Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepatwatermark

TUNAIKU.COM – Selepas SMA, kamu pasti ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan menyandang gelar mahasiswa. Yang jadi masalah, memilih jurusan ternyata bukan hal yang mudah. Banyak yang bingung menentukan jurusan apa yang akan diambil. Saya juga pernah mengalaminya.

Memilih jurusan kuliah jelas bukanlah hal yang main-main karena kamu bakal menjalaninya sampai lulus. Jurusan yang kamu pilih sedikit banyak akan menentukan profesi dan kariermu kelak. Jadi, pastikan kamu sudah mempertimbangkan jurusan pilihanmu secara matang. Kalau masih bingung kuliah apa, kamu dapat memanfaatkan tips berikut untuk menemukan jurusan yang sesuai.

 

1. Kenali hobi dan minat

Hobi adalah sesuatu yang menyenangkan untuk ditekuni. Dengan mengambil jurusan kuliah sesuai dengan hobi dan minat, menjalani perkuliahan bakal terasa lebih menyenangkan. Nah, kalau hobi dan minatmu banyak, cari tahu mana yang paling kamu sukai dan punya prospek cerah di masa depan.

 

Artikel terkait: Jurusan dengan masa depan menjanjikan

  1. 8 Jurusan Kuliah dengan Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan
  2. 9 Jurusan Kuliah di Bidang Teknik yang Prospek Kerjanya Bagus
  3. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

 

2. Bakat dan kemampuan juga patut dipertimbangkan

Selain menilik hobi, kamu juga bisa menyesuaikan jurusan kuliah dengan bakat dan kemampuanmu. Sebagai contoh, kalau kamu pandai di komputasi dan pemrograman, daftar saja di IT. Atau, kamu jago menulis prosa, kenapa nggak daftar di jurusan sastra? Kalau masih bingung, kamu juga bisa mempertimbangkan pelajaran yang unggul di rapormu dan mencari jurusan yang sesuai.

 

3. Lakukan tes psikologi

Kalau masih bingung dengan apa yang menjadi minat dan bakatmu, kamu bisa ikutan tes psikologi, lho. Tes psikologi bermanfaat untuk mengenal dirimu lebih dalam. Tes minat dan bakat adalah salah satu cara paling jitu untuk mengetahui karaktermu, gaya kerja, serta kemampuan dan passion-mu. Hasilnya bisa menjadi acuan dalam menentukan jurusan kuliahmu.

CTABARU2

Mobile Site CTA

4. Lakukan riset mengenai profesi idamanmu

Apa sih yang jadi cita-citamu di masa depan? Kamu mungkin memiliki beberapa referensi profesi yang jadi idamanmu. Nah, coba kenali terlebih dulu seluk-beluk profesi tersebut. Apakah bakal sesuai dengan karakter dan gaya kerjamu? Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalani profesi tersebut? Sebab, ada profesi yang harus sesuai dengan latar belakang studinya seperti dokter, pengacara, teknisi atau akuntan. Nah, jawabannya bisa menjadi referensi dalam memilih jurusan kuliahmu.

 

Artikel terkait: Hal menarik seputar jurusan kuliah

  1. 5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Pindah Jurusan Kuliah
  2. Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!
  3. Ini Dia Serunya Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

 

5. Cek juga kondisi fisikmu melalui tes kesehatan

Beberapa jurusan kuliah mengharuskan mahasiswanya memiliki kondisi fisik yang bagus. Salah satunya adalah bebas buta warna. Tes buta warna biasanya berlaku untuk kedokteran, farmasi, biologi dan desain. Karena mata kuliah tersebut akan berhubungan dengan warna. Maka dari itu periksalah kondisimu sebelum memutuskan untuk mendaftar agar waktumu nggak terbuang percuma.

Itulah beberapa faktor yang harus kamu pikirkan dalam memilih jurusan kuliah. Harapannya sih kamu nggak salah memilih jurusan kuliah dan bisa selesai tepat waktu. Semoga kamu mendapat jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginanmu, ya!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett