Beranda > Karier Sukses > Alasan Mengapa Mengganti Jalan Karier Ternyata Bisa Bawa Kebahagiaan

Alasan Mengapa Mengganti Jalan Karier Ternyata Bisa Bawa Kebahagiaan

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Alasan Mengapa Mengganti Jalan Karier Ternyata Bisa Bawa Kebahagiaanwatermark

TUNAIKU.COM – Tak dapat dipungkiri kalau kondisi karier itu bisa memengaruhi kebahagiaanmu. Kalau kondisi kariermu baik, semua target pekerjaan tercapai misalnya, kamu akan dihargai oleh banyak orang, bahkan mendapat bonus atas keberhasilan tersebut.

 

Artikel Terkait: Baca Tips Berikut untuk Karier yang Gemilang

  1. Hindari 5 Hal Sepele Ini Supaya Karier Tetap Gemilang
  2. 8 Hal Pentingnya Self-Management dalam Menunjang Karier
  3. 5 Buku Enterpreunership yang Wajib Dibaca untuk Menunjang Karier

 

Namun, jangan cepat puas dan terlalu nyaman dengan karier yang kamu miliki sekarang. Terlebih kalau kamu sudah mulai merasa jenuh dan kurang bersemangat untuk bekerja.

 

Kamu harus mulai melihat lagi, apa sih, sebenarnya passion dan tujuan hidupmu. Apakah kamu sudah menjalani hidup yang kamu inginkan?

 

Kalau ya, tentu itu akan sangat baik untukmu. Namun, kalau belum, nggak ada salahnya lho, membuat rencana untuk mengganti karier. Siapa tahu, kariermu yang baru justru lebih sesuai dengan minat dan passion-mu. Dan tentunya, hal ini akan sangat membantumu untuk jadi lebih bahagia bukan?

 

Hal inilah yang saya lakukan lima tahun lalu. Awalnya, saya adalah seorang marketing communication di sebuah perusahaan ritel. Jabatan sudah cukup lumayan. Namun, saya sadar bahwa panggilan hati saya adalah menjadi seorang penulis. Akhirnya, saya beranikan banting stir jadi seorang editor untuk merintis karier menjadi seorang penulis.

 

Awalnya saya takut setengah mati, karena saya tahu kalau risiko memang selalu ada, apalagi waktu itu saya harus mengorbankan karier yang sedang bagus-bagusnya. Nah, kalau kamu mengalami hal yang sama dengan saya, coba pikirkan dengan baik dan perlahan. Buatlah perencanaan yang matang serta deskripiskan tujuanmu dengan jelas dan bertanggungjawab.

 

Jangan sampai, hanya karena nggak suka dengan atasan, atau karena mendapat pekerjaan yang sulit, kamu langung memutuskan untuk ganti jalan karier. Kalau itu yang terjadi, maka jangan harap deh, kamu bisa lebih bahagia dengan keputusan itu.

 

Lalu bagaimana caranya agar bisa lebih bahagia ketika mengganti jalan karier?

 

Pertama, kamu harus pastikan bahwa pilihanmu itu nggak salah. Kamu punya alasan yang kuat untuk resign dari pekerjaan lama dan memilih karier yang baru. Usahakan untuk tidak mengulangi kesalahan dengan memilih pekerjaan yang bukan kamu banget! Jadi, pastikan karier yang baru ini lebih sesuai dengan passion-mu, ya.

 

Kedua, lakukan pengamatan. Karier yang akan kamu pilih memang sangat kamu banget! Namun, prospek ke depannya kurang baik. Entah karena perusahaannya yang masih baru dan stabilitasnya kurang atau karena bidang bisnisnya terlalu old, kurang kekinian dan sepi peminat.  Kalau sudah begitu, bukannya tambah bahagia, justru kamu akan jadi banyak pikiran. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu melakukan riset sebelum memutuskan, ya.

 

Ketiga, bangun dan perluas relasimu. Dalam dunia profesionalitas, kepercayaan selalu nomor satu. Dan kepercayaan bisa didapat kalau mereka mengenalmu dengan baik. Oleh karena itulah, sebelum memutuskan untuk mengganti karier, kamu perlu memperluas jaringan pertemananmu lebih dulu. Kalau sulit, kamu bisa, kok, meminta bantuan dari social media, seperti LinkedIn atau Instagram untuk bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Mengatasi Permasalahan Kariermu di Kantor

  1. Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Bersemangat saat Pekerjaan di Kantor Tengah Padat
  2. Cara Bertahan dan Atasi Lingkungan Kerja yang Banyak Tukang Gosip
  3. Tips Jitu Cari Pekerjaan Baru saat Merasa Karier Mandek

 

Itulah beberapa cara yang bisa mulai kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk mengganti jalan karier.

 

Ini memang bukan keputusan yang mudah. Namun, selagi kamu masih punya kesempatan, mengapa nggak dilakukan! Setidaknya, dengan keputusan ini, kamu bisa memperjuangkan apa yang benar-benar ingin kamu lakukan.

 

Bagaimana? Berani mencoba?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett