Beranda > Karier Sukses > Begini Cara Orang Sukses Mengelola Amarahnya yang Bisa Kamu Tiru

Begini Cara Orang Sukses Mengelola Amarahnya yang Bisa Kamu Tiru

PAULUS RISANGPaulus Risang
Begini Cara Orang Sukses Mengelola Amarahnya yang Bisa Kamu Tiruwatermark

TUNAIKU.COM – Marah adalah bentuk emosi yang pasti dimiliki manusia. Hal-hal pemicu kemarahan seringkali nggak bisa dihindari. Ada banyak alasan untuk kita marah, baik terhadap diri sendiri ataupun orang lain.

 

Boleh saja mengekspresikan kemarahan, itu hal yang manusiawi. Tapi saran saya, sih, jangan terlalu berlebihan ya. Takutnya nanti bisa membawa dampak negatif ke dalam kehidupanmu. Entah itu kehidupan keluarga, percintaan, karier, atau bisnis. Nah, lalu bagaimana cara orang sukses menghadapi amarah? Yuk, simak artikel di bawah ini!

 

Artikel terkait: Kiat-kiat sukses yang inspiratif

  1. Sifat-sifat yang Wajib Kamu Miliki Kalau Ingin Sukses
  2. Tantang Dirimu untuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Menginjak 40 tahun
  3. Coba Cara Menabung Kakeibo dari Jepang Agar Hemat dan Cepat Kaya

 

1. Nggak menunjukkan kemarahannya

Orang sukses nggak perlu menunjukkan ekspresi ketika mereka sedang sedih, kecewa, sangat gembira, atau bahkan sedang marah. Ekspresi mereka sama, tetap hangat dan bersemangat. Sikap mereka mampu membuat orang di sekitarnya ikut bersemangat.

 

Orang sukses mampu menahan amarahnya, mereka nggak suka menjelek-jelekkan pihak lain di depan khalayak.  Semua terkesan normal dengan menunjukkan jawaban yang diplomatis kalau di depan media. Masalah yang ada nggak ditunjukkan di depan publik, tetapi diselesaikan baik-baik.

 

Berbicara dalam keadaan marah hanya akan memperburuk masalah. Bisa jadi kata-kata kita malah menyakiti perasaan orang lain. Namun, kalau kita diam dan menunggu waktu sampai hati tenang, kita bisa berpikir logis dan masalah dapat diselesaikan dengan mudah.

 

2. Menjadikan amarah sebagai motivasi

Ada baiknya kita belajar dari orang sukses yang seringkali menjadikan amarah sebagai motivasi untuk mencapai target lebih tinggi. Ketika amarah mengampiri, jadikan perasaan ini sebagai motivasi untuk naik level. Misalnya, saat orang-orang memandang rendah usaha kita, atau ketika atasan nggak menghargai hasil kerja keras kita. Jadikan amarahmu sebagai pemacu agar kamu bisa membuktikan bahwa bisa sukses dengan cepat.

 

3. Menjadikan amarah untuk melawan rasa takut

Kerap kali kita merasa takut terhadap kegagalan, bahkan sebelum mencobanya. Kita juga sering merasa takut terhadap ketidakpastian, sehingga selalu mencari titik aman.

 

Amarah adalah bentuk perasaan universal yang kerap menguasai diri kita. Sebenarnya, amarah bisa digunakan untuk melawan rasa takut yang bisa menghambatmu berkembang, lho.

 

Misalnya, saat kamu gagal dalam berbisnis. Kamu nggak pantas putus asa dan malu. Gunakan amarah yang kamu miliki, marahlah terhadap diri sendiri dan segera perbaiki kesalahanmu. Kamu bisa mengambil pelajaran dari kesalahanmu. Cobalah untuk kembali berbisnis, bangkit dari keterpurukan.

 

4. Menuangkan amarah dalam karya seni

Bagi orang seni, nggak ada gunanya marah-marah, mereka justru menggunakan amarah untuk membuat karya seni. Seniman yang memiliki tingkat kreativitas tinggi akan menorehkan kemarahannya pada kanvas sehingga menghasilkan mahakarya.

 

Taylor Swift juga salah satu penyanyi yang terkenal karena menuangkan perasaannya dalam sebuah lagu. “We Are Neve Getting Back Together” adalah salah satu lagu untuk mengungkapkan kemarahan dan kekecewaannya pada mantan pacar.  Hasilnya, lagu itu menduduki top chart di berbagai negara.

 

Artikel terkait: Yuk, tingkatkan produktivitasmu

  1. Produktif Menurut CEO Dunia, Ini Tips yang Bisa Ditiru
  2. 9 Cara Agar Selalu Produktif di Kantor, Makin Aktif dan Tambah Semangat
  3. 5 Cara Tepat Ubah Rutinitas Pagi Agar Lebih Produktif dan Sukses

 

5. Acuhkan pemicu kemarahan

Orang sukses nggak punya waktu untuk mendengarkan ujaran kebencian pihak-pihak yang nggak menyukainya. Orang sukses hanya fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Ketika kita mendengarkan provokasi lawan, justru energi kita akan habis sia-sia. Sebaliknya, kalau kita mengacuhkan kata-kata lawan, mereka akan kehilangan minat dan nggak mengganggu lagi.

 

Katakan kepada diri sendiri bahwa kemarahan ini nggak akan membantumu dengan cara apapun. Kemarahan hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

 

Jadi, daripada marah-marah saja, lebih baik amarahmu digunakan untuk mendulang kesuksesan kan? Yuk, mulai melangkah menuju kesuksesan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett