Beranda > Karier Sukses > 9 Jurusan Kuliah di Bidang Teknik yang Prospek Kerjanya Bagus

9 Jurusan Kuliah di Bidang Teknik yang Prospek Kerjanya Bagus

Artikel ini ditulis oleh:
9 Jurusan Kuliah di Bidang Teknik yang Prospek Kerjanya Baguswatermark

TUNAIKU.COM – Zaman sekarang, setiap langkah harus diiringi dengan pertimbangan. Termasuk saat mau ambil jurusan kuliah bidang teknik. Rata-rata prospeknya bagus. Tapi tetap harus selektif. Mengingat biaya untuk menempuh pendidikannya juga tidak murah. Oleh sebab itu, saya amat merekomendasikan beberapa jurusan ini demi masa depanmu kelak.

 

Artikel terkait: Mau Kuliah Sambil Kerja? Bisa Kok!

  1. Bersiap untuk Kuliah Sambil Bekerja
  2. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Kuliah untuk Karyawan di Yogyakarta
  3. Kuliah Sambil Kerja, Lakukan ini Agar Keduanya Berjalan Seimbang

1. Teknik Komputer

Jurusan ini berhubungan dengan pemrograman, reparasi perangkat keras, dan instalasinya. Semakin bertambah tahun, kebutuhan akan komputer semakin meningkat. Dulu mungkin jarang, sekarang sudah hampir tidak rumah ada teknologi komputernya. Pekerjaan yang prestisius di bidang ini meliputi programmer, teknisi jaringan dan komputer, dan lainnya. 

 

2. Teknik Arsitektur

Kebutuhan akan bangunan yang masa kini juga wajib menjadi pertimbangan lebih untuk kamu yang mau masuk jurusan ini. Setiap calon arsitek wajib memiliki kemampuan kalkulasi berdasarkan perhitungan ilmu matematika yang baik. Gaji seorang arsitek andal bisa lebih dari 10 juta per bulannya. Bisa bertambah pula apabila sudah memiliki jam terbang tinggi. 

3. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil berkenaan dengan penataan lingkungan. Utamanya yang berada di perkotaan agar selalu tampak hidup dan rapi. Meskipun kota identik dengan suhu panas, tapi tetap bisa disiasati. Contohnya saja apa yang terjadi di Surabaya. Tanpa kemampuan sipil yang bagus, tidak mungkin Surabaya seasri sekarang. 

4. Teknik Perkapalan

Setiap mahasiswa yang memilih jurusan ini, maka akan dihadapkan dengan pelajaran sistem kerja kapal. Termasuk pembangunan kapal, kebutuhan daya mesin, sampai mencari solusi agar manufer kapal selalu stabil dalam kondisi apa pun. Beberapa pekerjaan setelah lulus dari jurusan kuliah bidang teknik ini antara lain surveyor production, pengusaha, dan lainnya.  

5. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro tidak hanya mempelajari soal listrik saja. Lebih jauh lagi, bahkan belajar tentang sifat-sifat elektron, termasuk yang ada pada komputer, elektromedis, instalasi listrik, dan lain-lain. Banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan ini. Soalnya kelak bisa bekerja di BUMN, di bidang Perminyakan dan Pertambangan, dan lain-lain.

6. Teknik Industri

Para mahasiswa yang kuliah di jurusan Teknik Industri, nantinya akan belajar tentang pengelolaan, perencanaan, sampai analisis hasil akhirnya dari sebuah produksi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang ahli di bidang ini. Demi mengontrol kualitas sekaligus kuantitas hasil produksinya sepanjang melayani kebutuhan masyarakat.

 

7. Teknik Mesin

Berbeda dengan teknik industri, seseorang yang lulus dari jurusan Teknik Mesin akan lebih berhubungan dengan bidang manufaktur. Menurut saya, jurusan ini cukup potensial. Berhubung sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengurus pekerjaan yang berulang. Jadi kesempatan sebagai operator mesin masih tinggi. 

8. Teknik di Bidang Teknologi Perikanan

Indonesia terkenal dengan negara maritim sejak dulu. Luas wilayahnya didominasi oleh kawasan berair. Potensi untuk meningkatkan produksi ikan juga lebih tinggi. Untuk memaksimalkan produksi tersebut, maka dibutuhkan praktisi di bidang teknologi perikanan. Biar bisa menjamin proses reproduksi, peralihan ruang, dan lainnya lancar.

 

Artikel terkait: Make Your Move untuk Kuliah di Luar Negeri

  1. 5 Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Kuliah di Amerika Serikat Tahun Ini
  2. Bagaimana Rasanya Kuliah di Kanada?
  3. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang atau India?

9. Teknik di Bidang Teknologi Pertanian

Beberapa waktu yang lalu ada selentingan yang meragukan keputusan pemerintah, “Indonesia kan negara agraris. Kok masih impor beras?” Kira-kira begitu. Coba kalau teknologi pertaniannya ditingkatkan. Maka harga jual beras dalam negeri bisa turun tanpa memberatkan beban para petaninya. Di situlah sosokmu akan berperan penting.

Mayoritas setiap jurusan teknik memerlukan kualifikasi pendidikan matematika yang bagus. Mahasiswa yang diterima pun rata-rata berasal dari jurusan IPA ketika SMA. Kalau SMK sih sudah ada bibit untuk jurusan kuliah bidang teknik secara langsung. Yuk, mulai sekarang persiapkan dirimu agar bisa diterima di antara kesembilan jurusan teknik di atas.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

4


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett