Beranda > Karier Sukses > Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!

Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!

Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!watermark

TUNAIKU.COM – Adik-adik kita yang baru saja lulus SMA tengah mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang perguruan tinggi. Tentunya, ada begitu banyak pilihan jurusan yang bisa diambil. Tapi, menjadi mahasiswa di beberapa jurusan ternyata jauh lebih boros dibandingkan dengan jurusan lainnya. Bukan cuma dari uang pangkalnya saja, tapi juga biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses perkuliahan. Nah, ini dia jurusan kuliah yang sangat menguras kantong.

 

1. Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Jurusan yang satu ini memang terkenal sangat mahal. Untuk membayar uang pangkalnya saja, kamu bisa mengeluarkan dana hingga ratusan juta di universitas swasta. Belum lagi ditambah biaya per semester yang mencapai puluhan juta. Itupun masih belum termasuk berbagai biaya lain, seperti membeli buku, praktikum, peralatan, serta biaya tetek bengek lainnya.

 

2. Arsitektur

Jurusan arsitektur memang dipandang sebagai salah satu jurusan bergengsi. Tapi selain kuliahnya berat, biayanya juga cenderung sangat menguras dompet. Nggak hanya uang pangkal dan semesteran yang cukup mahal, tapi juga biaya operasional untuk kuliah sehari-hari.

Mulai dari membeli peralatan menggambar seperti kertas berbagai ukuran, meja gambar, pensil, dan pulpen dengan spesifikasi tertentu, investasi ke laptop yang speknya cukup mumpuni untuk rendering 3D, hingga biaya bahan-bahan membuat maket untuk presentasi.

 

Artikel Terkait: Pilihan jurusan kuliah

  1. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  2. Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!
  3. 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi

 

3. Desain Komunikasi Visual

Sehari-hari bergumul dengan desain membuat mahasiswa DKV harus mengeluarkan dana cukup banyak. Soalnya, bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan juga cukup mahal. Harga peralatan menggambar seperti kertas gambar, buku sketsa, alat lukis, hingga cat poster bisa menggerus isi dompet dengan cepat. Selain itu, laptop yang cukup mumpuni untuk membuat desain dan animasi digital juga menjadi salah satu kewajiban saat kuliah di jurusan ini.

 

4. Seni Rupa

Seperti halnya jurusan DKV, mahasiswa yang kuliah di seni rupa juga menghadapi beban biaya yang nggak jauh beda. Untuk desain interior, misalnya, harus berinvestasi pada meja gambar dan alat-alat lain yang harganya cukup mahal. Sementara untuk yang mendalami seni lukis, alat-alat lukis seperti kertas, kanvas, cat, dan lain-lain jelas harus beli dengan merogoh kocek pribadi. Satu kuas seharga Rp 200.000? Sudah biasaaaa…

 

5. Seni Fotografi

Kemampuan fotografi yang mumpuni itu nggak didapatkan begitu saja. Dibutuhkan ilmu pengalaman, serta peralatan yang cukup agar bisa menghasilkan foto yang spektakuler. Untuk itu, mahasiswa fotografi harus menyisihkan uang untuk investasi peralatan kamera yang kita tahu harganya nggak murah. Belum lagi kalau ada acara hunting foto dengan komunitas guna mengasah kemampuan. Otomatis ada biaya lainnya yang harus dikeluarkan, kan?

 

Artikel Terkait: Pinjaman Tunaiku untuk membantu biaya kuliahmu

  1. Butuh Dana Untuk Masuk Kuliah? Ajukan Pinjaman ke Tunaiku!
  2. Jangan Ragu Mengajukan KTA Untuk 5 Kebutuhan Mendesak Ini!
  3. Malas Repot Saat Pinjam Uang? Pinjaman Tunaiku Solusinya!

 

6. Fashion Design

Mahasiswa jurusan desain memang harus menyiapkan dana yang cukup untuk tugas-tugas praktik. Nggak terkecuali jurusan desain mode dan tekstil. Sehari-hari mereka berkutat dengan mode, alat-alat tekstil, dan beraneka jenis kain. Buat aneka tugas dan eksperimen, uang yang dikeluarkan untuk membuat desain pakaian yang diinginkan tentu nggak murah, apalagi jika pakaian itu modelnya tergolong rumit dan bahannya mahal.

 

Nah, itu dia beberapa jurusan kuliah yang biayanya sangat menguras kantong. Kalau kamu punya tambahan lain, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya!

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett