Beranda > Karier Sukses > 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminatwatermark

TUNAIKU.COM – Dulu, prospek gaji di masa depan adalah pertimbangan utama saya ketika memilih jurusan kuliah. Setelahnya, barulah saya mempertimbangkan passion atau ketertarikan. Hasil surveilah yang akhirnya membuat saya memilih untuk berkuliah di jurusan Sastra Jepang.

 

Dugaan saya nih, bakal makin banyak perusahaan Jepang yang membuka cabangnya di Indonesia ketika saya lulus kuliah. Kamu tentu setuju dong, bahwa gaji di perusahaan asing bakal lebih besar daripada perusahaan lokal? Saya jadi makin semangat untuk segera lulus dan mencari kerja.

 

Ternyata dugaan saya benar. Latar belakang pendidikan saya memang banyak dicari dengan tawaran gaji yang sesuai ekspektasi. Meski tidak banyak orang yang memilih jurusan Sastra Jepang, faktanya prospek gaji di masa depan justru sangat menjanjikan.

 

Nah, kasus yang sama ternyata juga terjadi di beberapa jurusan lain. Akibatnya, jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan nggak seimbang dengan jumlah lulusan di bidang tersebut. Sayang banget, kan?

 

Artikel terkait: Tips untuk mahasiswa

  1. 5 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Cewek Pemalu
  2. Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Hasilnya Maksimal
  3. Tips Hidup Hemat Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri

 

Tertarik memiliki gaji besar setelah lulus kuliah? Simak jurusan-jurusan di bawah ini!

 

1. Kehutanan

Jurusan ini mulai populer sejak masyarakat tahu bahwa Presiden Jokowi merupakan alumnus Fakultas Kehutanan UGM. Dari sini pun kamu pasti sadar bahwa  prospek kerja untuk lulusan kehutanan cukup luas, dimulai dari bekerja di perusahaan swasta hingga lembaga pemerintah. Kalau mau, kamu juga bisa coba-coba jadi presiden, lho. He-he.

 

Intinya, banyak perusahaan yang bakal membutuhkan jasamu di masa depan. Meski peminatnya masih sedikit, prospek kerja jurusan ini sangat menggiurkan!

 

2. Teknik Biomedis

Kamu tahu nggak, siapa yang bakal memperbaiki kerusakan alat-alat medis? Profesi unik ini ternyata diisi oleh para lulusan jurusan Teknik Biomedis, lho.

 

Meski saya nggak berharap jumlah orang sakit meningkat, faktanya bisnis ini memang semakin berkembangi dari tahun ke tahun. Percaya deh, kamu yang berkuliah di jurusan ini akan sangat dicari nantinya. Materi kuliahnya memang cukup sulit, tapi nggak ada salahnya berkorban untuk gaji yang layak, kan?

 

3. Peternakan

Jangan salah, lulusan peternakan nggak selamanya bakal berprofesi jadi peternak sapi. Faktanya, saat ini cakupan profesi dari jurusan ini makin luas, seperti bekerja di perusahaan nasional atau bahkan internasional.

 

Salah satu tantangan terbesar untuk lulusan jurusan Peternakan adalah bagaimana cata paling efektif untuk mengatasi krisis daging di Indonesia. Mungkin saja lho, suatu hari nanti Indonesia berhenti mengimpor daging berkat kamu!

 

4. Astronomi

Kamu tahu nggak, kalau mahasiswa jurusan ini dituntut untuk menguasai ilmu matematika, fisika, dan astronomi itu sendiri. Wah, ini kan paket komplit yang berisi pelajaran-pelajaran paling sulit di sekolah! Nggak heran kalau banyak orang sudah takut duluan sebelum memilih jurusan ini.

 

Namun serunya, di jurusan ini kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan sistem antariksa. Nantinya, kamu bisa lho, melamar kerja di NASA, LAPAN, dan BMKG. Sudah bisa membayangkan besarnya gaji yang bakal kamu terima kelak?

 

5. Batra

Meracik obat tradisional atau herbal nggak bisa sembarangan, lho. Nah, ilmu itulah yang bakal kamu pelajari di jurusan ini.

 

Di jurusan ini, kamu akan diajari cara-cara meracik obat tradisional dengan benar dan aman. Nah, setelah lulus, kamu jadi bisa meracik obat-obatan baru dan mendapatkan royalti dari situ. Profesi ini sangat berpotensi untuk menambah pundi-pundi uangmu, lho!

 

6. Oseanografi

Oseanografi, jurusan kuliah apa, tuh? Nah, karena masih jarang diketahui orang, jurusan ini pun pada akhirnya sepi peminat. Sederhananya, jurusan ini mempelajari segala materi yang berhubungan dengan kelautan.

 

Lalu kenapa prospeknya bagus di masa depan? Coba deh, kamu ingat-ingat misi Presiden Jokowi untuk memperkuat kemaritiman Indonesia. Nggak menutup kemungkinan, kamu bakal berada di garda terdepan untuk mengabulkan harapan Jokowi, lho!

 

7. Ilmu Arkeologi

Jujur, saya baru tahu keberadaan jurusan ini sejak kuliah. Ternyata, untuk mengkaji masa lalu itu ada ilmunya ya, he-he. Dengan berkuliah di Ilmu Arkologi, kamu bisa mempelajari tentang sejarah kebudayaan manusia berikut barang-barang peninggalannya.

 

Artikel terkait: Informasi pendidikan

  1. Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Sulit di Dunia
  2. Ingin Lolos Seleksi Beasiswa LPDP? Simak Rahasia Sukses dari 4 Orang Ini!
  3. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia

 

Prospek kerjanya sangat menjanjikan, kok. Selain bisa bekerja untuk peneliti asing, kamu juga bisa melakukan penelitian sendiri tentang eksistensi dinosaurus, sejarah manusia purba, bahkan memecahkan misteri tentang UFO. Menarik banget, kan?

 

Sudah punya gambaran yang lebih jelas? Memikirkan gaji memang penting, tapi jangan sampai melupakan ketertarikanmu, ya! Percaya deh, hal sesulit apa pun akan terasa lebih mudah kalau dilakukan dengan senang hati. Selamat memilih jurusan!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett