Beranda > Karier Sukses > Cara Memanfaatkan Nasihat Orang untuk Meningkatkan Bisnis Startup

Cara Memanfaatkan Nasihat Orang untuk Meningkatkan Bisnis Startup

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
Cara Memanfaatkan Nasihat Orang untuk Meningkatkan Bisnis Startupwatermark

TUNAIKU.COM – Memulai sebuah perusahaan startup bukanlah sebuah tugas yang mudah. Walau terdengar seru dan memiliki prospek, ada kalanya kamu menemui tantangan dan masa-masa berat, terutama ketika kamu baru saja memulainya. Ketika menghadapi sebuah masalah dan pikiran buntu, kamu tentu berpikir untuk berkonsultasi dan meminta nasihat dari teman, rekan, atau bahkan pengusaha yang lebih senior dan berpengalaman dari kamu.

 

Berkonsultasi dan meminta nasihat dari orang lain bukanlah sesuatu yang buruk. Hal itu justru positif untuk dilakukan untuk melihat masalah dari perspektif lain. Cara ini juga berpotensi membimbingmu menemukan solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Akan tetapi, ada kalanya nasihat atau saran bisnis dari orang lain nggak membuahkan hasil. Atau bahkan lebih buruk lagi, nasihat tersebut membawa dampak buruk bagi perusahaanmu. Akibatnya, tetap nggak ada jalan keluar buat masalah yang kamu hadapi.

 

Artike Terkait: Tips dan trik sukses dalam berbisnis.

  1. Kunci Sukses di Bisnis AirBnb, Wajib Tahu!
  2. Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viral
  3. Golden Rules dalam Mencapai Kesuksesan Bisnismu

 

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika hal itu terjadi? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berada dalam situasi tersebut.

 

1. Kamu harus mencari ide bisnis yang punya dampak masif

Satu hal yang harus kamu ingat ketika memulai sebuah startup company adalah kamu harus mencari ide bisnis yang memiliki dampak masif, atau punya target pasar yang luas. Kamu bisa mencari ide bisnis yang mungkin terdengar umum atau mainstream, tapi nggak banyak yang mengembangkannya dengan sesuatu yang lebih kreatif. Pikirkan tentang mengembangkan sebuah bisnis sepatu wanita.

 

Nah, semua wanita pasti mengenakan sepatu. Namun, sudah banyak perusahaan yang menjual sepatu. Yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana produk sepatu yang kamu jual berbeda dari perusahaan lain. Selain itu pikirkan cara bagaimana memberikan sebuah produk atau pengalaman yang berbeda kepada konsumen.

2. Eksekusi ide bisnis dengan elemen dasar

Semua pengusaha memiliki visi bisnis, akan tetapi tantangan yang sebenarnya terletak pada bagaimana menjalankan visi tersebut melalui tindakan nyata atau mengeksekusi visi tersebut. Nah, prosesnya kemungkinan besar nggak berjalan semulus yang kamu pikirkan. Bahkan ada kemungkinan gagal.

 

Hal-hal yang menyebabkan kegagalan itu bisa datang dari elemen dasar seperti penentuan harga atau masalah manufaktur. Kadang-kadang startup companies nggak mencapai target karena produk yang mereka buat nggak punya target dasar. Dalam dunia usaha, hal semacam ini adalah hal biasa. Yang perlu kamu ketahui adalah kamu menjalankan bisnis dengan resiko trial and error. Jadi selalu buat rencana dan analisis bisnis, dan jangan segera menyerah ketika rencana bisnismu nggak berhasil. Kesuksesan adalah jalan yang panjang dan bakal banyak naik-turunnya selama kamu menjalankan bisnis.

 

3. Sadari nggak ada yang namanya “perfect playbook

Ketika mendengar cerita sukses seseorang atau perusahaan tertentu, terlintas pertanyaan-pertanyaan seperti “apa sih rahasianya?” Ini pertanyaan yang nggak salah, akan tetapi nggak ada satu jawaban yang definitif untuk semua orang. Perusahaan yang berhasil nggak punya formula tertentu sebab setiap bisnis punya keunikannya tersendiri. Barangkali saran tertentu bisa berhasil pada 2018. Akan tetapi saran yang sama belum tentu bekerja baik sepuluh tahun mendatang.

 

Bisnis selalu berkembang sesuai dengan waktu. Begitu juga dengan tantangan serta bagaimana cara menyelesaikannya. Yang perlu kamu sadari dari hal ini adalah nggak ada yang namanya perfect playbook yang bisa kamu pakai sepanjang waktu.

 

Sebaliknya, kamu perlu membuka pikiran dan terus belajar serta selalu menantang diri kamu untuk mencoba sesuatu yang baru, yang tentu saja sesuai dengan perkembangan bisnismu.

 

Artikel Terkait: Memilah pilihan investasi dan bisnis.

  1. Ini Destinasi Liburan Bareng Pasangan Berdasarkan Zodiak!
  2. Bosan ke Pantai, 7 Wisata Hutan Indonesia Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan
  3. 5 Pilihan Tempat Wisata yang Cocok untuk Manula

 

Itulah tiga hal yang perlu kamu lakukan. Bisnis memang nggak ada aturan saklek-nya. Tapi paling nggak kamu mengetahui hal-hal sederhana yang bisa membantu kamu ketika menghadapi pikiran buntu. Semoga suskes!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett