Beranda > Karier Sukses > Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesia

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesiawatermark

TUNAIKU.COM – Lebih tinggi tingkat pendidikanmu tentu lebih banyak lagi peluang yang bisa kamu dapatkan. Itu sudah pengetahuan umum. Kesempatan yang didapatkan oleh sarjana tentu jauh lebih banyak dibanding mereka yang lulusan SMA.

 

Apalagi kalau kamu merupakan lulusan dari universitas luar negeri, sudah pasti kamu akan lebih diperhitungkan oleh perusahaan atau institusi tempat kamu melamar pekerjaan.

 

Yang jadi kendala, enggak semua orang punya biaya untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

 

Artikel terkait: Tertarik ambil S2?

  1. Kuliah Sambil Kerja, Ini Program Pasca Sarjana Terbaik Plus Rincian Biayanya di Universitas Swasta
  2. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  3. Lanjut S2 Hukum di Universitas Swasta di Indonesia? Ini Rincian Biayanya

 

Tapi tenang, sebagai salah satu negara yang diperhitungkan dalam dunia pendidikan, Indonesia memiliki beberapa beasiswa yang ditujukan tentu saja untuk putra-putri bangsa, termasuk kamu, untuk bisa belajar di luar Indonesia.

Apa saja beasiswa tersebut? Ini dia beberapa di antaranya.

 

1. ASEAN Undergraduate Scholarship

ASEAN Undergraduate Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh beberapa kampus ternama dari Singapura, antara lain, Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

 

Beasiswa ini diperuntukkan untuk kamu, pelajar yang nilai akademiknya bagus di SMA. Kamu akan mendapatkan beasiswa secara penuh selama waktu yang seharusnya diperlukan. Jadi misal kamu mengambil jurusan yang membutuhkan waktu normal empat tahun untuk lulus, kamu hanya dibiayai selama empat tahun saja, walaupun mungkin kamu baru lulus setelah lima hingga enam tahun. Jadi kamu harus menanggung biaya penundaan kelulusan kamu sendiri. Oh iya, kamu akan mendapatkan uang tahunan sebesar S$5.800 setiap tahunnya, lho.

 

Ini salah satu kampus yang tergabung dalam ASEAN Undergraduate Scholarship http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/Pages/ASEANUndergraduateScholarship.aspx .

 

2. Fulbright Scholarship

Ingin mengambil S2 atau S3 di Amerika? Kamu harus mencoba program beasiswa Fulbright. Program ini akan membiayai kamu secara penuh, mulai dari tiket pesawat pulang pergi Indonesia–Amerika, biaya kuliah, biaya hidup, serta biaya terkait lainnya. Bahkan, kamu juga memperoleh asuransi kesehatan dan kecelakaan nantinya.

 

Fulbright akan menyediakan beasiswa untuk semua jurusan yang ada di universitas-universitas yang berada di Amerika, kecuali, jurusan yang menyangkut perawatan pasien, pelatihan medis, atau sekolah kedokteran. Fulbright sendiri adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Amerika untuk lebih mempererat hubungan Amerika dengan negara-negara lain. Dan di Indonesia, program Fulbright diurus oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Kamu tertarik? Cek www.aminef.or.id ya!

 

3. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship adalah program beasiswa untuk kamu, warga Indonesia yang ingin mengambil S2 atau S3. Institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda, dan pemerintah Indonesia, bergabung sebagai sponsor untuk membuka lebih banyak kesempatan bagi warga Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belanda.

 

Pendanaan yang diberikan oleh program OTS berbeda-beda tiap kampusnya. Ada yang memberikan tanggungan biaya 100% (penuh), ada yang menawarkan 50% pengurangan biaya studi, ada juga yang hanya 25%. Tapi enggak semua kampus dan enggak semua jurusan di kampus yang masuk dalam program OTS didanai oleh program ini. Jadi kamu harus cermat dalam mengumpulkan informasi. Kamu bisa cek informasinya di sini http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship kalau berminat.

 

4. Australia Awards Scholarship

Melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), pemerintah Australia menyediakan Australia Awards Scholarship, atau untuk Indonesia lebih dikenal dengan Australia Awards Indonesia, bagi kamu yang ingin mengambil gelar Master atau Doktor di Australia. Tawaran beasiswa yang diberikan sesuai dengan bidang-bidang yang menjadi prioritas pembangunan nasional.

 

Artikel terkait: Hal yang membantu kesuksesanmu

  1. Bagaimana Zodiak Mengungkap Rahasia Kesuksesanmu dalam Pekerjaan?
  2. 5 Ritual Pagi Para Tokoh Sukses Dunia. Mau Coba?
  3. Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!

 

Beasiswa ini membiayaimu secara penuh. Bahkan biaya hidup, asuransi kesehatan, dukungan akademis tambahan, tunjangan kerja lapangan, bahkan tiket pesawat reuni di luar maupun dalam negeri. Bidang studi yang diprioritaskan antara lain, ekonomi, infrastruktur, dan pembangunan manusia. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek www.australiaawardsindonesia.org ya.

 

Itu tadi beberapa program beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar-pelajar dari Indonesia. Bagaimana? Ada yang tertarik?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

 

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

pinjaman tunai, tunaiku, KTA, amar bank indonesia, pinjaman online, pinjaman mudah, pinjaman tanpa agunan

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett