kadangkala travelling tidak bisa mulus sesuai rencana, apalagi jika agenda jalan jalan kamu terkait dengan cuaca atau kondisi alam. Msalnya saja saat wisata ke pulau di seberang yang butuh perjalanan kapal dan ternyata saat mau balik cuaca tidak mengijinkan sehingga kamu harus extend nginep diluar agenda dan budget yang sudah dibuat.

Jika mengalami kondisi seperti ini, sebelum berangkat mesti siapin Plan A, B, C akalo perlu sampai D. Saat terjadi kendala eksekusi pindah Plan bisa cepat dilakukan. Jika tidak biaya jadi membengkak diluar prediksi.

 

Survey yang lagi Trend di Lokasi Tujuan

Orang mau piknik tentu yang dicari segala yang khas dari tempat wisata yang mau dikunjungi, apakah kulinernya, view alamnya, budayanya atau aksesoris produk lokal daerah tersebut. Nah, saat ini sudah banyak aplikasi untuk cek tren tujuan wisata yang sedang berkembang. Setelah cek, kamu bisa bandingkan harga atau biaya yang mesti kamu keluarkan untuk membeli produk atau jasa tersebut. Misalnya, kamu ingin lihat kawah Gunung Bromo, disitu ada pilihan apakah naik Jeep atau yang lainnya. Coba saja cek dan bandingkan tarif dan harga resmi transportasi dan pernak pernik aksesoris produk lokal disana yang sedang tren.

 

Travelling Rombongan (Family Gathering) buat share budget

Disela kepenatan kerja, saat ini sudah jamak ditemukan acara family gathering. Travelling bersama ini jelas sangat menguntungkan, apalagi kalo kantor yang bayarin. Manfaatkan acara piknik bareng seperti ini untuk kebersamaan dengan keluarga dan teman sejawat. Tak ada salahnya usulan tujuan wistaa dibahas bareng supaya bisa mengakomodir keinginan sebagian besar peserta travelling.

Selain hemat biaya karena bisa share budget, family gathering juga mudah dalam mengunjungi lokasi tujuan wisata karena biasanya menggunakan tour guide.

 

Be Stylish and Tetap Modis

Modis tidak harus mahal. Jika ingin hemat hindari beli pakaian atau aksesoris di lokasi wisata yang tidak punya ciri khas tempat tersebut. Beli produk di lokasi wisata tentu lebih mahal dibandingkan dengan beli di luar tempat wisata. Buat mengabadikan momen, pakai saja smartphone, gak usah gaya beli Camera Canon segala..Toh smartphone saat ini justru lebih praktis, habis jepret langsung bisa share ke medsos seperti facebook atau instagram. Habis itu, tunggu aja komen yang muncul.

 

Mau Aman? Lindungi dengan Asuransi Perjalanan

Poin terakhir ini sebenarnya bukan untuk tujuan berhemat. Dengan ikut asuransi perjalanan justru kamu mesti keluarin duit buat bayar premi. Sebenarnya gak mahal sih…Cuma ratusan ribu doank…namun manfaatnya langsung kerasa saat..maaf terjadi resiko dalam perjalanan. Untuk yang ini terserah kamu sih..kalo yakin selamet sampai tujuan ya gak perlu ikut.

Nah, asyik bukan? Travelling ternyata tak semahal yang dibayangkan. semoga liburan anda sekeluarga, atau bareng  kawan-kawan kian menyenangkan dengan tips hemat biaya diatas.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett