Beranda > Gaya Hidup > 5 Pilihan Tempat Wisata yang Cocok Untuk Manula

5 Pilihan Tempat Wisata yang Cocok Untuk Manula

KENNY CAROLINEKenny Caroline
5 Pilihan Tempat Wisata yang Cocok Untuk Manulawatermark

TUNAIKU.COM – Sewaktu trekking di Annapurna Sanctuary, Nepal tahun lalu, saya sempat bertemu dengan beberapa trekker berusia di atas 60 tahun. Jujur saya cukup kaget melihat mereka yang notabene manula. Di sisi lain, saya pun merasa kagum melihat semangat dan kegigihan para manula ini untuk naik turun jalur pegunungan sepanjang 80 km itu.

 

Sewaktu ngobrol dan bertanya mengapa mereka mau jauh-jauh dan capek-capek trekking di Himalaya, jawaban mereka kompak, walau sudah tua, mereka nggak ingin berhenti melihat dunia.

 

Dalam bahasa lain, manula juga butuh piknik, hehehe! Di usia senja, berwisata justru menjadi solusi agar para manula tetap semangat. Tapi kalau di Indonesia sepertinya agak ekstrim ya kalau membawa kakek atau nenek naik Mahameru atau Rinjani. Gunung-gunung di Indonesia terjal dan rata-rata memiliki jalur yang melelahkan. Tentu, harus ada pilihan lain agar manula tetap bisa eksis.

 

Tapi sebenarnya banyak kok, tempat wisata yang cocok untuk manula dan menyesuaikan dengan kondisi fisik mereka. Supaya nggak bingung, saya sudah mengumpulkan 5 pilihan tempat wisata yang cocok untuk manula. Siapa tahu kamu ingin mengajak kakek, nenek, atau orangtua kamu berwisata juga.

 

Artikel Terkait: Tips dan trik liburan ke luar negeri.

  1. 9 Negara Ini Bisa Kita Kunjungi Tanpa Visa, Lho!
  2. Satu Minggu Liburan Murah ke Jepang di Bawah Rp10 juta
  3. Ingin Liburan Luar Negeri Murah? Ini Destinasi dengan Bujet Rp10 Juta

 

1. Pantai

 

A post shared by #DifotoinNela (@dekneeel) on


Nggak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan santai di tepi pantai. Angin yang berhembus, alunan suara ombak, dan segarnya air kelapa muda sudah tentu mampu meregangkan otot segala usia termasuk manula. Bawalah kakek dan nenekmu ke pantai dan bersantailah bersama mereka.

 

Berjalan di pasir dengan selingan kerikil nggak bakal bikin mereka ngos-ngosan kok. Sebaliknya, bakal bikin mereka sehat. Kamu cukup beruntung karena tinggal di Indonesia. Banyak pilihan pantai yang bisa kamu pertimbangkan seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta.

 

2. Perkebunan atau taman bunga

Jenis tempat wisata ini juga cocok untuk manula. Mereka bisa keliling sebentar lalu duduk memandangi warna-warna cantik yang bikin suasana hati cerah. Mereka bisa menikmati udara segar atau sekedar berfoto-foto dengan anak cucu. Kamu bisa membawa mereka ke Taman Bunga Nusantara di Cianjur atau Taman Bunga Begonia di Bandung, Jawa Barat.

 

3. Museum

Area museum dikenal ramah bagi para manula. Karena umumnya museum adalah ruangan tertutup, kemungkinan orangtua bakal kepanasan adalah nol. Mereka pun bisa berkeliling sambil menikmati eksibisi atau belajar hal baru tanpa kelelahan karena ukuran museum nggak terlalu luas. Membawa mereka ke museum bakal bermanfaat buat kamu juga. Kamu bisa menghabiskan quality time dengan kakek dan nenek serta belajar hal baru.

 

Artikel Terkait: Rencana dulu, baru liburan.

  1. Agar Liburan Nyaman, Yuk Pilih Tas dan Koper yang Oke. Ini Tipsnya!
  2. 8 Cara Bisa Liburan Tanpa Harus Takut Kehabisan Uang
  3. Tips Liburan Mewah tapi Tetap Hemat

 

4. Kampung Wisata


Lokasi wisata ini juga ideal untuk membawa orangtua dan manula jalan-jalan. Di kampung wisata, mereka bisa menikmati ketentraman suasana kampung atau pedesaan. Sejuknya kampung pun bisa bikin kualitas hidup mereka meningkat. Di samping itu, mereka pun bisa belajar seni di kampung wisata. Banyak jenis kesenian yang bisa mereka coba. Contohnya adalah melukis batik. Kamu bisa menemukan kampung wisata di Yogyakarta, Semarang, Bogor, hingga Bali.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit online, kredit tanpa kartu kredit, kredit mudah dan cepat, kredit tanpa agunan, manula, tempat wisata untuk manula

 

5. Resort

A post shared by Cindy Jessica (@cin_jezz) on

Membawa kakek dan nenek bersantai di resort adalah keputusan yang tepat. Pada umumnya, manula menghindari aktivitas yang bikin capek. Bersantai sambil mengobrol di resort sudah cukup menyenangkan buat mereka. Hampir setiap tempat wisata memiliki resort. Kamu tinggal pilih sesuai budget.

 

Ingat guys, usia senja nggak berarti bikin manula malas jalan-jalan. Mereka cuma butuh alternatif destinasi yang sesuai dengan kondisi fisik dan usia saja. Mungkin pula, mereka sedang menunggu kamu untuk mengajak mereka pelesiran. Karena itu luangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

 

Bicara soal plesiran di kota-kota di Indonesia, tahukah kamu? Tunaiku sekarang sudah hadir di 8 kota lho. Selain itu, jumlah pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tunaiku pun naik, mulai dari Rp2-20 juta dengan tenor 6-20 bulan. Tunggu apa lagi, ajukan pinjaman ke Tunaiku untuk kebutuhan apa saja. Yuk!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett