Beranda > Gaya Hidup > Bosan ke Pantai, 7 Wisata Hutan Indonesia Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan

Bosan ke Pantai, 7 Wisata Hutan Indonesia Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan

Bosan ke Pantai, 7 Wisata Hutan Indonesia Ini Bisa Jadi Destinasi Liburanwatermark

TUNAIKU.COM – Akhir tahun sudah semakin dekat. Itu berarti, rencana liburan kamu akan segera terealisasikan. Nah, bagi kamu yang belum tahu mau ke mana; atau sudah tahu–tetapi bosan dengan pilihan yang itu-itu saja, yuk, baca lebih lanjut tulisan ini.

 

Berada di jalur khatulistiwa, nggak heran kalau Indonesia punya alam yang indah banget. Bukan hanya soal pantai yang memesona. Bagaimanapun, kita wajib berbangga lantaran punya banyak hutan tropis yang nggak kalah cantik. Nah, berikut adalah 7 rekomendasi hutan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Penasaran?

 

Artikel Terkait: Tips buat Kamu yang Mau Jalan-jalan

  1. 7 Benda Wajib Dibawa Saat Liburan Daripada Beli Mahal di Tempat Tujuan
  2. Liburan ke Thailand dengan Bujet Minim Tahun Depan? Simak Tips dari 3 Orang Ini!
  3. Ini Dia Caranya Bisa Nginap Gratis Selama Traveling

 

1. Hutan Mangrove Megapanda

Berlokasi sekitar 30 km dari pusat kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur–hutan ini memiliki luas sekitar 70 hektare dan dikelilingi bukit hijau nan indah. Saking indah dan hijaunya, area perbukitan yang berada di Desa Reroroja kerap dijuluki Bukit Teletubbies, lho. Soalnya, mirip, sih, dengan bukit di serial anak zaman dulu.

 

Selain itu, Hutan Megapanda juga dilengkapi dengan jembatan bambu sepanjang 450 meter. Nggak cuma itu saja. Ada pula 2 buah lopo (rumah adat)  di tengah hutan dan tepi pantai, juga menara pemantau yang memudahkan Anda menikmati keindahan dari ketinggian 50 meter.

 

2. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

 

Kamu bisa mengunjungi hutan bakau ini di Penjaringan, Jakarta Utara. Ditangani langsung oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, hutan ini dikelola oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

 

Nah, buat kamu yang ingin berkeliling hutan, telah disediakan jalan setapak yang terbuat dari bambu untuk tempat berjalan kaki. Selain itu, kamu juga bisa menjajal jasa penyewaan kano dan boat. Biayanya terjangkau, mulai dari Rp100 ribu per orang.

 

Oh ya, kamu bisa, lho, merasakan langsung sensasi bermalam di sini. Ada penginapan, area berkemah, kantin, toilet, hingga saung untuk beristirahat.  

 

3. Terminal Grafika

 

Tempat wisata yang berlokasi di Bandung ini menyajikan kenikmatan yang berbeda dengan tempat liburan biasanya. Di Terminal Grafika, kamu akan menemukan sebuah kompleks wisata yang berada di tengah hutan pinus dan memiliki udara yang sangat sejuk.

 

Nggak cuma itu, di Terminal Grafika, kamu bisa berkunjung ke salah satu restoran yang enak banget. Apalagi, makanannya masih segar. Nah, kalo kamu ingin menikmati keindahan tempat ini lebih lama, jangan ragu untuk bermalam, ya. Soalnya, banyak penginapan dengan fasilitas terbaik disediakan di sini.  

 

4. Stone Garden

A post shared by Axl Tay (@axltay) on

 

Romantis itu nggak selamanya harus makan malam di restoran, kan? Makan seadanya di alam juga bisa menjadi momen yang romantis, lho. Kalau kamu punya pasangan, atau setidaknya gebetan, saya menyarankan kamu pergi ke kawasan Stone Garden. Posisinya nggak jauh dari Gunung Pawon, Cipatat, Bandung.

 

Di sini, kamu nggak cuma merasakan sensasi pendakian yang menantang. Susunan batu kapur unik di puncaknya, membuatmu seperti berasa di negeri dongeng. Penasaran?

 

5. Setu Babakan

A post shared by Eris Razak (@ezackz) on

 

Tempat wisata alam lain yang perlu kamu kunjungi adalah Setu Babakan. Setu Babakan merupakan tempat wisata yang sarat dengan wisata budaya, terutama kebudayaan Betawi, suku asli Jakarta.

 

Setu Babakan berada di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Di tempat ini kamu bisa mengenal lebih jauh kebudayaan Betawi. Ini meliputi rumah adat, kesenian, hingga kuliner khas.

 

Selain itu, untuk menikmati keindahan alam di Setu Babakan, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Dijamin, kamu pasti senang berkunjung ke sini, deh.

 

Artikel Terkait: Persiapan Liburan ke Luar Negeri

  1. Jadi Turis yang Baik, Ketahui Etika Memberi Tip Saat Berlibur ke 5 Negara Asia Berikut Ini!
  2. Lebih Baik Tukar Rupiah ke Mata Uang Asing di Indonesia atau Luar Negeri?
  3. Sekarang Ambil Nomor Antrean Bikin Paspor Bisa via WhatsApp!

 

6. Liang Mangkulangit

A post shared by Fadlan Golef (@fadlan_imf) on

 

Liang Mangkulangit atau yang disebut juga Goa Mengangkat Langit adalah sebuah gunung batu yang berfungsi sebagai dinding dan atap bagi Sungai Kandilau. Objek wisata yang berada di Kabupaten Paser ini benar-benar akan memanjakan matamu.

 

Adapun di Liang Mangkulangit, kamu akan menyaksikan langsung megahnya dinding dan tebing batu; serta kawasannya yang masih asri. Pantas saja, aneka satwa liar dan pohon tropis betah hidup di sana. Untuk sampai di kawasan ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Kota Balikpapan, plus menyewa perahu motor dengan waktu tempuh 10 menit.

 

7. Samboja Lodge

Samboja Lodge adalah sebuah area penginapan eksklusif yang terletak di daerah Kutai Kartanegara dan berada tepat di tengah hutan hujan tropis Kalimantan. Penginapan ini, merupakan bagian dari kawasan hutan konservasi Samboja Lestari, yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Kalau kamu pengin merasakan sensasi menginap di tengah hutan di dalam bangunan khas masyarakat Dayak, di sinilah tempatnya.

 

Penginapan berelemen kayu, plus ukiran khasa Dayak akan menjadi tempatmu menginap. Nggak tanggung-tanggung, penginapan ini langsung menghadap ke hutan. Fasilitasnya tergolong lengkap, seperti restoran, layanan kamar, parkir, bar, dan tentu saja, tempat tidur yang nyaman. Coba, kapan lagi kamu bisa menginap di tengah hutan dan ditemani suara binatang liar?  

 

Itulah 7 area hutan yang bisa kamu kunjungi untuk liburan. Ingin coba yang mana?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

pinjaman tanpa agunan

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett